Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Menambah Kolagen pada Tubuh

0
Diunggah 03 July 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Menambah Kolagen pada Tubuh

Banyaknya kolagen dalam kulit tubuh merupakan kunci utama untuk kulit sehat. Nah, kamu bisa konsumsi makanan yang mengandung kolagen ini.

Semua orang tentu menginginkan kulit yang tetap kencang seperti kulit para remaja, tanpa adanya tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan atau noda hitam. Namun, setelah berumur 20-an, biasanya seseorang akan mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan yang jika tidak diperhatikan dengan serius akan bertambah parah. Salah satu protein yang berperan penting dalam menjaga kulit tetap kencang dan sehat adalah kolagen. Kolagen dapat diproduksi oleh jaringan kulit dalam tubuh, dan merupakan protein yang terdiri dari berbagai asam amino, seperti glisin, pralin, hidroksiproline, dan arginin. Maka dari itu kamu perlu menambah kolagen pada tubuhmu agar kecantikan kulit terus terjaga. Berikut ini 7 makanan yang mengandung kolagen.

1. Wortel

freepik.com

Wortel kaya akan kandungan vitamin A yang dapat membantu peningkatan produksi kolagen serta mencegah kerusakan protein kolagen dan elastin yang juga dapat membuat kulit cepat menua. Vitamin A pada wortel bekerja dengan cara menebalkan dan menstimulasi lapisan dermis pada kulit dimana terdapat kolagen, elastin, dan pembuluh darah.

Vitamin A pada wortel juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang seringkali merusak melanin pada kulit sehingga menyebabkan timbulnya bintik-bintik gelap. Selain itu, vitamin A juga dapat mengurangi produksi minyak sehingga jerawat tidak mudah muncul.

2. Kol

freepik.com

Berbagai macam daun kol seperti kol putih, bok choi, choy sum, dan lainnya dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kadar kolagen pada jaringan kulit. Kol mengandung berbagai macam antioksidan dan fitonutrien, termasuk lutenin, thiosianat, zeaksantin, isotiosianat, dan sulforafan. Kandungan dalam kol tersebut terbukti sebagai zat yang dapat meningkatkan produksi kolagen, dan dapat membuat kulit semakin berkilau karena menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

3. Alpukat

freepik.com

Buah yang satu ini dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan lemak. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena kandungan lemak di dalam alpukat ini bukan lemak yang jahat, karena berupa asam lemak tak jenuh omega-3 yang mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit. Lemak alpukat juga mengandung vitamin E yang membantu melindungi kulit dari kerusakan karena radikal bebas serta menjaga sel kulit agar tidak teroksidasi dan bermasalah. Alpukat sangat cocok dikonsumsi atau dijadikan masker bagi pemilik kulit kering untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menghilangkan sel-sel yang mati.

4. Ikan

freepik.com

Bagi kamu penggemar seafood tentunya akan gembira, karena ikan merupakan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ikan mengandung asam omega-3 yang berguna untuk melindungi selaput lemak yang mengelilingi sel kulit. Selaput inilah yang mempertahankan struktur kulit agar tetap kencang. Salah satu ikan yang paling baik untuk dikonsumsi adalah salmon. Selain salmon ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi seperti makarel, haring, dan tuna.

Baca Juga : Ketahui Pentingnya Kolagen Untuk Kulit

5. Citrus

freepik.com

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan grapefruit merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Banyaknya kandungan vitamin C pada buah-buah ini mampu mengubah asam amino lisin dan prolin menjadi kolagen. Manfaat vitamin C lainnya yang tak kalah penting adalah membantu menetralkan radikal bebas yang seringkali menyerang dan merusak kolagen.

6. Kacang-kacangan

freepik.com

Biasanya kacang-kacangan dianggap menyebabkan jerawat, padahal hal itu hanyalah mitos. Faktanya dengan mengonsumsi kacang-kacangan dapat menyeimbangkan asupan makanan sehari-hari. Kacang dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menjaga kulit tetap halus dengan meningkatkan protein kolagen dalam jaringan kulit. Kandungan asam hyaluronat dalam kacang juga mampu mencegah penuaan dini. Maka, setidaknya konsumsi dua sendok makan kacang-kacangan setiap hari.

7. Kalkun

freepik.com

Kalkun memang makanan yang jarang dikonsumsi di Indonesia, tetapi kalkun ternyata cukup berpotensi untuk membuat kulit lebih sehat, dengan kandungan karnosin di dalamnya. Karnosin merupakan salah satu elemen pada protein kolagen yang mampu mengurangi kerutan pada kulit sambil meningkatkan elastisitasnya. Selain itu, kalkun juga merupakan sumber zat seng yang baik untuk menutrisi kulit kering dan mencegah peradangan, serta meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

Dengan mengonsumsi 7 makanan di atas tentunya kandungan kolagen pada tubuhmu akan seimbang. Seimbangnya kandungan kolagen pada tubuhmu akan membuat kulit tubuhmu selalu cantik dan sehat meski sedang berpuasa. Meski begitu, kamu juga jangan lupa untuk menjaga kesehatan kulit dari luar dengan produk Avoskin untuk memaksimalkan semua nutrisi.

Last Updated on July 26, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 July 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya