RUBI Class: Basic Ethic Menurut Ayu Cornellia Sigit

0
Diunggah 24 May 2019

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeRUBI

RUBI Class: Basic Ethic Menurut Ayu Cornellia Sigit

Kali ini Ayu Cornellia Sigit, Founder dari Cornellia&co memberikan ilmu dan wawasannya untuk setiap orang yang hadir pada RUBI Class basic ethic kali ini.

RUBI Community kali ini membuat kelas yang membahas “basic ethic” dalam lingkungan kerja dan pergaulan. Hal ini sangat penting untuk dibicarakan karena membuat setiap individu bisa berperilaku lebih baik dan menghargai orang lain. Nah, kali ini Ayu Cornellia Sigit, Founder dari Cornellia&co memberikan ilmu dan wawasannya untuk setiap orang yang hadir pada RUBI Class Basic Ethic kali ini.

Basic Ethic atau etika dasar dalam berperilaku. Etika yang dibahas di sini adalah etika yang berarti nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan seseorang atau kelompok dalam bertingkah laku. Selain itu, etika sendiri juga memiliki arti kebiasaan yang baik. Etika berkembang menjadi studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan menurut ruang dan waktu yang berbeda yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan manusia pada umumnya. Namun, pembahasan etika kali ini lebih tertuju pada etika moral yakni berkenaan dengan kebiasaan berperilaku yang baik dan benar berdasarkan kodrat manusia.

Etika moral ini biasanya terwujud dalam perbuatan baik seperti berkata dan berbuat jujur, menghargai orang lain, atau menghormati orangtua dan guru. Etika moral ini terbagi dalam dua hal yaitu etika pribadi dan etika sosial.

  1. Pengertian dari etika pribadi misalnya seorang yang berhasil di bidang usaha dan menjadi kaya raya lalu disibukkan dengan usahanya sehingga lupa akan kehidupannya. Lalu, ia menggunakan hartanya tersebut untuk mengganggu kehidupan masyarakat. Tentunya, hal ini menunjukkan dia tidak berhasil dalam etika pribadinya.
  2. Etika sosial misalnya seorang pejabat pemerintah dipercaya untuk mengelola uang negara. Namun, uang yang dia dapatkan malah dipergunakan untuk kepentingan pribadinya dan tidak dapat mempertanggung jawabkan uang yang dipakai kepada pemerintah. Hal ini menunjukkan dia telah merusak etika sosial.

Baca Juga : RUBI Community untuk Perempuan Indonesia yang Lebih Baik

Manfaat Etika

Etika memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Dengan mengetahui “basic ethic” sendiri, hal ini bisa membantu pengembangan diri pada berprilaku dan moral. Selain itu, dengan memahami “basic ethic”, kamu akan lebih berhati-hati dalam berperilaku agar tidak menyakiti orang lain dan lebih bertanggung jawab. Dengan memahami “basic ethic”, kamu dapat mengerti nilai-nilai penting dalam berprilaku pada tamu atau orang lain dan membantumu menentukan pendapat.

Tidak disangka “basic ethic” ini lebih rumit dari yang dipikirkan, bukan? Sebagai individu yang hidup dalam lingkungan sosial tentu kita harus memahami etika yang sesuai untuk bersosialiasi. Nah, hal inilah yang menjadi latar belakang RUBI Class kali ini diadakan. Diharapkan semua orang yang hadir pada kelas ini bisa memahami “basic ethic” dengan lebih baik.

Last Updated on October 29, 2022

Tags Terkait

#RUBICommunitiy
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 24 May 2019

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya