Ini Penyebab Orang Mudah Tersinggung dan Cara Mengatasinya

0
Diunggah 14 August 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Ini Penyebab Orang Mudah Tersinggung dan Cara Mengatasinya

Kadang kita bingung dengan orang mudah tersinggung, ya. Nah, kamu bisa coba beberapa cara menghadapi orang mudah tersinggung ini!

Setiap orang pasti pernah merasa tersinggung karena ucapan dan perbuatan kasar orang lain. Sebenarnya hal ini wajah saja dan tidak ada yang salah. Namun, ada beberapa orang yang memiliki sifat sangat sensitif dan dapat membuatnya jadi lebih mudah tersinggung. Mereka akan sangat mudah tersinggung oleh hal-hal kecil yang dianggap biasa oleh orang lain. Maka dari itu, kamu tahu cara menghadapi orang mudah tersinggung.

Penyebab Orang Mudah Tersinggung

Sebelum mengetahui cara mengatasi orang mudah tersinggung, kamu perlu tahu apa saja penyebab orang menjadi mudah tersinggung. Biasanya ini disebabkan oleh kepribadian sangat sensitif yang dimiliki oleh seseorang. Hal yang dimaksud di sini adalah respon fisik, mental, dan emosional akut terhadap rangsangan dari dalam diri atau eksternal. Beberapa penyebab orang mudah tersinggung juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan mental seperti di bawah ini:

1. Gangguan Kepribadian Ambang

Gangguan ini biasa disebut juga dengan BPD yang dapat memengaruhi suasana hati, perilaku, dan diri penderitanya. Penderita gangguan ini dapat mengalami emosi yang kuat, citra diri yang buruk, dan perilaku impulsif. Biasanya mereka memiliki hubungan pribadi yang tidak stabil. Mudah tersinggung juga menjadi gejala dari gangguan mental lainnya, seperti gangguan cemas, depresi, skizofrenia, obsesif-kompulsif, dan sebagainya. Selain itu, ketidakseimbangan hormon juga bisa berpengaruh terhadap perasaan ini.

2. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah gangguan mental yang membuat penderitanya mengalami dua perubahan suasana hati secara ekstrim, yakni fase mania dan fase depresi. Penderita gangguan bipolar dapat mengalami siklus perubahan suasana hati yang cepat dan cenderung memiliki sifat mudah tersinggung/marah.

Dalam beberapa kasus, perasaan mudah tersinggung dapat diikuti atau didahului oleh sejumlah gejala lainnya. Beberapa gejala yang bisa terjadi setelah atau sebelum perasaan mudah tersinggung seperti berkeringat, bernapas dengan cepat, marah, kebingungan, jantung berdebar.

Jika ketidakseimbangan hormon menjadi pemicu perasaan mudah tersinggung yang dialami, gejala lain yang bisa muncul adalah demam, hot flashes, sakit kepala, gairah seks menurun, siklus menstruasi yang tidak teratur, dan rambut rontok.

Cara Agar Tidak Mudah Tersinggung

Cara terbaik mengobati perilaku mudah tersinggung adalah dengan mengatasi penyebab utamanya. Jika dokter mendiagnosis kondisi ini ke arah gangguan mental, maka akan dirujuk untuk konseling dan memberikan obat resep untuk membantu mengontrol suasana hati.

Jika perilaku mudah tersinggung disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, dokter akan memberikan terapi pengganti hormon. Apabila penyebab mudah tersinggung adalah kepribadianmu yang sangat sensitif, Kamu dapat melatih kekebalan emosional dan sensorik untuk menenangkan dan mengurangi stimulasi berlebihan.

1. Latihan Meditasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah latihan meditasi. Meditasi sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan mental dengan mengontrol pikiran dan emosi sehingga tidak mudah tersinggung.

2. Pahami Perasaan DIri Sendiri

Salah satu penyebab utama merasa tersinggung adalah karena diri membiarkan berbagai hal mengusik perasaanmu. Selalu ingatkan pada diri bahwa kamumemiliki kekuasaan untuk mengontrol perasaan sehingga kamutidak mudah tersinggung.

3. Memperluas Pengetahuan Kebudayaan

Adanya perbedaan budaya bisa menyebabkan seseorang melakukan kebiasaan yang dianggap menyinggung tanpa bermaksud demikian. Jika kamu memiliki pengetahuan budaya yang lebih luas, kemungkinan akan lebih pengertian dan tidak mudah tersinggung.

4. Mengenali Kritik Membangun

Tidak semua kritik bertujuan untuk menyerang dan menjatuhkan. Jika seseorang menyampaikan kritik yang dapat membantu dengan cara yang baik, terimalah hal tersebut dan salurkan energi untuk mengembangkan diri daripada menghabiskan waktu dengan merasa tersinggung.

5. Jangan Menyinggung Orang Lain

Jika kamu merasa mudah tersinggung dan sakit hati oleh perkataan orang lain, sebaiknya kamu juga berusaha untuk tidak menyinggung orang lain. Kamu bisa menghubungi atau konsultasi dengan psikolog atau psikiater jika kesulitan untuk menangani perasaanmu.

Last Updated on August 27, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 14 August 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya