Begini Cara Menangkis Hoax Kecantikan di Era Digital

0
Diunggah 23 August 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLife

Begini Cara Menangkis Hoax Kecantikan di Era Digital

Di era digital, ada banyak informasi yang mampu didapatkan dengan mudah bahkan yang tidak benar sekalipun. Yuk, stop hoax kecantikan dari sekarang!

Kita bisa menemukan apapun di media internet. Mulai dari tutorial makeup, demo masak, hingga cara reparasi hp sendiri. Bahkan, banyak cara mengobati penyakit atau masalah kesehatan juga dapat ditemukan dengan mudah. Banyaknya informasi yang beredar, ternyata tidak semua informasi yang diperoleh tersebut sudah benar. Nah, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa ikuti cara menangkis hoax kecantikan di era digital di bawah ini. Yuk, stop hoax mulai dari sekarang!

Kenali Ciri-Ciri Hoax

Hoax terdiri dari tiga jenis yaitu misinformasi, disinformasi, dan malinformasi. Nah, misinformasi ini adalah informasi palsu yang tidak dibuat secara sengaja untuk merugikan orang lain. Contohnya, seorang beauty influencer berbagi cerita kisah keberhasilannya menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel yang sebenarnya tidak baik untuk kulit. Nah, informasi ini dibuat hanya sebatas untuk berbagi tanpa ada niatan jahat.

Disinformasi adalah informasi palsu yang sengaja dibuat untuk merugikan orang lain. Misalnya, cara yang digunakan penjual kosmetik palsu yang memasarkan produk skincare pemutih berbahaya dengan testimoni palsu untuk menarik pelanggan.

Sedangkan, malinformasi adalah informasi fakta tetapi digunakan untuk merugikan pihak lain. Contohnya, info tentang dampak kesehatan suatu produk yang dilebih-lebihkan untuk menakut-nakuti orang lain dalam menggunakan produk tertentu.

Beretika dalam Bermedia Sosial

Kamu harus menghindari menulis info yang belum jelas kebenarannya. Misalnya, kamu iseng bereksperimen membuat masker dari bahan-bahan dapur dan tidak ada efek samping di kulit, bukan berarti kamu bisa membagikan tips yang tidak didukung secara ilmiah. Kamu harus memerhatikan segi efetivitas dan keamanannya, karena bisa membahayakan orang lain. Yang paling penting adalah jangan asal forward pesan ketika menemukan informasi tertentu. Sebelum forward pesan pada orang lain, sebaiknya kamu cek dulu kebenarannya.

Jangan Malas Cek Kebenaran Berita

Selalu cek kebenaran informasi atau berita yang diterima. Pengecekan paling mudah bisa dengan cara Googling dan membaca artikel dari situs atau media yang kredibel. Kamu bisa mengecek kebenarannya dengan bertanya pada para ahli seperti SpKK. Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sangat mudah melakukan konsultasi dengan dokter. Bahkan, kamu bisa mengobrol dengan dokter melalui aplikasi untuk menanyakan info yang dirasa belum jelas.

Itu dia beberapa cara menangkis hoax kecantikan di era digital sekarang ini. Semoga kamu makin melek informasi dan lebih bijak dalam menanggapi informasi kecantikan yang didapat dari berbagai media. Β Β Β Β 

Last Updated on August 27, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 23 August 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya