Ini 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita dan Bahaya Serta Cara Mengecilkannya

0
Diunggah 01 February 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Ini 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita dan Bahaya Serta Cara Mengecilkannya

Perut buncit memang menjadi masalah bagi wanita karena mengganggu keindahan penampilan. Apa saja sih penyebab perut buncit pada wanita? Yuk, simak.

Memiliki perut yang terlihat buncit tentu saja menjadi suatu hal yang sangat dihindari oleh sebagian besar wanita. Hal ini dikarenakan banyak sekali wanita yang tidak merasa percaya diri dengan perut yang membuncit. Maka tidak heran jika banyak sekali wanita yang berusaha keras untuk melakukan diet hanya untuk mengecilkan perut yang buncit dan tubuh jadi terlihat lebih langsing. Namun, sebagian dari kamu hanya selalu mencari solusi untuk mengecilkan perut buncit saja tanpa mencari tahu penyebabnya. Panduan berikut juga berlaku sebagai penyebab perut buncit secara umum, ya. Berikut ini penyebab perut buncit pada wanita, simak yuk.

Penyebab Perut Buncit pada Wanita
Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Salah Satunya Disebabkan oleh Faktor Asupan Makanan

Penyebab Perut Buncit pada Wanita

1. Konsumsi Makanan Berlemak

Lemak adalah salah satu zat gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuhmu karena lemak bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh dari penyakit dan virus. Namun, kamu juga perlu memperhatikan jumlah lemak yang dibutuhkan tubuh per harinya. Jangan sampai makanan yang kamu konsumsi setiap kalinya mengandung lemak karena lemak yang terlalu banyak masuk ke tubuh dapat tertimbun dan itulah yang menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit pada wanita.

2. Banyak Cemilan di Malam Hari

Penyebab Perut Buncit pada Wanita
Banyak Nyemil Sering Menjadi Salah Satu Penyebab Perut Buncit. Image: Pexels

Tentunya kadang kamu merasa lapar saat malam hari jadi ingin mengunyah sesuatu. Namun, kebiasaan ngemil di malam hari ternyata kurang baik apalagi jika dilakukan secara terus-menerus dalam jumlah yang tidak sedikit karena dapat menyebabkan perut jadi buncit dengan cepat. Jadi, jika kamu merasa lapar di malam hari sebaiknya pilihlah makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan segar. Karena cemilan yang tidak sehat juga sering menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit yang sering kali terlupakan.

3. Mengkonsumsi Makanan Mengandung Pemanis Buatan

Penyebab perut buncit pada wanita salah satunya cemilan
Makanan Mengandung Pemanis Buatan Sering Menjadi Salah Satu Penyebab Perut Buncit. Image: Pexels

Sekarang banyak sekali ragam makanan atau bahkan minuman yang selalu menggunakan bahan pemanis buatan agar rasa dari makanan atau minuman tersebut jadi lebih enak dan nikmat. Padahal, sebisa mungkin kamu harus menghindari makanan atau minuman dengan pemanis buatan ini karena dapat mengganggu kesehatan sistem pencernaan. Makanan atau minuman dengan pemanis buatan yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan usus tidak dapat mencernanya dengan baik sehingga mengendap begitu saja dan dapat menyebabkan perut jadi terlihat buncit.

Baca Juga : 5 Inspirasi Camilan Sehat yang Tidak Membuat Tubuh Gemuk

4. Makan dengan Porsi Terlalu Banyak

Penyebab perut buncit pada wanita salah satunya cemilan
Porsi Makan Sehari-hari Juga Perlu Diperhatikan untuk Mencegah Perut Buncit. Image: Pexels

Setiap hari tubuh perlu asupan nutrisi dan tenaga yang berasal dari makanan sehingga penting sekali bagi kamu untuk selalu menjaga jadwal makan dalam sehari. Umumnya, manusia memerlukan asupan makanan minimal tiga kali dalam sehari. Jika kamu tidak ingin perutmu membuncit, sebaiknya perhatikan jumlah atau porsi makanan yang kamu makan setiap harinya. Pastikan porsi makanan yang kamu konsumsi itu cukup dan tidak terlalu berlebih, karena makan dalam jumlah terlalu banyak itulah yang dapat menyebabkan perut buncit.

5. Kurang Olahraga

Penyebab perut buncit pada wanita salah satunya cemilan
Olahraga Menjadi Salah Satu Faktor yang dapat Membantu Menjaga Berat Badan. Image: Pexels

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat baik dilakukan karena selain bagus untuk kesehatan, bentuk tubuh juga selalu terjaga dalam kondisi ideal dan tidak gemuk. Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu membakar lemak berlebih dalam tubuh sehingga perut menjadi rata dan jauh terlihat lebih menarik karena itu, biasakanlah untuk selalu berolahraga jika kamu memiliki waktu luang atau hari libur untuk mencegah perut menjadi buncit.

Cara Mengecilkan Perut Buncit Wanita

1. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat membutuhkan waktu yang lebih lama daripada kandungan gizi lainnya untuk diserap di dalam perut. Dengan alasan ini, serat dapat membuat kamu kenyang lebih lama sehingga kamu tidak mudah lapar dan memperbanyak konsumsi makanan lain yang sebnarnya tidak terlalu dibutuhkan tubuh. Apabila konsumsi makanan yang tidak terlalu penting ini seperti snack, maka perutmu tidak mudah membesar bukan?

Contoh makanan yang memiliki serat tinggi seperti gandum (tapi bukan tepung terigu), buah-buahan, dan sayur mayur.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Lemak ini ditemukan di beberapa margarin dan pangan yang diolah dengan margarin serta sering ditambahkan ke makanan kemasan. Untuk membantu mengurangi lemak perut dan melindungi kesehatanmu, baca label bahan atau label informasi nilai gizi produk dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans.

3. Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol apalagi dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak alkohol juga dapat membuat lemak perutmu bertambah.

Studi menyebutkan bahwa mengurangi alkohol dapat membantu mengurangi ukuran pinggang.ย 

4. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Protein adalah gizi yang sangat penting bukan hanya untuk mengkontrol lemak di perut tapi juga memengaruhi berat badan. Asupan protein tinggi meningkatkan pelepasan hormon yang mengurangi nafsu makan dan membuat kamu lebih mudah kenyang.

Sumber protein yang baik seperti daging, ikan, telur, susu rendah lemak, protein whey, dan kacang-kacangan.

5. Kurangi Konsumsi Makanan yang Tinggi Kadar Gulanya

Gula mengandung fruktosa, yang telah dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis bila dikonsumsi secara berlebihan termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, obesitas, dan penyakit liver.

Selain itu, konsumsi gula berlebihan menyebabkan kelebihan lemak perut. Bahkan gula sehat, seperti madu asli, harus digunakan dengan secukupnya saja.

6. Kurangi Karbohidrat Apalagi Karbohidrat Olahan

Mengurangi asupan karbohidrat bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan lemak, termasuk lemak perut. Karbohidrat tidak hanya terdapat pada nasi dan makanan pokok, namun karbohidrat juga bisa ada di snack yang biasa kamu konsumsi seperti roti dan kue.

7. Lacak Asupan Makanan dan Olahragaย 

Banyak hal dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak perut, tetapi mengkonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan tubuh untuk pemeliharaan berat badan adalah kuncinya. Usahakan asupan kalori lebih kecil atau sama dengan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kamu bisa melihat kalori yang dibutuhkan tubuh melalui berbagai sumber. Pada intinya, kebutuhan kalori setiap individu berbeda. Tergantung pada jenis kelamin serta kegiatan harian yang dilakukan.

Menyusun daftar makanan harian atau aplikasi pelacak konsumsi makanan dapat membantu memantau asupan kalorimu.

Strategi ini telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Selain itu, alat pelacak makanan membantu melihat asupan protein, karbohidrat, serat, dan mikronutrien. Banyak juga yang memungkinkan untuk merekam latihan dan aktivitas fisikmu.

Last Updated on February 26, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 February 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya