Mengonsumsi Makanan Pedas Membuat Tubuh Kurus, Benar Tidak Sih?

0
Diunggah 22 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Mengonsumsi Makanan Pedas Membuat Tubuh Kurus, Benar Tidak Sih?

Beberapa orang beranggapan mengonsumsi makanan pedas membuat tubuh kurus. Ini fakta atau mitos? Simak penjelasannya di sini ya!

Apa makanan favoritmu? Apakah makanan pedas menjadi salah satu makanan kesukaanmu? Ternyata, ada banyak anggapan yang mengatakan bahwa makanan pedas ini bisa membantu menurunkan berat badan dan membuat tubuh kurus. Benar tidak sih makanan pedas membuat tubuh kurus? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Metabolisme Tubuh

Makanan pedas akan meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh. Menurut pendapat beberapa ahli pangan, makanan pedas dapat meningkatkan jumlah energi yang kamu keluarkan. Sementara hasil dari beberapa penelitian juga menyatakan bahwa makanan pedas dapat membantu tubuh membakar kalori sebanyak 119 kalori per hari.

2. Nafsu Makan

Mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak akan membuatmu kurang nafsu makan. Menurut artikel di Chemical Senses pada 2012, penelitian mengatakan bahwa cabai itu mengurangi keinginan untuk makanan berlemak, manis, dan asin. Hal ini akan membuatmu terus fokus mengonsumsi makanan pedas sehingga tidak tertarik mencoba makanan yang lain.

Baca Juga : Ternyata 7 Makanan Berlemak Ini Baik untuk Dikonsumsi

3. Membakar Lemak

Ternyata makanan pedas juga bisa membakar lemak-lemak yang ada di tubuhmu. Pada tahun 2008 lalu, The American Journal of Clinical Nutrition menyelidiki efek dari makanan pedas dan menemukan bukti bahwa makanan pedas mampu membantu pengeluaran energi dan lemak pada tubuh.

4. Mudah Kenyang

Saat mengonsumsi makanan pedas, kamu akan mudah merasa kenyang dengan cepat, lalu bisa saja kamu menyisakan makananmu. Hal ini terjadi karena senyawa capsaicin yang ada pada cabai membantu pembakaran kalori lebih banyak. Jadi, kamu akan merasa lebih cepat kenyang sehingga mencegah penimbunan lemak pada tubuh.

Makanan pedas akan membuat tubuh merasakan hal-hal di atas tersebut. Namun, bukan berarti kamu mengonsumsi makanan pedas langsung menurunkan berat badan. Makanan pedas hanya membatasi konsumi makananmu agar tidak berlebihan.

Last Updated on March 24, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 22 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya