Membedakan Whiteheads, Fungal Acne, dan Milia

Healthy Skin - rustaviani - April 5, 2020

Masalah kulit memang beragam dan sulit untuk dibedakan. Agar tidak bingung, ini perbedaan whiteheads, fungal acne, dan milia.

Masalah kulit memang sangat beragam dan tidak ada habisnya. Selain itu, setiap kondisi kulit sulit dibedakan karena menunjukkan penampilan yang hampir sama. Setiap masalah kulit membutuhkan perawatan yang berbeda, jadi kamu perlu mengenali setiap jenisnya. Nah, agar tidak bingung lagi dalam membedakan whiteheads, fungal acne, dan milia, kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Whiteheads

Komedo putih/whiteheads adalah komedo tertutup yang merupakan pori tertutup yang memiliki sebum terperangkap di bawah lapisan tipis kulit. Ketika minyak bercampur dengan kulit mati dan pori-pori tidak terbuka, ini dapat menyebabkan benjolan putih kecil pada kulit. Kulit akan muncul bintik-bintik keputihan kecil atau gundukan. Mereka biasanya memiliki pusat lingkaran berwarna putih yang dikelilingi oleh warna merah.

Alasan utama kulitmu mengalami white head adalah karena produksi sebum yang berlebihan. Ini terjadi ketika sel-sel kulit mati membangun di atas pori-pori dan memblokir minyak agar tidak terlepas yang menghasilkan whiteheads. Penyebab lain whiteheads mungkin karena kulit terlalu kering atau kamu menggunakan produk yang lebih berat atau lebih berminyak daripada yang dibutuhkan kulit.

Saat mengalami whiteheads, kamu dapat memperbaiki tekstur kulit dengan memasukkan pengelupasan kimia seperti AHA’s dan BHA. Jika produk perawatan kulit normal tidak cocok untukmu, kamu juga bisa mencoba obat resep. Tidak hanya bahan-bahan di atas tersedia dalam kekuatan resep (kandungan tinggi dari apa yang dapat kamu beli di toke), tetapi ada beberapa opsi lain juga.

Retinoid topikal dianggap sangat efektif untuk mengobati jerawat komedo. Mereka juga memiliki manfaat tambahan yang besar untuk menghaluskan dan melembutkan kulit dan merupakan anti ager yang hebat. Isotretinoin juga sering diresepkan karena memperlambat produksi minyak, yang berarti juga dapat meningkatkan jerawat komedo. Obat ini sering hanya diresepkan dalam kasus yang sangat parah, dan ketika tidak ada cara lain yang berhasil.

Milia

Milia adalah protein kulit yang terperangkap di bawah kulit. Ini tidak terkait dengan pori-pori atau sebum, tetapi sebenarnya merupakan masalah pertumbuhan berlebih keratin. Ini sering terjadi di sekitar bagian kulit yang paling halus seperti area mata. Biasanya cukup mudah dikenali karena memiliki penampilan bola putih mutiara.

Milia terjadi ketika pergantian kulit melambat. Ini dapat disebabkan oleh penggunaan produk-produk yang berat dan berminyak, seperti krim mata yang terlalu tebal untuk kulit yang memungkinkan keratin untuk terus tumbuh dan muncul sebagai benjolan putih jika tidak ada pergantian kulit yang cukup. Milia juga dapat dikaitkan dengan genetikamu atau kerusakan akibat sinar matahari. Milia dapat dibersihkan dengan sendirinya dari waktu ke waktu, sehingga kamu dapat membiarkan kulit keluar sendiri. Jika kamu ingin mengekstraksi milia, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga : Ingin Wajah Bebas Jerawat? Ini Cara Mudah untuk Mengatasinya

Fungal Acne

Fungal acne adalah malassezia. Malassezia adalah anggota mikrobiota kulit sehat. Malassezia Folliculitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebih ragi pada kulit kita. Jamur ini umumnya ditemukan di kulit manusia normal, namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih seperti panas, kondisi lembab dan kulit berminyak. Hal ini menyebabkan infeksi pada folikel hujan es yang menyebabkan sistem kekebalan kulit kita menjadi pertahanan yang mengarah ke peradangan.

Fungal acne bisa sangat sulit untuk didiagnosis, tetapi biasanya dikaitkan dengan rasa gatal. Benjolan ini sering terlihat dalam sebuah kluster dan biasanya berukuran seragam. Fungal acne sedikit lebih sulit untuk diatasi. Ini tidak bekerja dengan baik dengan antibiotik dan untuk mengobatinya dengan benar, kamu harus menghilangkan semua bahan yang bermasalah dalam produk perawatan kulit.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *