Avoskin 9 tahun Mengusung Gaya Hidup Berkelanjutan

0
Diunggah 02 October 2023
LikeAvo Stories

Avoskin 9 tahun Mengusung Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan adalah aksi jangka panjang untuk berkontribusi kepada lingkungan dan masyarakat. Menuju 9 Tahun Avoskin telah banyak perjalanan yang dilalui bersama Sahabat Avo dan Host Communities untuk mendorong gerakan ini menjadi nyata.

Seluruh aksi ini tentu tidak akan lepas dari kesadaran akan percaya pada gerakan meluas yang berdampak lebih besar. Ada begitu banyak refleksi yang bersumber dari langkah – langkah kebelakang. Membuat kami sadar bahwa inspirasi yang bersumber dari individu istimewa yang kami temui, adalah elemen terbesar pembentuk Avoskin menjadi hari ini. 

Berkelanjutan Mendukung Perempuan Tanpa Batas

Avoskin percaya bahwa setiap perempuan memiliki suara untuk bebas memilih apapun yang mereka ingin lakukan. Sebagai wujud apresiasi Avoskin pada keinginan mereka untuk berani, kami bekerja sama dengan beberapa organisasi  dari seluruh Indonesia yang memiliki kesamaan tujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan Ibu dan Anak.

Avoskin berkolaborasi dengan Du Anyam dan Torajamelo, social enterprise yang merangkul Ibu dan Anak di pedesaan untuk memperoleh pendapatan tambahan melalui pekerjaan alternatif seperti menganyam dan tenun.

Wujud dukungan ini kami lakukan bersama aktivitas RUBI Community. Yaitu, komunitas representasi dari Avoskin yang memberikan saran dan cara yang tepat untuk lebih menghargai diri sendiri dan menjalin hubungan dengan orang lain lewat kelas dan workshop rutin setiap bulannya.

Kolaborasi diantara kami menghasilkan merchandise exclusive dan dukungan berkelanjutan dengan harapan seluruh Perempuan, termasuk Ibu dan Anak dapat menggandeng tangan individu lainnya untuk melanjutkan keinginan dan keberanian mereka.

Rehabilitasi Orangutan sebagai Kunci Penjagaan Ekosistem

Apa yang tidak luput dari perhatian kami adalah semangat untuk menjadi brand yang peduli pada keberlanjutan lingkungan dan seluruh ekosistem yang terlibat di dalamnya. Termasuk orang utan. 

Orang Utan adalah satwa yang perlu dilindungi. Selain karena perkembangbiakan mereka hanya terjadi setiap 8 tahun sekali, mereka adalah kunci dari penjagaan kesehatan ekosistem hutan tropis. Avoskin pun ikut serta membantu keberlanjutan populasi orangutan dengan cara mendukung proses rehabilitasi dan mempersiapkan habitat mereka dengan baik agar orangutan bisa tumbuh di alam habitat asli secara optimal.

Avoskin berkolaborasi dengan BOS (Borneo Orangutan Survival) sejak tahun 2016 untuk mengadopsi orangutan. Saat ini kami memiliki total 4 orangutan bernama Bumi, Taymur, Jelapat dan Avo yang kami terus dapatkan kabar rehabilitasinya.

Kami percaya jika potensi pertumbuhan orangutan tidak akan terjadi apabila tidak didukung dengan  pentingnya memberikan perawatan, perhatian, dan kesempatan bagi mereka untuk berkembang. Oleh karena itu kolaborasi Avoskin x BOS sangat mendorong perawatan yang optimal sampai orangutan  dapat dilepasliarkan di alam liar habitat mereka. 

Terlibat pada Setiap Ekosistem untuk Mendukung Sustainability

Lingkungan dan kita saling terkait. Dimana keseimbangan akan semakin terjaga apabila kita mampu menganggap diri sebagai bagian dari lingkungan dan tidak dapat terpisahkan. Inilah gaya hidup berkelanjutan. 

Melalui laut, Avoskin memberikan kontribusi nyata lewat penanaman 100 terumbu karang bersama Kertabumi Institute dan menanam 1000 pohon mangrove dalam campaign Go Green bersama Watsons di Teluk Benoa, Bali.

Kemudian, melalui darat, Avoskin menghijaukan kembali hutan di wilayah Gunung Sawur Lumajang dengan 500 pohon alpukat yang dibersamai dengan keterlibatan Lindungi Hutan. Aksi ini pun terus berlanjut dengan reforestasi seluas 2 hektar di Samboja Lestari, Kalimantan Timur bersama BOS Foundation

Avoskin ingin mengajak sahabat AVO untuk mendukung pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan dengan penanaman kembali. Melalui gaya hidup berkelanjutan ini, Avoskin berharap kepada masyarakat untuk menatap ke depan seberapa pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Pengelolaan Sumber Daya yang Circular

Avoskin terus memprakarsai seberapa pentingnya lingkungan yang circular, yaitu penggunaan sumber daya alam yang tidak hanya dilihat dari segi fungsinya. Melainkan melihat bagaimana aksi pembersihan dan daur ulang barang dapat berdampak pada lingkungan. 

Bekerjasama dengan komunitas lokal,  Avoskin memfasilitasi program yang mendukung customer untuk dapat mengembalikan kemasan kosong botol Avoskin untuk kami salurkan menuju Waste 4 Changes untuk diolah sebelum menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kami mengapresiasi besar seluruh partisipasi sahabat Avo yang menjadi bagian dari gerakan ini. Bersama semangat yang sejalan, kami berhasil mengumpulkan 725 botol yang Avoskin konversikan menjadi minimal 725 kg  sampah plastik untuk dibersihkan.

Angka ini terus bertambah sebagaimana aksi River Cleaning Movement diadakan di sisi Indonesia lainnya. Telah terkumpul 314,9 kg sampah yang terdiri dari sampah organik sebanyak 88 kg, anorganik berupa plastik yang didominasi PP, Multilayer Packdan kain sebanyak 139,4 kg, dan sampah residu sebanyak 87,5 kg.

Melalui campaign aksi pembersihan sungai dari sampah plastik ini, kami ingin mendorong management sampah kemasan skincare mereka dapat diolah dengan lebih bijak serta dapat menjadi produk lain yang bernilai dan dapat digunakan kembali nantinya.  

Gaya Hidup Berkelanjutan bersama Komunitas Lokal

Solusi dari pembinaan masyarakat adalah komunitas lokal yang saling mengerti. Avoskin bekerjasama dengan beberapa komunitas sosial merangkul anak-anak dan perempuan mendapatkan jaminan kesejahteraan dari rasa aman dan kebahagian.  

Avoskin mengadakan campaign 1 (satu) kali komentar dikonversikan menjadi 1 (satu) paket makanan yang akan disalurkan bersama Dompet Dhuafa. Lalu mengimplementasikan konversi botol kosong menjadi besaran donasi tunai kepada Desa Anak Kos. Kami juga mendorong kehadiran pendamping yang memenuhi kebutuhan kesejahteraan lewat Voluntrip Kitabisa dan menampung proses penyembuhan perempuan di Rumah Faye.

Selama 9 tahun, Avoskin telah melangkah untuk berkolaborasi menciptakan gaya hidup berkelanjutan lewat berbagai aspek. Mulai dari women empowerment, conservating animal, replanted tress and coral reefs, river cleaning movement dan support host communities.

Seuruh aksi kolaboratif ini telah menjadi bagian dari rasa tanggung jawab Avo terhadap planet. Membuat kami percaya bahwa Sahabat Avo menampilkan kecantikan alami dengan merangkul dan menginspirasi satu sama lain. 

Avoskin selalu siap untuk menemani perjalanan gaya hidup berkelanjutan bersama individu yang istimewa lainnya. Bersama host community dan kepercayaan Sahabat Avo, kami pun menjadi semakin tegas bahwa pendekatan kolaboratif ini telah menginspirasi kami untuk berkontribusi lebih besar secara berkelanjutan di masa depan.

Last Updated on October 13, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 02 October 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya