3 Cara Mengatasi Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris

0
Diunggah 05 September 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

3 Cara Mengatasi Tekstur Kulit Akibat Keratosis Pilaris

Walaupun bisa hilang, kondisi kulit bertekstur karena keratosis pilaris ini membuat tidak percaya diri. Ikuti cara mengatasi tekstur kulit ini ya!

Kondisi kulit bertekstur ini terjadi karena penumpukan keratin atau protein padat yang berfungsi untuk melindungi lapisan kulit. Keratin ini menebal di bagian permukaan kulit yang terdapat folikel rambut sehingga lubang pori-pori tersumbat. Biasanya, keratosis pilaris ini dialami karena faktor genetik dan berkaitan dengan kondisi kulit seperti eksim. Biasanya, keratosis pilaris muncul pada area kulit di tangan dan kaki. Hal ini dipicu oleh cuaca dingin dan udara yang cenderung kering. Nah, kamu bisa ikuti beberapa cara ini untuk mengatasi tekstur kulit akibat keratosis pilaris.

1. Gunakan Sabun Mandi yang Mengandung Mild Exfoliant

Sabun mandi yang boleh digunakan adalah sabun mandi lembut yang tidak mengandung zat untuk iritan kulit. Sebaiknya hindari sabun dengan kandungan antibakterial, alkohol, parfum, dan kandungan aktif lainnya. Kamu bisa menggunakan produk pembersih wajah yang melembapkan. Sebagai selingan, kamu bisa menggunakan sabun dengan mild exfoliant atau body scrub yang mengandung partikel scrub kecil untuk membantu menghilangkan tumpukan keratin. Kamu cukup menggunakannya dua kali seminggu dan jangan menggosok terlalu kasar karena bisa membuat kulit terluka.

2. Pelembap Oil Based

Untuk pertolongan pertama pada kulit keratosis pilaris, pelembap yang berat bisa jadi produk yang wajib kamu miliki. Kamu juga perlu memerhatikan tipe pelembap yang digunakan dan mengganti pelembap water based menjadi pelembap oil based. Pelembap berbahan dasar oil bisa menahan kadar kelembapan di kulit lebih baik dibanding yang bersifat water based. Selain itu, kamu juga harus sering mengaplikasikan pelembap di kulit. Waktu yang tepat seperti setelah mandi, saat berada di ruangan ber AC, dan malam hari menjelang tidur.

3. Mengatasi Kemerahan dengan Produk Anti Inflamasi

Keratosis pilaris bisa menimbulkan kemerahan dan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Kalau kamu sering mengalami gatal karena permukaan kulit yang terlalu kering, kamu bisa menggunakan skincare dengan bahan bersifat soothing dan anti inflamasi seperti Calendula, Centella Asiatica, Chamomile, atau Aloe Vera. Kamu bisa coba produk Hydrating Treatment Essence yang memiliki kandungan centella asiatica dan bisa membantu mengurangi inflamasi di wajahmu.

Selain perawatan menggunakan produk tersebut, sebaiknya kamu menghindari udara yang terlalu dingin dan kering, ataupun mandi dengan air panas. Mandi air panas cukup lama mampu membuat kondisi kulit keratosis pilaris tidak semakin memburuk.

Last Updated on September 06, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 September 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya