7 Makanan Khas Natal yang Sering Disajikan di Indonesia

0
Diunggah 24 December 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

7 Makanan Khas Natal yang Sering Disajikan di Indonesia

Bulan Desember memang identik dengan Hari Raya Natal. Seperti apa sih makanan khas Natal yang ada di Indonesia?

Bagi umat kristen, Natal adalah hari kelahiran sang Juruselamat. Tidak heran jika dirayakan dengan bahagia dan penuh syukur. Berbagai kegiatan dilakukan termasuk makan bersama keluarga. Jika di luar negeri, kalkun panggang dan kue jahe menjadi makanan yang wajib dihidangkan ketika Natal. Lalu, bagaimana dengan makanan khas Natal yang ada di Indonesia? Simak artikel di bawah ini ya!

1. Kue Lampet

travel.kompas.com

Kue lampet adalah kue khas yang berasal dari tanah Batak. Kue ini dibentuk menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang. Kue lampet terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan kelapa parut. Lalu, kue ini diisi dengan gula merah dan dibungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, kue akan dikukus sampai matang dan kamu bisa menikmatinya dengan secangkir teh atau kopi.

2. Kue Bagea

cantik.tempo.co

Kue kering yang sering dihidangkan saat Natal adalah kue bagea. Kue bagea berasal dari Nusa Tenggara Timur dan bentuknya mirip dengan biskuit bayi. KUe bagea berbahan dasar sagu yang dicampur dengan gula halus, biji cintang, minyak sayur, tepung sagu, dan tepung terigu. Semua bahan tersebut dicampurkan dengan kacang cincang halus, kayu manis bubuk, dan cengkeh bubuk.

3. Ikan Kuah Kuning

idntimes.com

Makanan khas yang satu ini berasal dari Ambon. Ikan kuah kuning biasanya disajikan dengan papeda, makanan pokok masyarakat Ambon yang terbuat dari sagu. Ikan kuah kuning terbuat dari ikan tuna atau ikan muba. Ikan segar dimasak dengan kunyit dan kapur yang membuat rasa kuahnya sedikit asam dan segar.

4. Ikan Woku Belanga

resepedia.com

Makanan khas Natal ini berasal dari Manado. Ikan ini terbuat dari ikan kerapu segar yang dimasak dengan bumbu dan rempah khas Nusantara. Kuah ikan woku belanga ini berwarna kuning dan tekstur kuah lebih kental dibandingkan dengan ikan kuah kuning. Biasanya, ikan woku belanga disajikan dengan rica-rica dan nasi putih.

Baca Juga : Inspirasi Kado Natal untuk Sahabat dan Keluarga Agar Akhir Tahun Lebih Spesial

5. Ayam Budu-Budu

suara.com

Ayam merupakan makanan pengganti kalkun panggang saat Natal. Hal yang membedakan hanyalah cara memasak dan bumbu yang digunakan. Ayam kampung ini dimasak bersama air jeruk nipis, air asam Jawa, jahe, dan daun bawang. Ayam budu-budu akan sangat nikmat saat dimakan dengan nasi putih hangat.

6. Kue Poporcis

pinemo.com

Kue poporcis ini berasal dari Ambon yang diadaptasi dari salah satu makanan Belanda. Poporcis ini adalah adaptasi dari Poffertjes. Bentuknya yang mirip dengan pancake atau dorayaki ini biasa disajikan sebagai kudapan saat Natal. Bahan dasar dalam membuat kue poporcis ini adalah tepung terigu dan labu kuning. Setelah kue matang maka gula akan ditaburkan di atasnya.

7. Klappertart

idntimes.com

Kue khas Natal lainnya adalah klappertart yang berasal dari Manado. Kue yang terbuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur ini memang sudah dikenal di seluruh penjuru Indonesia.

Berbagai jenis makanan di atas sering hadir di meja makan saat kamu merayakan Natal nggak nih, Sahabat AVO? Hari raya Natal ini memang belum terasa lengkap jika tidak ada makanan favorit keluarga ya!

Last Updated on December 26, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 24 December 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya