fbpx

Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

Healthy Skin - Elisabeth - September 12, 2021

Selain dimakan, oatmeal juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan yang baik bagi kulit loh! Apa saja sih manfaat oatmeal untuk kulit?

Kalau selama ini kamu mendengar oatmeal hanya sekedar makanan sehat, sepertinya anggapan itu perlu dibenahi. Ya, selain dimakan, oatmeal juga bisa digunakan sebagai bahan perawatan yang baik bagi kulit. Oatmeal merupakan sereal yang kaya akan serat dan protein tinggi. Selain bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, sereal satu ini juga bisa berfungsi untuk pembersih wajah sekaligus scrub untuk kulit wajah. Bahkan, kandungan fiber dan asam amino di dalamnya mampu menutrisi kulit supaya terlihat lebih cerah dan bersih. Supaya tidak semakin membuatmu penasaran, simak ulasan beberapa manfaat oatmeal yang bisa kamu gunakan setiap hari!

Membersihkan dan Melembapkan Kulit Wajah

Oatmeal bisa digunakan sebagai pembersih alami. Sebab di dalam setiap butir oatmeal mengandung bahan pembersih alami yang disebut dengan sapoin. Sapoin ini dapat menyerap minyak berlebih dan membersihkan pori-pori tanpa meninggalkan bekas luka yang menyebabkan iritasi pada kulit.

Sedangkan dengan pori-pori yang mengecil tentunya kotoran pun tidak akan mudah masuk dan menumpuk kembali. Oat juga dikenal mampu melembapkan wajah secara alami karena mengandung beta-glucan yang bisa menghidrasi kulit dari dalam dan memberikan kelembapan pada kulit.

Caranya, olahlah oat menjadi masker. Siapkan segenggam oat organik, kemudian campurkan dengan air hangat secukupnya. Aduk rata hingga nantinya adonan terlihat seperti bubur. Oleskanlah masker oatmeal tadi pada permukaan wajah sambil melakukan sedikit pijatan, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bersihkan wajah anda dengan air hangat.

Mengencang Pori-pori

Kamu bisa menggunakan kombinasi oatmeal dan yogurt untuk memperoleh pori-pori yang kencang. Kandungan asam pada yogurt bersifat anti bakteri sehingga dapat mecegah pertumbuhan berbagai bakteri jahat penyebab jerawat.

Caranya, campurkan 2 sendok makan oat organik dengan dua sendok makan yogurt. Haluskan hingga berbentuk seperti pasta, kemudian simpan dahulu di dalam lemari es selama 4 sampai 6 jam.

Setelah itu terapkan olahan masker oatmeal ke area wajahmu. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajahmu dengan air hangat. Lakukan perawatan ini minimal 3 minggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terhindar dari ganguan masalah kulit. 

Mengobati Jerawat

Oatmeal juga bisa mengobati jerawat dengan sifatnya yang mampu menyembuhkan luka dan mengaktivasi sel dalam kulit. Oatmeal memang terkenal akan keunggulannya dalam menyerap minyak berlebih. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa minyak berlebih adalah sumber timbulnya jerawat pada kulit.

Mengaplikasikan oatmeal sebagai masker sangat baik untuk mencegah hal itu terjadi. Selain itu, sel-sel kulit matipun jadi mudah terangkat, sehingga kotoran tak mudah menumpuk dan bercampur dengan minyak.

Untuk mengaplikasikannya, rebuslah oatmeal dengan air hingga menjadi lembut seperti bubur. Diamkan sampai dingin, dan oleskan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilaslah hingga bersih.

Tuntaskan masalah jerawat dengan Avoskin Acne Series yang dapat memperbaiki tekstur kulitmu menjadi lebih halus dengan pori-pori wajah yang kian mengecil. Kulit lembap dan cerah seharian pun bisa jadi milikmu sekarang!

Menanggulangi Kulit Kusam dan Kering

Adanya kandungan polisakarida pada oatmeal dapat melindungi kulit dari dehidrasi. Hal ini dapat terlihat saat oatmeal terkena air maka menjadi kenyal seperti agar-agar.

Lagi-lagi, kamu bisa mengolah oatmeal yang dicampur dengan pisang dan susu. Caranya, campurkan oatmeal dengan pisang yang telah dilembutkan kemudian tambahkan susu hangat segar secukupnya.

Aduklah campuran oatmeal, pisang, dan susu secara merata dan lembut. Lalu balurkan pada kulit yang kering dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu jangan lupa untuk membersihkannya dengan air dingin.

Baca Juga : Manfaat Spirulina untuk Cegah Penuaan Dini pada Kulit

Eskfoliasi Alami

Agar proses regenerasi kulit dapat berjalan secara optimal, kamu memerlukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Salah satu cara yang bisa kamu pakai yaitu scrubbing. Namun risiko scrubbing yang terlalu kasar dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Untuk itu, oatmeal bisa menjadi alternatif bahan alami yang nyaman untuk scrubbing. Bulir lembut pada oatmeal ampuh mengangkat sel kulit mati. Kandungan nutrisi dan polisakarida di dalamnya dapat memberikan kelembapan pada kulitmu sehingga kulit bersih dan segar bisa kamu dapatkan.

Menghaluskan Kulit Wajah

Selain ampuh mengangkat sel-sel kulit mati, efek lain dari oatmeal adalah membuat kulit jadi lebih halus dan lembut. Oatmeal mengandung banyak vitamin A, C, dan vitamin B kompleks yang bisa membantu mencerahkan dan menutrisi kulit.

Kandungan polisakarida di dalam oatmeal juga mampu memerangi masalah kulit kusam dan keringmu sehingga oatmeal dapat bekerja sebagai pelindung pada kulit. Jadi, jangan malas untuk rutin mengaplikasikan masker oatmeal, ya!

Melindungi dari Radiasi Sinar UV

Adanya protein yang tinggi dan antioksidan pada oatmeal sangat berguna untuk melindungi kulit. Apalagi ditambah adanya minyak dan lemak yang akan memberikan perlindungan alami terhadap kulit dari racun kimia akibat polusi, kosmetik, ataupun radiasi sinar ultraviolet.

Nah, kamu bisa mengaplikasikan masker oatmeal yang dicampur dengan putih telur dan madu. Caranya mudah, tuangkan 1 sendok makan oat lalu campurkan dengan putih telur dan madu. Tambahkan air hangat agar mudah menyerap. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap 1 minggu sekali agar hasilnya optimal.

Manfaat Oatmeal untuk Mengobati Iritasi Kulit

Terkadang, kulit yang terlalu kering sering mengalami peradangan dan iritasi. Hal-hal tersebut bisa saja terjadi akibat alergi, gatal, atau iritasi akibat terbakar sinar matahari. Oatmeal termasuk obat alami anti inflamasi yang baik untuk menyembuhkan iritasi, inflamasi, gatal-gatal dan juga alergi pada kulit.

Caranya mudah, buatlah bubuk oatmeal dengan cara memblendernya sampai halus. Lalu campurlah bubuk oatmeal tersebut dengan air hangat dan campurkan hingga berbentuk seperti pasta. Oleskan pasta oatmeal tersebut merata ke bagian kulit yang iritasi atau gatal.

Banyak manfaat oatmeal yang dapat kamu rasakan. Yuk, mulai manfaatkan oatmeal mulai dari sekarang!    

Last Updated on September 12, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *