Jauhi 9 Makanan Penyebab Jerawat Ini Agar Wajah Semakin Sehat

0
Diunggah 26 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeKulit Berjerawat

Jauhi 9 Makanan Penyebab Jerawat Ini Agar Wajah Semakin Sehat

Jerawat pada wajah muncul disebabkan oleh banyak hal salah satunya makanan. Kurangi konsumsi makanan ini untuk mencegah timbulnya jerawat di wajahmu, ya!

Jerawat adalah masalah kulit yang tidak ada habisnya. Pada dasarnya, jerawat ini memang sulit untuk disembuhkan. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kamu mencegahnya terlebih dahulu. Nah, kamu bisa mencegahnya dengan mengurangi konsumsi makanan penyebab jerawat. Dengan cara ini secara tidak langsung kamu juga mencegah timbulnya jerawat. Bukannya tidak boleh mengonsumsi sama sekali, tapi lebih baik jika mulai sekarang kamu coba untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan berikut ini.

Baca Juga : Alasan Bekas Jerawat Sulit Hilang pada Kulit Asia

Berikut adalah 9 pantangan makanan penyebab jerawat yang kamu harus hindari konsumsinya.

1. Makanan Manis adalah Pemicu Jerawat yang Jarang Disadari

makanan penyebab jerawat
freepik.com

Makanan manis seperti kue, minuman bersoda, dan jus buah yang dicampur susu atau gula memang sangat nikmat. Namun, makanan manis adalah salah satu makanan yang bisa menimbulkan jerawat apalagi jika yang digunakan adalah gula buatan.

Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu insulin dan menyebabkan jerawat. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk selalu memperhatikan makanan manis yang kamu konsumsi. Jangan sampai berlebihan dan pastikan makanan tersebut menggunakan gula asli, karena makanan manis adalah makanan yang memicu jerawat.

2. Kacang Tanah yang Bisa Tingkatkan Sebum Penyebab Jerawat

makanan penyebab jerawat
freepik.com

Apakah kacang bisa menyebabkan jerawat? Benar, kacang adalah salah satu penyebab jerawat tumbuh. Kacang tanah memang sudah terkenal dengan efek negatifnya yang menimbulkan jerawat.

Lalu kandungan apa di dalam kacang yang dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat?

Kacang tanah memiliki kandungan androgen yang sangat tinggi dan ini bisa memicu produksi sebum yang berlebih pada kulit. Sebum sendiri adalah produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Karena produksi minyak pada wajah menjadi berlebih, hal inilah yang menjadi potensi besar timbulnya jerawat-jerawat baru yang susah untuk disembuhkan. Jadi, kacang tanah adalah salah satu makanan pembentuk sebum yang akan menjadi penyebab timbulnya jerawat.

3. Gorengan: Si Favorit Yang Ternyata Bikin Muka Berjerawat

makanan penyebab jerawat
indoindians.com

Makanan yang dapa menimbulkan jerawat selanjutnya adalah gorengan. Siapa sangka jika makanan favorit ini, gorengan, menjadi salah satu makanan pemicu jerawat.

Hal ini karena makanan yang terlalu banyak minyak pada dasarnya tidak baik untuk kesehatan kulit. Apalagi gorengan yang diolah dengan minyak tidak sehat seperti minyak yang telah digunakan berkali-kali.

Gorengan ini mengandung banyak lemak tidak sehat yang menimbulkan munculnya jerawat. Ketika lemak yang disimpan dalam tubuh berlebih maka akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit. Sehingga jerawat mudah tumbuh akibat pori-pori wajah yang sering mengeluarkan minyak.

Baca Juga : Membedakan Whiteheads, Fungal Acne, dan Milia

4. Kopi, dengan Kafeinnya Yang Memicu Jerawat

makanan penyebab jerawat
freepik.com

Ternyata mengonsumsi kopi berlebihan bisa mempengaruhi timbulnya jerawat di wajah. Pasalnya, kopi memang memiliki kandungan kafein yang tinggi dan berpotensi untuk memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini disebabkan karena kafein memicu kelenjar adrenalin untuk memproduksi hormon penyebab stres, sementara stress dapat memicu tumbuhnya jerawat. Jadi, kalian penggemar kopi sebaiknya mulai sekarang kurangi konsumsi minuman ini.

5. Kripik Kentang: Glukosa Tinggi Penyebab Timbulnya Jerawat

makanan penyebab jerawat
freepik.com

Makanan yang selalu bikin kamu kecanduan ini ternyata juga menyebabkan jerawat. Kripik kentang ini memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat memicu meningkatnya insulin dan glukosa dalam tubuh. Nah, kandungan glukosa yang tinggi dalam tubuh akan memicu jerawat untuk muncul ke permukaan kulit.

6. Makanan Cepat Saji

makanan penyebab jerawat

Makanan cepat saji dianggap menjadi makanan penyebab jerawat. Hal ini dibuktikan dalam sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of the European Academy of Dermatology and Venereology. Jurnal tersebut menyebutkan bahwa remaja dan orang dewasa yang mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terbentuknya jerawat sebesar 17%. Selain itu, orang yang rutin mengonsumsi makanan cepat saji terutama sosis dan burger memiliki risiko 24% lebih besar untuk mengalami jerawat.

Peneliti berasumsi bahwa makanan cepat saji dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh sehingga mendorong timbulnya jerawat. Namun, penelitian menunjukkan pola makan yang tidak sehat pada konsumsi makanan cepat saji berlebihan yang bisa menimbulkan jerawat.

7. Produk Susu Mengandung Protein Penyebab Jerawat

Whey dan kasein yaitu protein dalam susu dapat merangsang pertumbuhan dan hormon yang mirip dengan insulin, yang disebut IGF-1. Hormon inilah diketahui dapat memicu jerawat. Maka dari itu jika kamu masih berjerawat dan menyadari bahwa sering konsumsi produk susu, cobalah untuk tidak mengkonsumsinya terlebih dahulu. Amati dalam beberapa waktu dan lihatlah apabila jerawat berkurang maka memang produk susu lah yang menjadi penyebab jerawatmu selama ini.

8. Coklat : Perpaduan Gula dan Susu dalam Satu Produk

Coklat yang dimaksud di sini yaitu biasanya coklat yang mengandung susu dan gula. Seperti yang diterangkan di atas, susu dan gula adalah 2 kandungan yang menyebabkan jerawat. Maka dari itu coklat adalah produk pangan yang potensial menyebabkan jerawat. Coklat jenis ini apabila dikonsumsi dapat membuat sistem kekebalan tubuh bereaksi kuat terhadap bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga : 6 Hal Ini Menentukan Wajahmu Berjerawat atau Tidak

9. Produk Daging dan Telur

Produk daging dan telur mengandung protein hewani yang sering menyebabkan reaksi breakout pada kulit hingga akhirnya memunculkan jerawat. Daging yang dimaksud yaitu konsumsi yang berlebihan pada daging ayam, kambing, daging merah (sapi).

Itulah beberapa makanan yang memicu timbulnya jerawat. Bukan berarti kamu tidak boleh mengonsumsinya sama sekali, tapi usahakan untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut untuk mencegah timbulnya jerawat di wajahmu. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan wajahmu dengan Avoskin Natural Sublime Facial Cleanser, agar wajahmu tetap bersih, segar, dan bebas jerawat.

Last Updated on May 05, 2023

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya