Manfaat Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Membuatnya

0
Diunggah 27 March 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Membuatnya

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata kopi juga bisa kamu jadikan masker wajah loh! Ini beberapa manfaat masker kopi untuk kulitmu.

Ternyata selain dijadikan minuman dengan aroma yang menggoda, kopi bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Bahkan, kopi ini bisa membuat wajah lebih mulus dan cerah. Kamu bisa meracik kopi menjadi masker untuk merawat wajah. Nah, berikut ini ada cara membuat masker kopi beserta manfaat untuk kulitmu.

Baca Juga : 4 Manfaat Konsumsi Brokoli untuk Kesehatan Kulit

Cara Membuat Masker Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah

Tingginya kandungan kafein dalam masker kopi berperan besar pada manfaat untuk kulit. Maka dari itu sebelum membuat masker kopi sendiri, kamu perlu menyiapkan kopi segar, bukan ampas atau kopi instan sachet.

Untuk membuat masker kopi, sebaiknya pilih jenis kopi robusta karena kandungan kafeinnya dua kali lipat lebih banyak dari kopi arabika. Kamu juga bisa mencampur bahan alami lainnya seperti madu, minyak, buah-buahan, dan lainnya. Di bawah ini ada beberapa cara membuat masker kopi untuk mengatasi masalah kulitmu. Berikut adalah cara membuat masker kopi sesuai permasalahan kulitmu.

manfaat masker kopi

1. Cara Membuat Masker Kopi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

manfaat masker kopi
Images: Pexel/polinatankilevitch

Untuk mengangkat sel kulit mati, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi yang benar:

  1. Campurkan dua sendok bubuk kopi. minyak zaitun, dan gula secukupnya
  2. Aduk campuran kopi tersebut sampai mengental.
  3. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar sehingga kulit mati terangkat.
  4. Aplikasikan secara perlahan dan jangan terlalu cepat.
  5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Cara Membuat Masker Kopi dan Air Mawar untuk Kulit Kusam

manfaat masker kopi
Image: Pexel/Lukas

Untuk masalah kulit kusam dan kopi untuk mencerahkan kulit, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi mudah dan benar:

  1. Campurkan kopi dan air mawar
  2. Aduk kopi dan air mawar hingga merata.
  3. Setelah itu aplikasikan ke seluruh wajah
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas dengan air bersih setelah selesai.
  6. Gunakan masker kopi sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah.

3. Cara Membuat Masker Kopi untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Membuat Masker Kopi
Image: Pexel/enginakyurt

Untuk masalah kulit kusam dan kopi untuk mencerahkan kulit, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi mudah dan benar:

  1. Siapkan bubuk kopi dan jeruk nipis.
  2. Peras 2 sendok jeruk nipis dan campurkan ke dalam bubuk kopi
  3. Aduk rata bahan-bahan hingga berbentuk pasta.
  4. Sebelum memakai masker kopi, bersihkan wajah dengan sabun muka.
  5. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit.
  6. Bilas wajah dengan air dan keringkan dengan handuk.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Facial Wajah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

4. Cara Membuat Masker Kopi dan Madu yang Bermanfaat untuk Melembabkan Kulit

Manfaat masker kopi dan madu yaitu terletak pada masing-masing kandungannya dimana kopi dapat mengeksfoliasi kulit secara fisik (physical exfoliation), meredakan kantung mata yang bengkak, dan madu sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melembabkan kulit. Bahkan masker kopi dan madu juga dikenal memiliki manfaat untuk mengurangi keriput karena efek melembabkan kulitnya dan mengurangi flek hitam. Berikut adalah cara membuat masker kopi dan madu :

  1. Sediakan kopi dan madu murni
  2. Campurkan kopi dan madu dengan takaran masing-masing 1 sendok makan
  3. Aduk kedua bahan hingga tercampur merata
  4. Oleskan pada wajah dan tunggu selama 15 menit
  5. Bilas wajah dengan air sambil memijat kulit dengan butiran kopi namun hindari memijat di area mata

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Sebagian besar manfaat kopi didapatkan dari kandungan antioksidan yang tinggi. Kopi bisa menjadi salah satu sumber antioksidan terbaik selain teh hijau. Saat dioleskan pada kulit, kandungan antioksidan dan nutrisi pada kopi akan bekerja pada sel-sel kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi.

manfaat masker kopi

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Hasil studi dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences menyebutkan bahwa kopi bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi efek paparan sinar matahari dan sinar UV pada kulit sehingga risiko terkena kanker kulit akan lebih rendah. Namun, cara terbaik untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari tetaplah menggunakan sunscreen.

2. Mencerahkan Kulit

Penggunaan masker kopi dapat membantu mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan butiran kopi berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati serta membuka pori-pori tersumbat. Kandungan asam dalam kopi ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati lebih jauh sehingga kulit lebih bersih.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah

Pijatan kulit yang kamu lakukan saat mengaplikasikan masker kopi juga akan memperlancar aliran darah ke jaringan kulit. Wajah yang bersih dari sel kulit mati dan aliran darah lancar akan mengurangi garis halus serta membuat wajah lebih cerah.

3. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi membuat wajah lebih cepat berminyak dan memperbesar kemungkinan timbulnya komedo atau jerawat. Masker kopi akan membantu mengatasi permasalahan pori-pori ini. Dengan rutin menggunakan masker kopi, kadar minyak di wajah akan lebih seimbang sehingga komedo dan jerawat akan menjauh.

4. Mengurangi Mata Panda

Saat dioleskan pada kulit, kafein dapat membantu menghilangkan kantung mata atau mata panda. Hal ini disebabkan oleh kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga bengkak di bawah mata secara perlahan. Kafein ini tidak sepenuhnya bisa menghilangkan mata panda apalagi yang disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, kafein bisa membantu mengempiskan bengkak dan mengurangi penggumpalan darah di bawah mata yang menyebabkan mata panda.

5. Merawat Kulit Setelah Terpapar Sinar Matahari

Manfaat masker kopi juga sebagai zat anti-penuaan/ anti aging. Fungsi inilah yang dapat digunakan sebagai alternatif perawatan kulit terbakar setelah terpapar sinar matahari. Kamu cukup menyeduh kopi dengan air dingin (bukan air panas), lalu celupkan kain atau handuk justru lebih baik. Setelah itu usapkan dengan sedikit ditekan pada area wajah hingga wajah terasa rileks dan segar kembali.

6. Perawatan Kulit Berjerawat

Seperti yang mungkin telah kamu ketahui, jerawat dapat disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan iritasi. Kandungan pada kopi memiliki manfaat anti bakteri dan dapat meredakan iritasi sehingga masker kopi bisa menjadi alternatif perawatan alami bagi kamu yang sedang mengalami masalah kulit berjerawat.

7. Manfaat Masker Kopi dan Air Mawar

Selain yang sudah disebutkan di atas bahwa campuran kopi dan air mawar dapat mengatasi kulit kusam hingga mencerahkan kulit, lebih jauh lagi air mawar juga berguna untuk membersihkan kotoran yang menempel pada wajah setelah seharian beraktivitas. Selain itu air mawar juga dipercaya dapat membersihkan pori-pori dari campuran kotoran dan minyak yang menyumbatnya.

8. Manfaat Masker Kopi dan Gula

Gula sering digunakan sebagai campuran dalam skincare. Bentuk fisiknya yang seperti kristal dapat membantu mengangkat kulit mati atau mengeksfoliasi kulit secara fisik. Sebagai catatan, jangan menggunakan gula terlalu banyak karena dapat menyebabkan eksfoliasi berlebih yang akhirnya justru mengiritasi kulitmu.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Ekstrak Kopi Dalam Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin

Efek Memakai Masker Kopi dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Masker kopi ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, kulit yang sensitif tidak dianjurkan menggunakan masker kopi setiap hari. Hal ini dikarenakan dapat memicu iritasi pada kulit. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan satu minggu sekali dan jangan campurkan kopi dengan bahan yang tidak diketahui manfaatnya karena bisa memicu efek samping seperti gatal dan iritasi wajah. Kalau kamu masih bingung dengan kondisi kulitmu, kamu bisa konsultasi dengan dokter agar penggunaan masker kopi tidak menimbulkan masalah serius.

Last Updated on May 31, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 March 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya