Ini Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

0
Diunggah 12 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Ini Manfaat Daun Belalai Gajah untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

Dianggap bisa cegah kanker, ini manfaat daun belalai gajah yang sebenarnya. Jangan sampai kamu kena disinformasi ya!

Mungkin masih banyak yang belum tahu tentang daun belalai gajah ini. Biasanya daun ini juga disebut daun kalingsir. Nama ilmiah dari daun belalai gajah adalah Clinacanthus nutans (Burm.F.) Lindau, yang tergolong dalam keluarga Acanthaceae. Masyarakat Jawa mengenal tanaman ini dengan nama dandang gendis.

Pernah beredar informasi bahwa daun ini bisa menyembuhkan kanker. Padahal hal ini belum ada penelitian lebih lanjut. Bukti ilmiah untuk mendukung klaim manfaat daun belalai gajah untuk mengobati atau mencegah kanker sampai saat ini masih kurang kuat, oleh karena itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya. Namun, kamu tidak perlu bingung, karena daun ini memiliki beragam manfaat. Berikut ini manfaat daun belalai gajah untuk tubuh.

1. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat daun belalai gajah yang paling utama, yaitu mampu menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Ekstrak kloroform daun belalai gajah mengandung konstituen paling kuat yang mampu menangkal radikal bebas.

2. Mengobati Herpes

Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus herpes. Infeksi virus herpes sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu herpes zoster dan herpes simplex. Manfaat dari daun belalai gajah, yaitu mampu mengobati herpes. Ini bisa dilakukan jika daun belalai dijadikan obat herbal dan dijadikan minuman.

3. Antioksidan yang Kuat

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan di dalam tubuh. Radikal bebas ini yang menyebabkan berbagai penyakit kronis berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Daun belalai gajah berperan sebagai antioksidan kuat yang dapat mengurangi risiko kerusakan sel dan jaringan akibat radikal bebas. berasal dari kandungan petroleum eter, alkaloid, flavonoid dan flavon di dalam daun belalai gajah.

4. Menetralisir Racun

Daun belalai gajah mampu menetralisir racun yang ada dalam tubuh kita. daun belalai gajah tidak mengandung toksik, serta memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Daun ini mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh seperti vitamin dan asam amino. Daun belalai gajah bersifat antiracun, yang artinya mampu menghalangi dan menetralisir penyebaran racun ke dalam saraf. Akhirnya daun belalai gajah ini akan mengurangi efek racun yang berpotensi merusak sel-sel dalam tubuh.

5. Anti Mikroba

Kandungan etil asetat dari daun tanaman Clinacanthus nutans dapat menghambat perkembangan beberapa mikroorganisme, termasuk Bacillus cereus, Escherichia coli, Salmonella enterica Typhimurium, dan Candida albicans, yang semuanya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Flavonoid dan senyawa fenolik di dalam tanaman herbal ini juga dapat bekerja sebagai antibakteri.

Beberapa manfaat daun belalai gajah ini bisa kamu dapatkan melalui minuman atau obat herbal, Sahabat AVO. Meskipun banyak disinformasi yang beredar, daun ini memang memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Last Updated on November 16, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya