Manfaat Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Membuatnya

Healthy Skin - Elisabeth - March 27, 2021

Selain nikmat untuk dikonsumsi, ternyata kopi juga bisa kamu jadikan masker wajah loh! Ini beberapa manfaat masker kopi untuk kulitmu.

Ternyata selain dijadikan minuman dengan aroma yang menggoda, kopi bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Bahkan, kopi ini bisa membuat wajah lebih mulus dan cerah. Kamu bisa meracik kopi menjadi masker untuk merawat wajah. Nah, berikut ini ada cara membuat masker kopi beserta manfaat untuk kulitmu.

Cara Membuat Masker Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah

Tingginya kandungan kafein dalam masker kopi berperan besar pada manfaat untuk kulit. Maka dari itu sebelum membuat masker kopi sendiri, kamu perlu menyiapkan kopi segar, bukan ampas atau kopi instan sachet.

Sebaiknya pilih jenis kopi robusta karena kandungan kafeinnya dua kali lipat lebih banyak dari kopi arabika. Kamu juga bisa menambahlan bahan alami lainnya seperti madu, minyak, buah-buahan, dan lainnya. Di bawah ini ada beberapa cara membuat masker kopi untuk mengatasi masalah kulitmu. Berikut adalah cara membuat masker kopi sesuai permasalahan kulitmu.

Grind coffee close up in hands on background of glass kettle with pour over on scale, flat lay. Preparing for alternative coffee brewing. Hand holding grounded coffee on brown background.

1. Cara Membuat Masker Kopi untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Cara Membuat Masker Kopi
Images: Pexel/polinatankilevitch

Untuk mengangkat sel kulit mati, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi yang benar:

  1. Campurkan dua sendok bubuk kopi. minyak zaitun, dan gula secukupnya
  2. Aduk campuran kopi tersebut sampai mengental.
  3. Aplikasikan pada wajah dengan gerakan memutar sehingga kulit mati terangkat.
  4. Aplikasikan secara perlahan dan jangan terlalu cepat.
  5. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

2. Cara Membuat Masker Kopi untuk Kulit Kusam

Cara Membuat Masker Kopi
Image: Pexel/Lukas

Untuk masalah kulit kusam dan kopi untuk mencerahkan kulit, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi mudah dan benar:

  1. Campurkan kopi dan air mawar
  2. Aduk kopi dan air mawar hingga merata.
  3. Setelah itu aplikasikan ke seluruh wajah
  4. Diamkan selama 30 menit.
  5. Bilas dengan air bersih setelah selesai.
  6. Gunakan masker kopi sebanyak dua kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih cerah.

3. Cara Membuat Masker Kopi untuk Menghilangkan Jerawat

Cara Membuat Masker Kopi
Image: Pexel/enginakyurt

Untuk masalah kulit kusam dan kopi untuk mencerahkan kulit, berikut langkah-langkah cara membuat masker kopi mudah dan benar:

  1. Siapkan bubuk kopi dan jeruk nipis.
  2. Peras 2 sendok jeruk nipis dan campurkan ke dalam bubuk kopi
  3. Aduk rata bahan-bahan hingga berbentuk pasta.
  4. Sebelum memakai masker kopi, bersihkan wajah dengan sabun muka.
  5. Setelah itu, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10 menit.
  6. Bilas wajah dengan air dan keringkan dengan handuk.

Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah

Sebagian besar manfaat kopi didapatkan dari kandungan antioksidan yang tinggi. Kopi bisa menjadi salah satu sumber antioksidan terbaik selain teh hijau. Saat dioleskan pada kulit, kandungan antioksidan dan nutrisi pada kopi akan bekerja pada sel-sel kulit. Berikut ini adalah beberapa manfaat masker kopi.

Cara Membuat Masker Kopi

1. Mengurangi Risiko Kanker Kulit

Hasil studi dalam jurnal Proceeding National Academy of Sciences menyebutkan bahwa kopi bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker kulit. Selain itu, kopi juga dapat mengurangi efek paparan sinar matahari dan sinar UV pada kulit sehingga risiko terkena kanker kulit akan lebih rendah. Namun, cara terbaik untuk melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari tetaplah menggunakan sunscreen.

2. Mencerahkan Kulit

Penggunaan masker kopi dapat membantu mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan butiran kopi berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati serta membuka pori-pori tersumbat. Kandungan asam dalam kopi ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati lebih jauh sehingga kulit lebih bersih.

Pijatan kulit yang kamu lakukan saat mengaplikasikan masker kopi juga akan memperlancar aliran darah ke jaringan kulit. Wajah yang bersih dari sel kulit mati dan aliran darah lancar akan mengurangi garis halus serta membuat wajah lebih cerah.

3. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi membuat wajah lebih cepat berminyak dan memperbesar kemungkinan timbulnya komedo atau jerawat. Masker kopi akan membantu mengatasi permasalahan pori-pori ini. Dengan rutin menggunakan masker kopi, kadar minyak di wajah akan lebih seimbang sehingga komedo dan jerawat akan menjauh.

4. Mengurangi Mata Panda

Saat dioleskan pada kulit, kafein dapat membantu menghilangkan kantung mata atau mata panda. Hal ini disebabkan oleh kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga bengkak di bawah mata secara perlahan. Kafein ini tidak sepenuhnya bisa menghilangkan mata panda apalagi yang disebabkan oleh faktor keturunan. Namun, kafein bisa membantu mengempiskan bengkak dan mengurangi penggumpalan darah di bawah mata yang menyebabkan mata panda.

Efek Memakai Masker Kopi dan Hal Yang Perlu Diperhatikan

Masker kopi ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Namun, kulit yang sensitif tidak dianjurkan menggunakan masker kopi setiap hari. Hal ini dikarenakan dapat memicu iritasi pada kulit. Kalau kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan satu minggu sekali dan jangan campurkan kopi dengan bahan yang tidak diketahui manfaatnya karena bisa memicu efek samping seperti gatal dan iritasi wajah. Kalau kamu masih bingung dengan kondisi kulitmu, kamu bisa konsultasi dengan dokter agar penggunaan masker kopi tidak menimbulkan masalah serius.

Baca Juga : Ini 5 Manfaat Ekstrak Kopi Dalam Intensive Nourishing Eye Cream dari Avoskin

Last Updated on May 3, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *