Manfaat Musik untuk Menjaga Kesehatan Mental

0
Diunggah 26 January 2023

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Manfaat Musik untuk Menjaga Kesehatan Mental

Musik memang memiliki banyak manfaat untuk manusia. Bahkan, manfaat musik untuk menjaga kesehatan mental juga bisa loh!

Mendengarkan musik bisa menghibur dan mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik ya. Bahkan ada juga yang mengatakan bahwa musik bisa membuat tubuh lebi sehat. Anggapan bahwa musik memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku bukan berita baru. Jika kamu pernah merasa bersemangat ketika mendengar hentakan musik beraliran rock, atau tiba-tiba merasa galau ketika turut mengalunkan musik sendu, kamu dengan mudah memahami kekuatan musik untuk memengaruhi suasana hati, bahkan menginspirasi perilaku. Lalu, sebenarnya apa sih manfaat musik untuk kesehatan mental?

1. Membantu Mengurangi Stres

Musik dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan relaksasi. Studi telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan dapat memengaruhi sistem saraf otonom dan mengurangi respons stres. Ini membuat orang merasa lebih tenang dan membantu mereka pulih lebih cepat dari stres.

2. Mengelola Rasa Sakit

Musik dapat membantu mengelola rasa sakit. Mendengarkan musik selama waktu tertentu setiap hari dapat membantu mengurangi intensitas rasa sakit dan memperbaiki kualitas hidup. Musik juga merupakan intervensi non-invasif, aman, dan ekonomis yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa sakit baik fisik maupun emosional.

3. Mengurangi Gejala Depresi

Depresi yang tidak terdiagnosis dan tidak diterapi dapat memiliki dampak yang serius pada kesehatan mental dan fisik. Namun, musik dapat membantu mengatasi gejala depresi dan mengurangi tingkat kecemasan. Beberapa studi menunjukkan bahwa musik dapat membantu mengatasi depresi pada mereka yang mengidap kondisi seperti demensia, stroke, dan Penyakit Parkinson. Musik juga merupakan intervensi non-farmakologi yang aman dan tidak memiliki efek samping negatif, sehingga bisa digunakan sebagai salah satu terapi untuk mengatasi depresi.

4. Membuat Tidur Lebih Banyak

Insomnia merupakan masalah serius yang memengaruhi orang-orang tanpa memandang usia. Banyak pendekatan yang bisa membantu mengatasi insomnia, dan salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Musik klasik dengan alunan yang menenangkan memang dapat membantu mengatasi susah tidur dan merupakan solusi yang aman, efektif, dan terjangkau.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Musik juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan mental. Musik dapat membantu memperbaiki suasana hati dan membangun gairah. Mendengarkan musik-musik bernada positif dapat membantu membangun suasana hati yang lebih baik sepanjang hari dan membuat seseorang merasa lebih bahagia dan bersemangat.

Last Updated on January 31, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 January 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya