Perbedaan AHA dan BHA, Kandungan Aktif untuk Eksfoliasi Kulit

0
Diunggah 28 January 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Perbedaan AHA dan BHA, Kandungan Aktif untuk Eksfoliasi Kulit

Kandungan aktif dalam produk skincare ini dikenal untuk eksfoliasi kulit. Lalu, apa sih perbedaan AHA dan BHA ini?

Kandungan AHA dan BHA sudah tidak asing lagi pada produk skincare. Nah, belakangan ini banyak review positif tentang manfaat produk AHA dan BHA. Kandungan ini mampu memperbaki tekstur kulit, mengangkat komedo, hingga membuat kulit kering menjadi lebih lembap. Lalu, apa sih perbedaan AHA dan BHA yang banyak digunakan dalam produk skincare ini?

Apa Itu AHA dan BHA?

freepik.com

Kepanjangan AHA, BHAyaitu alpha hydroxy acids dan beta hydroxy acids. AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah senyawa asam yang efektif untuk eksfoliasi kulit. Setiap hari tubuh memproduksi sel kulit baru untuk mengganti sel kulit lama. Nah, sel kulit mati ini sering tidak terlepas secara sempurna dan masih menempel pada kulit. Maka dari itu, kamu butuh senyawa kimia untuk membantu pengelupasan kulit. AHA dan BHA ini hanya bekerja di lapisan terluar pada permukaan kulit. AHA dan BHA tidak akan masuk hingga ke dermis atau jaringan dalam kulit.

Perbedaan Antara AHA dan BHA

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah asam yang didapatkan dari bahan alami seperti tebu, susu, dan anggur. AHA bekerja dengan cara melelehkan lem antar sel yang menyatukan sel kulit untuk membantu proses pengelupasan alami kulit. Terdiri dari molekul-molekul kecil, kandungan ini cocok untuk kulit kering yang sering terkena paparan sinar matahari.  AHA mampu mengeksfoliasi permukaan kulit dan meningkatkan kadar kelembapan kulit. AHA tidak dapat menembus sedalam BHA dan efeknya terasa pada permukaan kulit saja, maka dari itu AHA cocok untuk meremajakan kulit yang menua.

Sementara itu, Beta Hydroxy Acid (BHA) adalah asam yang menyukai minyak. Kandungan ini cocok untuk kulit berminyak dan mudah berjerawat, serta mengatasi komedo. BHA dapat menembus minyak yang menyumbat pori-pori penyebab jerawat. Selain itu, BHA memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri. Turunan dari salicylic acid ini didapatkan dari willow bark tree dan buah-buah sitrus.

Baca Juga : Ini 7 Manfaat Eksfoliasi yang Wajib untuk Kamu Ketahui

Efek Samping AHA dan BHA

Salah satu efek samping penggunaan AHA dan BHA yaitu mengalami purging. Bagi kamu yang baru pertama kali memakai produk eksfoliasi, mungkin akan merasakan sensasi kulit yang kaget dan memulai produksi minyak yang berlebih hingga sering mengakibatkan jerawat sistemik, dan bintik-bintik/ bruntusan.

Selain itu  campuran tingkat pH yang berbeda dari setiap komponen dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada kulit, kemerahan dan iritasi. 

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa penggunaan kedua asam ini yaitu AHA dan BHA dengan niacinamide,  dengan bantuan sifat pelembabnya dapat menarik  dan memerangkap kelembapan di kulit, menjaga kelembapan wajah dan membuatnya tetap lembab dan kenyal. Niacinamide adalah bahan yang diketahui bekerja secara efektif dengan produk lain tanpa mengkhawatirkan iritasi. Maka dari itu ketiganya bekerja sama untuk saling melengkapi fungsinya masing-masing.

Efek samping AHA juga dapat menyebabkan iritasi kulit ringan, kemerahan, bengkak, gatal, dan perubahan warna kulit. Kulit wajah yang tetap berada di kulit  lebih lama dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan luka bakar kulit yang parah.

Bagaimana Cara Memakai Niacinamide dan AHA BHA?

Seperti yang sudah kamu ketahui, ketiga kandungan yaitu niacinamide dan AHA BHA dapat dipakai secara bersamaan. Perpaduan ketiganya dapat membantu proses eksfoliasi kulit hingga menghilangkan minyak berlebih.

Walaupun terdapat efek samping AHA dan BHA bagi pemula, kamu tidak perlu cemas untuk menggunakan produk ini. Sebagai pemula kamu bisa menggunakannya satu kali saja dalam satu minggu. Dan juga, sebaiknya lakukan patch test 24 jam sebelum mengaplikasikan patch test pada wajah untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Sedangkan bagi sebagian orang, asam alfa hidroksi atau AHA dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Selalu gunakan tabir surya saat menggunakan produk asam alfa hidroksi (AHA) ya.

Sementara BHA aman digunakan setiap hari, AHA tidak disarankan untuk penggunaan setiap hari. Walaupun BHA lebih bisa digunakan setiap hari, tetap saja efeknya tergantung masing-masing individu. Sedangkan AHA sebaiknya digunakan 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu atau lebih sering dari itu diperbolehkan asal kamu sudah terbiasa atau mendapat izin dari dokter ya Sahabat Avo!

Miraculous Refining Series : Produk Lokal yang Mengandung AHA dan BHA

Kedua produk ini terdiri dari Miraculous Refining Toner dan Miraculous Refining Serum. Pada Miraculous Refining Toner terdapat kandungan AHA 5%, BHA 1%, PHA 2%, dan Niacinamide serta Tea Tree dengan konsentrasi 2%, aloe vera, witch hazel, raspberry. Komposisi kandungan-kandungan tersebut bekerja sama untuk mengeksfoliasi kulit, membersihkan kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, hingga bahkan mencerahkan kulitmu. Miraculous Refining Toner cocok dipakai untuk kamu yang memiliki usia lebih dari 16 tahun dengan kondisi kulit berminyak. 

Sebelum menggunakan toner ini, pastikan kulitmu sudah bersih dari sisa makeup maupun debu. Gunakan pembersih yang bersifat oil dan water based sehingga dapat memastikan keadaan wajah benar-benar sudah bersih ya. Produk lokal yang mengandung AHA dan BHA ini disarankan untuk dipakai malam hari saja.

Selanjutnya untuk Miraculous Refining Serum juga mengandung AHA, BHA, Niacinamide, dan bahkan Ceramide. Dengan memakai kedua rangkaian produk ini dapat membantu meratakan warna kulit/ skin tone kamu dan menghaluskan tekstur kulit wajah.

AHA atau BHA yang Lebih Baik?

freepik.com

Sebaiknya kamu menentukan dulu kandungan mana yang paling tepat untuk kebutuhan kulitmu. Meski hampir sama, kedua kandungan ini memiliki struktur komponen yang berbeda. AHA dapat larut dalam air dan memiliki komponen pelembap. Sedangkan, BHA tidak memiliki komponen pelembap yang bersifat mengeringkan. BHA mampu larut dalam minyak, karena komponennya merupakan susunan lemak.

AHA dan BHA berbeda dalam penanganan masalah kulit. AHA baik dalam meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki tingkat kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. Sedangkan BHA baik dalam mengatasi masalah jerawat, komedo, dan kulit berminyak. BHA bisa mencegah peradangan kulit. Namun, tidak ada salahnya kamu menggunakan kedua kandungan ini bersamaan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal seperti dalam produk Avoskin Miraculous Refining Series Avoskin.

Last Updated on June 12, 2022

Tags Terkait

#ahabhapha
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 January 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya