Manfaat Konsumsi Brokoli untuk Kesehatan Kulit

0
Diunggah 17 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Manfaat Konsumsi Brokoli untuk Kesehatan Kulit

Brokoli adalah sayuran dengan ranking tertinggi dengan kandungan antioksidan yang sangat berguna bagi kulit dan tubuh. Apa sih manfaat brokoli untuk kulit?

Brokoli adalah jenis sayuran yang memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Dikenal dengan kandungan vitamin yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Selain itu, brokoli ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Lalu, apa saja sih manfaat brokoli?

1. Memiliki Zat Antioksidan yang Tinggi

Seperti sayuran lain, brokoli diperkaya mengandung berbagai macam vitamin. Beberapa diantaranya adalah vitamin A atau karotenoid, vitamin E, asam folat dan Vitamin C yang menjadi dominasinya.

Adanya vitamin C sebesar 82,9 mg per 100 gram brokoli dianggap mencukupi kebutuhan vitamin harian yang disarankan untuk tubuh. Hal itu karena fungsi vitamin C sebagai antioksidan berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Dengan vitamin yang cukup, kulit juga akan terhidrasi dengan baik.

Brokoli memiliki komponen antioksidan yang lengkap, yakni vitamin A, C, dan E, sulfur, seng, mangan, dan selenium. Tidah hanya itu, brokoli juga kaya pigmen alami berupa klorofil, beta-karoten dan lutein yang memiliki efektivitas tinggi sebagai antioksidan.

Kinerja antioksidan brokoli semakin meningkat karena di dalam sayuran hijau ini mengandung sulforafran, glucobrassicin, glucoerucin, glucoibcrin, asam -D – glutaric, caffeic acid, dan quercetin. Zat-zat ini memiliki kemampuan melemahkan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit dan tubuh.

2. Berperan Aktif Melindungi Kulit

Bagian batang brokoli mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan berperan melindungi sel kulit dari kerusakan dan mencegah penuaan dini kulit. Dengan begitu, kulit akan lebih kuat menghadapi serangan radikal bebas dan sinar ultraviolet yang berdampak buruk pada kulitmu. Efeknya, kulit akan semakin terhidar dari noda hitam, keriput, dan flek hitam.

Dengan mengkonsumsi brokoli, pastinya kebutuhan antioksidan bagian tubuh akan tercukupi. Namun, untuk hasil yang sempurna, perawatan dari luar juga diperlukan, bukan?

Karenanya, menambah Hydrating Treatment Essence disela-sela aktivitasmu akan menjadikan kulit wajahmu semakin terlindungi sepanjang hari. Dengan kandungan antioksidan yang tinggi ditambah vitamin C, pastinya kulitmu akan tetap terjaga kelembaban dan kesegarannya. Dengan begitu, kulit wajahmu semakin terlihat cerah sempurna.

Baca Juga : Manfaat Masker Kopi untuk Kulit dan Cara Membuatnya

3. Antioksidan Penghadang Kanker

Kerja sama antara vitamin dan mineral yang terdapat pada brokoli, menciptakan hubungan yang sangat serasi dalam menjalankan tugasnya sebagai antioksidan. Beberapa ahli sepakat bahwa pigmen hijau klorofilin yang dikandung brokoli sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker. Termasuk diantaranya, kanker kulit, yang gejalanya seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang.

Biasanya, kanker kulit ditandai dengan gejala munculnya benjolan yang warnanya sedikit berbeda dengan warna kulit asli, bahkan terlihat seperti tompel. Kanker kulit terjadi akibat sel-sel pigmen kulit yang tidak berkembang dengan baik. Adanya antioksidan yang cukup pada tubuh, akan memperlancar perkembangan sel pigmen kulit. Maka dari itu, mengkonsumsinya sebanyak 170 gram/hari atau 1-3 kali dalam seminggu adalah langkah yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang.

4. Hidangkan Secara Mentah Atau Matang

Brokoli bisa dihidangkan dengan cara dimasak atau dipadukan sebagai pelengkap salad. Tak perlu ragu, brokoli menjadi salah satu sayuran yang mudah dikemas dan tahan lama.

Jika ingin memasaknya, langkah yang paling baik adalah dengan dikukus. Tidak dianjurkan untuk menggorengnya dengan minyak. Kalaupun harus ditumis, pastikan jangka waktunya tidak lama, ya! Hal ini bertujuan agar kalori serta seratnya tidak rusak sehingga vitamin di dalamnya tetap terjaga dengan baik.

Begitu banyak manfaat brokoli, tentunya sebanding dengan pengaruh yang dirasakan oleh tubuh. Selain tubuh yang sehat, kulitmu juga akan terhindar dari berbagai macam masalah yang disebabkan oleh radikal bebas. Yuk, mulai hidup sehat dengan makan sayur hari ini!    

Last Updated on November 20, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya