Banyak Ditemukan dalam Produk Skincare, Apa Maksud dari Bahan Aktif Skincare?

0
Diunggah 03 December 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Banyak Ditemukan dalam Produk Skincare, Apa Maksud dari Bahan Aktif Skincare?

Banyaknya permasalahan kulit yang dialami oleh seseorang, tidak heran jika produk skincare diformulasikan untuk concern yang berbeda. Ada skincare untuk mengatasi jerawat, mengatasi komedo, dan masalah kulit lainnya. Nah, salah satu hal terpenting yang membedakan skincare satu dengan yang lainnya adalah kandungan bahan aktif di dalamnya. Yuk, cari tahu lebih jauh tentang bahan aktif dalam skincare.

Apa Itu Bahan Aktif Skincare?

Istilah bahan aktif dalam skincare mengacu pada bahan kimia yang secara aktif bekerja pada masalah kulit tertentu seperti jerawat, pigmentasi, atau garis halus sehingga memberikan perubahan yang terlihat di kulit.

Skincare diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Jika sebuah produk tidak memiliki kandungan bahan aktif di dalamnya, kemungkinan besar produk tidak dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini dikarenakan bahan aktif merupakan kandungan yang berperan dalam memberikan hasil sesuai klaim produk.

Satu produk skincare dikatakan mampu mengatasi masalah jerawat jika bahan aktif dalam produk tersebut adalah bahan yang bekerja mengatasi masalah jerawat. Bahan aktif harus sudah melalui uji lab dan terbukti mampu memberikan perubahan pada kulit, jadi tidak bisa sembarangan untuk dicantumkan.

Baca Juga : Ini 7 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui dari Serum Wajah

Kandungan yang Tergolong Sebagai Bahan Aktif

Kamu bisa menemukan banyak jenis bahan aktif pada produk yang dijual pasaran atau produk dengan resep dokter. Produk dengan resep dokter mungkin lebih efektif karena memiliki kandungan bahan aktif yang lebih tinggi. Namun, tidak ada salahnya kamu memilih untuk membeli produk yang dijual di pasaran. Berikut ini ada beberapa contoh bahan aktif untuk menangani masalah kulit.

Jerawat                                : salicylic acid, benzoyl peroxide, azelaic acid, retinoid

Penuaan kulit                     : vitamin A, vitamin C, vitamin E

Kulit kering                         : hyaluronic acid, vitamin E, glycolic acid

Hiperpigmentasi               : AHA, BHA, vitamin C, kojic acid, retinol

Zinc merupakan salah satu bahan terbaik untuk melindungi kulit dari pengaruh sinar buruk matahari. Sedangkan, Salicylic Acid (BHA) ini dapat membantu kulit untuk lebih cepat mengganti sel kulit mati dengan kulit baru sehingga kulit tampak lebih cerah, bersih, dan halus. Nah, bahan ini bisa menjadi penangkal jerawat yang ampuh.

Biasanya bahan aktif skincare akan menjadi highlight suatu produk. Bahan aktif ini akan disebutkan di urutan pertama hingga kelima di bagian kandungan produk. Jadi, kamu tidak perlu bingung membedakan mana bahan aktif dan yang bukan.

Last Updated on January 29, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 December 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya