8 Langkah Mudah Atasi Kulit Kusam Dari Kebiasaan Sehari-Hari

0
Diunggah 02 June 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

8 Langkah Mudah Atasi Kulit Kusam Dari Kebiasaan Sehari-Hari

Kulit kusam dan mengelupas bisa kapan saja mengancam kecantikan kulitmu. Nah, coba mengatasi kulit kusam lewat kebiasaan sehari-hari yuk!

Kulit kusam membuat penampilan wajah menjadi buruk dan kurang percaya diri. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu harus ekstra merawat kulitmu dengan baik. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat kulitmu lebih cerah dan segar. Tidak susah kok, kamu bisa mengatasi kulit kusam dengan melakukan kebiasaan sehari-hari ini loh.

1. Rajin Eskfoliasi, Tapi Jangan Berlebihan

Hal paling mendasar untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersih adalah kebersihan kulit. Ibaratnya, kulitmu adalah kanvas putih yang bersih dan mulus. Nah, saat wajahmu diberi riasan lalu ditambah dengan polusi udara dan debu yang bertebaran tentu akan membuat kulitmu tertimbun oleh kotoran yang menempel berjam-jam.

Kotoran yang menempel itulah yang menjadi penyebab utama kulitmu tampak kusam dan kering. Membersihkan wajah saja tidaklah cukup. Kamu juga harus rutin menggunakan eksfoliasi untuk mendapatkan kulit yang bebas kusam. Namun, tidak dianjurkan untuk melakukannya setiap hari, ya. Cukup lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk karena tidak bisa dibersihkan oleh pembersih biasa.

2. Lembapkan Kulit dengan Produk yang Tepat

Usai melakukan eksfoliasi, kulit baru akan memerlukan kelembapan. Proses ini terjadi pada lapisan mikroskopis yang biasanya mengalami keretakan atau disebut dengan bagian kusam. Pelembap akan berfungsi mengisi celah yang ada dengan lipid atau lemak alami kulit sehingga menghilangkan kesenjangan antar sel kulit dan membuat permukaan kulit menjadi halus dan tampak cerah kembali.

Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bersih, lebih baik pakailah pelembap dengan bahan-bahan alami dan non-comedogenic. Avoskin Day Cream akan menjawab keresahanmu dalam memilih produk pelembap yang tepat bagi kulitmu. Dengan tekstur lembut dan tidak lengket, Avoskin Day Cream pilihan tepat pelembap wajahmu sehari-hari yang juga akan melindungi kulitmu dari sengatan sinar matahari.

3. Minum Air yang Cukup

Kulit yang dehidrasi juga menjadi penyebab kulit kusam. Dehidrasi dapat menurunkan volume aliran darah ke kulit yang terlihat pucat dan sakit-sakitan. Jangan dianggap remeh, dehidrasi adalah masalah kulit jangka panjang yang membuat kulit kehilangan asupan air yang dibutuhkan untuk mendapatkan kulit sehat.

Sebagian besar sel kulit terdiri dari air, sehingga saat kurang minum air putih dampaknya kulit pun akan terlihat kering dan kusam. Singkat cerita, apabila kamu tidak ingin keriput, mulailah minum air lebih banyak.

4. Jangan Mudah Stres

Jika kamu sudah melakukan perawatan kulit dari luar namun tidak berdampak banyak, mungkin masalahnya bukan berada di dalam tubuh, melainkan pada pikiran. Ya, stres juga memiliki peran cukup besar terhadap kulit.

Ketika kamu stres, hormon korsitol akan meningkat. Hal itu akan mempengaruhi aliran darah ke kulit. Saat aliran darah tidak lancar karena rasa marah, frustasi, kecewa, ia dapat menjadi pembatas antara kamu dan kulit bersinar yang kamu inginkan.

Jika banyak pekerjaan menumpuk dan membuatmu tertekan, sempatkan untuk tetap melakukan refresing. Imbangi dengan hal-hal menyenangkan yang bisa membuatmu bahagia. Seperti berlibur bersama teman dan keluarga atau sekedar ke salon untuk perawatan.

Baca Juga : Kulit Semakin Sehat Dengan Detoksifikasi, Begini Caranya!

5. Tidur yang Cukup

Tidur juga menjadi syarat utama untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah. Saat kamu tidur, sel kulit akan memperbaiki diri dan regenerasi. Jika periode ini dipersingkat atau diubah, sel kulit tidak dapat berproses secara optimal.

Hal ini dapat menyebabkan perubahan peredaran darah, seperti lingkaran mata menjadi gelap, kulit pucat, kering, berisik, perubahan produksi minyak serta pengelupasan kulit. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk tidur minimal 6 jam sehari. Dengan tidur cukup, selain kulit yang sehat, tubuh pun akan lebih bugar dan fresh saat pagi harinya.

6. Hindari Rokok

Kamu pernah mendengar bahwa merokok dapat menyebabkan masalah serius pada kulit? Ini benar, masalah kulit yang disebabkan oleh rokok dapat terjadi dalam jangka panjang maupun pendek.

Zat karsinogenik dalam rokok sangat merugikan integritas dan struktur kulit. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan kolagen, sehingga membuat kulit tampak pucat, dan keriput. Jika kamu tidak menginginkan kulitmu berubah kusam, maka sebaiknya hindari rokok mulai dari sekarang!

7. Menggunakan Masker

Masker merupakan pelengkap dari seluruh ritual kecantikan wajah agar mendapatkan vitamin tambahan. Menggunakan masker secara rutin dapat mengecilkan pori-pori, membersihkan komedo, mengencangkan kulit, sehingga kulit cerah pun bisa kamu dapatkan.

Berbagai macam masker bisa kamu pilih sebagai rangkaian perawatan wajahmu. Masker alami ataupun masker racikan bisa menjadi pilihanmu. Tak perlu khawatir semua masker memiliki manfaat yang sama kok, jadi kamu bisa memilih masker sesuai dengan kondisi kulitmu.

8. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi Untuk Kulit

Selain beberapa cara di atas, memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh juga sangatlah penting. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan akan berdampak baik pada kulitmu, terutama jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan segar sepanjang waktu.

Kurangi minum minuman yang mengandung kafein dan gula. Ganti dengan perbanyak minum air putih dan makanan sayuran hijau ya. Mulai hidup sehat agar kecantikan alami terus terpancar dari dalam dirimu.

Last Updated on June 06, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 June 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya