Perbedaan Kulit Wanita dan Pria yang Perlu Kamu Ketahui

0
Diunggah 19 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeHealthy Skin

Perbedaan Kulit Wanita dan Pria yang Perlu Kamu Ketahui

Kulit manusia sebenarnya terlihat sama padahal kulit setiap orang berbeda loh! Nah, ada perbedaan kulit wanita dan pria juga loh!

Sudah tidak aneh kalau pria rutin merawat kulitnya ya! Tidak sekadar cuci muka, pria mulai gemar menggunakan produk skincare seperti pelembap dan sunscreen hingga perawatan khusus di klinik kecantikan. Mulai banyak orang yang sadar akan pentingnya perawatan kulit wajah ini. Namun, kamu perlu tahu beberapa hal basic juga nih! Ada perbedaan kulit wanita dan pria yang perlu kamu ketahui.

1. Ketebalan Kulit

Pria dan wanita memiliki kadar hormon yang berbeda, hal ini menimbulkan adanya perbedaan ketebalan kulit pada pria dan wanita. Rata-rata kulit pria lebih tebal 20-25% dari kulit wanita. Hasilnya, kulit pria cenderung lebih kuat dibandingkan dengan kulit wanita karena pria memiliki kulit yang lebih tebal.

2. Tekstur Kulit Wajah

Tekstur kulit pria dan wanita jelas berbeda. Pria memiliki lapisan stratum corneum yang lebih tebal dari wanita. Faktor ini membuat tekstur kulit pria menjadi lebih kasar dan kuat dibandingkan wanita. Perbedaan tekstur ini juga menyebabkan tumbuhnya keriput lebih dalam pada kulit pria.

3. Sebum atau Kadar Minyak

Perbedaan kulit wanita dan pria bisa dilihat dari tingkat sebum yang diproduksi oleh kulit. Pria memiliki pori-pori yang lebih lebar sehingga memproduksi lebih banyak sebum. Hal ini membuat pria lebih mudah berminyak dibandingkan wanita. Selain itu, masalah kulit yang disebabkan sebum seperti komedo dan jerawat akan bertahan lebih lama pada kulit pria.

4. Kolagen

Kulit pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan kulit wanita. Karena tingkat kolagen pria lebih padat, maka kulit pria menunjukkan tanda penuaan yang lebih lambat dibandingkan wanita meskipun berada di usia yang sama.

Baca Juga : Apakah Pria Perlu Menggunakan Pelembap Wajah? Ini Jawabannya!

5. Rambut Wajah

Salah satu perbedaan yang paling nampak dari kulit pria dan wanita adalah rambut pada wajah seperti kumis dan janggut. Tentu saja rambut di wajah ini lebih tebal pada wajah pria. Sebagian pria memilih untuk menumbuhkan rambut di wajah, sementara ada yang memilih untuk mencukurnya setiap hari. Kulit wajah pria akan menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi jika rutin bercukur setiap hari karena terkena gesekan pisau cukur.

6. Siklus Hormonal

Hal yang membedakan kulit pria dan wanita berkaitan dengan siklus hormonal. Kulit wanita akan lebih mudah menghitam akibat siklus hormonal yang berpengaruh pada warna kulit. Hal ini menyebabkan perawatan wajah yang mengandung pencerah lebih dibutuhkan oleh wanita. Sebenarnya pria juga memiliki siklus hormonal sama seperti wanita. Fungsi kulit dan kelenjar pendukung dipengaruhi oleh hormon, tetapi hormon yang berperan adalah hormon testosteron.

7. Pori-Pori Kulit Wajah

Hal yang membedakan kulit pria dan wanita bisa dilihat dari pori-pori. Kulit pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi minyak lebih banyak. Tidak heran jika pria rentan memiliki jerawat apabila wajah tidak dibersihkan secara rutin terutama setelah aktivitas di luar ruangan. Produksi kelenjar minyak pria cenderung lebih banyak dibandingkan wanita karena faktor hormon testosteron.

8. Kelembapan Kulit Wajah

Hal yang membedakan kulit pria dan wanita selanjutnya adalah kelembapan kulit. Pria berkeringat lebih banyak daripada pria karena suhu tubuh pria lebih mudah meningkat, sehingga keringat keluar lebih banyak untuk menyeimbangkan suhu tubuh. Produk keringat yang lebih banyak pada pria termasuk wajah membuat pri memiliki kelembapan kulit yang sedikit lebih baik. Tidak heran jika kulit pria cenderung tidak mudah kering, berbeda pada wanita pada umumnya.

Beberapa perbedaan kulit di atas ternyata cukup signifikan ya. Maka dari itu, kamu perlu memilih produk yang memang sesuai dengan jenis kulitmu. Kalau kamu sudah coba produk Avoskin belum nih?

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 19 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya