Punya Kulit Berminyak? Ikuti 4 Langkah Supaya Makeup Tahan Lama

0
Diunggah 09 April 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeMakeup

Punya Kulit Berminyak? Ikuti 4 Langkah Supaya Makeup Tahan Lama

Kamu memiliki kulit berminyak dan kesulitan saat menggunakan makeup? Sebenernya ada loh makeup untuk kulit berminyak agar tahan lama!

Bagi pemilik kulit berminyak seringkali menghadapi masalah makeup yang bisa tiba-tiba luntur. Kalau sudah begitu, apa yang akan kamu lakukan? Tenang, meski memiliki kulit berminyak, kamu tetap bisa mengusahakan agar makeup tahan lama. Yuk, simak makeup untuk kulit berminyak agar tetap tahan lama menempel di wajah!

1. Facial Wash untuk Kulit Berminyak

Sangat penting untuk mencuci muka sebelum mengaplikasikan make up ke wajahmu karena itu akan menghilangkan minyak dan kotoran di wajahmu. Jadi mencuci muka dengan facial wash khusus akan menghilangkan minyak di wajah yang akan membuat makeup kamu lebih bertahan lama. Saat ini sudah banyak brand yang membuat produk facial wash khusus untuk kulit berminyak. Selain aman produk ini biasanya lebih tahan lama pada kulit berminyak yang cenderung lembab. Cara membedakan produk oil free dengan yang lainnya cukup melihat label oil free di kemasannya.

2. Aplikasikan Toner

Cara makeup untuk kulit berminyak adalah memakai toner yang cocok untuk kulit berminyak. Produk skincare ini biasa dipakai paling awal sebelum memakai produk makeup lainnya. Toner akan memastikan semua produk skincare dan makeup untuk kulit berminyak meresap dengan baik. Sebaiknya kamu pilih toner yang menyegarkan dan tidak membuat iritasi. Di sini, kamu bisa coba menggunakan Hydrating Treatment Essence sebagai hydrating toner.

3. Gunakan Essence

Setelah membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan essence pada wajah. Essence berfungsi memberikan nutrisi pada kulit dan tentunya menghidrasi wajah dengan baik. Salah satu essence dari Avoskin, Perfect Hydrating Treatment Essence mampu mengontrol minyak dan pore control. Nah, kalau kamu akan mengaplikasikan makeup, minyak di wajahmu sudah terkontrol lebih dulu.

4. Gunakan Moisturizer

Meskipun kamu punya kulit berminyak bukan berarti wajah kamu tidak butuh pelembab. Moisturizer juga sangat penting untuk kulitmu agar tidak memproduksi minyak berlebih. Sama seperti kulit kering atau normal, kulit berminyak juga tetap membutuhkan pelembab. Hal ini dikarenakan ketika kulit tidak diberi pelembab lapisan dermis akan terus memproduksi sebum atau minyak sehingga wajah kamu akan semakin berminyak. Lebih baik kamu gunakan pelembab yang berbahan dasar air seperti gel atau lotion yang ringan agar wajah tidak terlihat berminyak.

5. Jangan Lewatkan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya akan melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari. Sinar matahari yang mengandung UV bisa menarik air yang ada dalam kulit dan meningkatkan produksi minya. Jadi, sunscreen adalah salah satu produk wajib dalam tahapan makeup untuk kulit berminyak.

Baca Juga : Cara Mudah Memilih Primer Makeup Menurut Jenis Kulit

6. Makeup Primer

Sebelum mengaplikasikan make up pada wajah, kamu wajib gunakan primer terlebih dahulu terutama pada  T-wajah atau T-zone yang memamg menjadi bagian yang paling sering berminyak. T-zone terletak pada bagian dahi, hidung, pipi, dan dagu. Supaya hasilnya matte dan flawless, sebaiknya kamu pilih primer yang memang dikhususkan untuk kulit berminyak, dengan menggunakan primer jenis ini pastinya make up kamu akan lebih tahan lama.

Kamu juga harus menghindari penggunaan concealer sebagai primer pada mata karena hal ini bisa menyebabkan creasing yang justru mebuat matamu tampak tebal. Akan lebih baik kamu menggunakan primer yang memang dikhususkan untuk mata, jadi primer ini akan menyerap minyak yang menyebabkan creasingpada mata sepanjang hari sehingga riasan pada mata akan bertahan lebih lama. Pastinya kamu wajib membersihkan wajah dahulu sebelum menggunakan primer.

7. Gunakan Foundation dengan Formula Ringan

Sebaiknya kamu memilih foundation dengan formula ringan. Untuk menutupi wajah yang berminyak dan berjerawat biasanya kamu akan menggunakan foundation yang full coverage. Namun, hal ini akan membuat pori-pori tersumbat dan wajah memproduksi minyak lebih banyak. Maka akan lebih baik jika kamu menggantinya dengan formula yang ringan.

8. Gunakan Bedak Tabur

Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, bedak tabur bisa jadi pilihan yang paling ampuh. Bedak tabur bisa mengontrol produksi minya. Kamu bisa menggunakan dua jenis bedak untuk kulit berminyak. Pertama bedak tabur yang transparan sebelum mengaplikasikan foundation lalu kamu bisa menggunakan bedak tabur dengan warna sesuai tone kulit setelah foundation.

9. Semprotkan Setting Spray

Agar makeup tahan lama, kamu bisa menggunakan setting spray setelah semua makeup selesai. Setting spray berfungsi untuk mengunci makeup agar tidak luntur dan makeup tidak berubah tatanannya. Produk ini bisa kamu andalkan sebagai kunci makeup untuk kulit berminyak.

10. Blotting Paper

Ketika wajah kamu mulai berkeringat dan terlihat mengkilap, jangan buru-buru menambahkan lapisan bedak pada wajah.  Bedak yang diaplikasikan pada wajah berminyak bisa menyebabkan olesan bedak tidak merata. Akan lebih baik kalau kamu menggunakan blotting paper atau kertas yang memang khusus untuk menyerap keringat pada wajah. Jadi, kamu wajib selalu membawa kertas minyak karena ini solusi paling mudah untuk masalah wajahmu yang berkeringat. Cara yang tepat adalah kamu menekan secara perlahan kertas minyak itu di area yang berminyak agar kamu tidak perlu melakukan touch up lagi. 

Jadi kamu tidak perlu khawatir memiliki tipe kulit berminyak dengan hal-hal simpel tadi kamu bisa tampil cantik lebih lama. So, happy trying!

Last Updated on June 08, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 09 April 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya