Mengenal Bahan Aktif Skincare untuk Wajah

0
Diunggah 06 June 2023
LikeAlpha-arbutin

Mengenal Bahan Aktif Skincare untuk Wajah

Ngobrolin tentang bahan aktif skincare, kamu pasti familiar dengan nama senyawa yang banyak tertulis pada kemasan produk skincare. Ini tentunya menjadi hal yang sering ditemui sebagaimana bahan aktif tersebut sering dibuat dengan formula produknya berbeda-beda. 

Ada skincares dalam bentuk serum, toner bahkan moisturizer yang digunakan sesuai urutannya masing-masing. Lalu untuk mengetahui perbedaan setiap bahan aktif dan mengetahui mana yang dibutuhkan oleh kulit wajah, kamu perlu juga memahami peran setiap bahan aktif ini.

1. Alpha Arbutin

Alpha arbutin merupakan bahan aktif skincare yang memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah termasuk meminimalisir tampilan noda hitam bekas jerawat. Selain itu, alpha arbutin juga masuk dalam kandungan pencerah wajah yang minim iritasi. Itulah mengapa alpha arbutin sangat cocok digunakan oleh kulit sensitif.

Secara lebih detail, alpha arbutin dapat mencegah produksi enzim tironase yang mempengaruhi produksi melanin pada kulit. Seperti yang kita tahu, melanin adalah zat warna alami yang memberikan warna pada mata, rambut dan kulit seseorang. Semakin banyak produksi melanin maka semakin menggelap warnanya, termasuk juga menggelap karena bintik hitam. 

Dengan penggunaan alpha arbutin, melanin yang diproduksi terlalu banyak dan menyebabkan bintik hitam dapat dikurangi. Sehingga, alpha arbutin juga cocok digunakan untuk mencerahkan warna kulit yang tidak merata termasuk bintik hitam.

Kamu pun dapat menemukan kandungan alpha arbutin pada serum Your Skin Bae Alpha Arbutin 3% + Grapeseed yang dirancang untuk mencerahkan kulit dan menjaga kulit tetap sehat dengan kandungan anti-oksidan yang tinggi.

2. Salicylic Acid

Pada salicylic acid terdapat  senyawa yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.Selain itu salicylic acid mampu larut dalam minyak yang membuatnya dapat menembus sampai ke lapisan minyak terdalam dan mengangkat seperti kotoran, debu, polusi, dan sel kulit mati. 

Selain direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat, kemampuan salicylic acid untuk mengeksfoliasi juga dapat mencerahkan wajah. Ada proses eksfoliasi yang membuat sel-sel kulit mati pembuat wajah kusam menjadi hilang. Sehingga kandungan ini sangat cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.

3. Lactic Acid

Kandungan bahan aktif skincarelactic acid terkenal sebagai salah satu alfa hidroksi yang lebih lembut dan mampu mengikat air dengan mempengaruhi produksi minyak alami kulit. Tentunya minyak ini bukanlah sebum yang akan membuat kulit kamu mengkilap. Melainkan, minyak yang mampu melembabkan untuk kulit kering. 

Ada lagi peran lactic acid yang lainnya, yaitu dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit atau epidermis. Ini juga yang membuat lactic acid sering menjadi bahan aktif yang mampu mencerahkan kulit dengan bersifat sebagai eksfolian. 

Dengan kemampuannya yang bertugas sebagai eksfolian, penggunaan lactic acid perlu dibersamai dengan skincare melembabkan dan tabir surya setelah pemakaian setelahnya. 

4. Retinol (Vitamin A) 

Retinol merupakan bahan aktif skincare yang cukup kompleks dalam membantu regenerasi sel-sel kulit wajah. Dikarenakan kandungan yang cukup powerfull dalam mempercepat regenerasi sel ini, retinol pun lebih direkomendasikan bagi beauty enthusiast pada usia 21-25 tahun. 

Hal ini karena selama proses regenerasi sel-sel kulit mati, ada proses untuk menyamarkan garis-garis halus yang menyebabkan efek samping kulit mengering, mengelupas, dan menjadi sensitif terhadap cahaya. 

Perannya dalam menyamarkan garis halus ini pun kemudian dapat mempengaruhi produksi kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein yang ada pada tulang, tendon, dan ligamen. Adanya retinol dapat memicu pembentukan kolagen yang berpengaruh pada kemampuannya untuk meregenerasikan sel-sel kulit dan mencegah penuaan. 

Apabila kamu ingin menemukan manfaat kolagen pada skincares, kamu dapat menemukannya pada Advanced Action Eye Ampoule dari Avoskin sebagai skincares pertama kamu.

Last Updated on June 07, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 06 June 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya