10 Rekomendasi Makanan Korea yang Bisa Jadi Pilihan Menu Berbuka Puasa

0
Diunggah 18 April 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

10 Rekomendasi Makanan Korea yang Bisa Jadi Pilihan Menu Berbuka Puasa

Kamu bosan dengan makanan buka puasa yang itu-itu aja? Yuk, cobain beberapa makanan Korea ini untuk jadi menu berbuka puasa di rumah!

Kalau kamu pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan jenis makanan khas Korea ini. Sering muncul dalam beberapa scene drama membuat para penonton tertarik untuk mencobanya. Rasa masakan Korea masih cocok dengan lidah kita orang Indonesia. Jadi, tidak ada salahnya menjadikan makanan khas dari negeri Ginseng ini sebagai pilihan untuk berbuka puasa. Tidak harus memasak sendiri di rumah, kamu bisa memesannya langsung dari restoran yang menyajikan makanan khas Korea. Nggak perlu khawatir karena makanan ini lezat dan halal!

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Korea untuk Menemani Maraton Drakormu!

1. Bokkeumbap : Makanan Korea yang Mengenyangkan

makanan korea berbuka puasa
simplyrecipes.com

Berbeda dengan nasi goreng Indonesia, bokkeumbap ini adalah nasi goreng khas Korea. Nasi goreng khas Korea ini terbua dari kimchi, minyak wijen, dan saus tiram. Tidak heran warna nasi goreng ini berwarna merah karena campuran kimchi di dalamnya. Kamu bisa menambahkan telur dan rumput laut di atasnya sebagai pelengkap, rasanya jadi lebih nikmat! Cocok banget untuk kamu yang ingin makan berat untuk berbuka puasa.

2. Bibimbap : Perpaduan Lengkap Protein dan Vitamin

makanan korea berbuka puasa

Makanan ini sangat terkenal di Korea bahkan di Indonesia juga sangat digemari oleh orang-orang. Bibimbap atau nasi campur Korea ini biasa disajikan dalam mangkuk Bagian bawah mangkuk akan diisi nasi dan atasnya dilengkapi dengan sayuran rebus seperti wortel, bayam, tauge, jamur, timun, daging sapi, telurm dan gochujang (saus pedas). Makanan yang satu ini sangat menggugah selera dengan warna warni sayuran di atasnya. Cara menyantap makanan ini cukup aduk rata nasi dan topping dalam mangkuk agar semuanya tercampur rata. Segera makan saat masih hangat agar lebih nikmat.

3. Kimbap : Makanan Korea Mirip Sushi

makanan korea berbuka puasa

Hidangan yang satu ini mirip dengan sushi khas Jepang yang berbahan dasar nasi dan rumput laut kering digulung. Namun, kimbap sedikit berbda dengan sushi. Isian kimbap ini biasanya daging yang telah dibumbui dan beberapa jenis sayuran rebus.Walau terlihat mirip dengan sushi, isian kimbap ini berbahan dasar masakan yang telah matang. Jadi, kamu bisa pilih menu buka puasa yang simpel dan mengenyangkan ini.

4. Samgyetang : Menu Menyegarkan untuk Berbuka

makanan korea berbuka puasa

Makanan tradisional khas Korea ini menggunakan satu ekor ayam utuh tanpa dipotong dalam air rebusan kaldu. Hidangan ini adalah sup ayam yang direbus dengan campuran gingseng dan berbagai rempah. Dengan mengonsumsi samgyetang, tubuhmu akan terasa lebih hangat dan makanan ini baik untuk kesehatan. Memiliki bahan dasar rempah-rempah seperti bawang putih yang dapat mendetoks tubuh dan jujube atau kurma Korea yang dapat mencegah dehidrasi. Hidangan ini sangat cocok dijadikan makanan untuk berbuka puasa yang bisa mengembalikan stamina tubuh setelah berpuasa.

5. Japchae : Alternatif Karbohidrat Selain Nasi

makanan korea berbuka puasa

Hidangan ini memiliki bentuk seperti bihun tetapi sedikit berbeda. Japchae adalah mie dengan bahan utama tepung ubi jalar yang bentuknya seperti bihun bening. Kamu bisa membuat Japchae dengan tumisan bersama campuran daging sapi, telur, dan berbagai sayuran. Untuk mendapatkan Japchae kamu bisa membeli di supermarket atau online store. Yuk, jadikan hidangan sederhana ini jadi menu berbuka puasamu!

Baca Juga : Dikenal Sebagai Makanan Wajib Korea, Ternyata Ini 5 Manfaat Kimchi Bagi Kesehatan

6. Jjajangmyeon : Mie Khas Korea

makanan korea berbuka puasa
alchetron.com

Makanan Korea belum lengkap tanpa Jjangmyeon. Hidangan ini sering muncul di drama-drama Korea dan banyak orang yang penasaran untuk mencobanya. Jjangmyeon adalah mie unik dengan campuran bumbu saus pasta kacang kedelai berwarna hitam. Untuk menikmatinya, kamu cukup mengaduk rata mie dan chunjang (saus pasta kacang kedelai hitam) sampai mie berwarna hitam merata. Rasanya yang tidak pedas cocok disantap saat berbuka puasa.

7. Bulgogi : Asupan Protein, Cocok untuk Lauk

makanan korea berbuka puasa

Bulgogi ini memang terlihat mirip dengan bistik sapi biasa ya. Bedanya, menu rumahan Korea ini menggunakan irisan daging yang sangat tipis dan beberapa darinya juga mencampurkan dengan mie. Bumbu utama yang dipakai adalah kecap asin dan gula, lalu sisanya menggunakan rempah lain sesuai selera.

8. Jjigae : Berbuka dengan Makanan Korea yang Pedas

Dalam bahasa Korea, Jjigae memiliki arti rebusan. Hidangan ini memiliki varian yang bermacam-macam. Biasanya hidangan ini menggunakan kimchi, daging, tuna, tahu, kerang, dan sayuran. Bumbu yang digunakan dalam makanan ini adalah bawang putih halus, pasta, dan bubuk cabai. Meskipun berwarna merah, jjigae ini pada umumnya tidak pedas.

9. Gyeran-Jjim : Alternatif Konsumsi Telur Anti Mainstream

makanan korea berbuka puasa

Makanan Korea sederhana selanjutnya ada gyeran-jjim. Ini adalah telur kukus ala Korea Selatan. Hal yang membedakan hidangan ini dengan telur kukus biasa adalah telur kukus ini dimasak dengan bumbu rempah khas Korea Selatan. Gyeran-jjim ini akan sangat nikmat untuk disantap dengan nasi panas.

10. Patbingsu : Es Krim untuk Berbuka Puasa

makanan korea berbuka puasa

Hidangan ini bisa jadi menu takjil buka puasa kamu di rumah. Es serut ala Korea Selatan ini cocok untuk kamu nikmati setelah berpuasa seharian. Minuman es ini biasanya diberikan topping seperti kue beras, es krim, pisang, hingga creamer. Nah, pas banget nih kalau mau dijadikan menu takjil atau makanan pembuka untuk buka puasa.

Last Updated on April 23, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 April 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya