Ini 9 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah

0
Diunggah 08 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeHealthy Skin

Ini 9 Manfaat Air Mawar untuk Kulit Wajah

Air mawar sering digunakan untuk merawat kulit wajah. Lalu, apa sih sebenarnya manfaat air mawar untuk kulit wajah?

Air mawar sudah digunakan untuk merawat kecantikan kulit sejak ribuan tahun yang lalu. Sesuai dengan namanya ya, air mawar ini adalah ekstrak penyulingan bunga mawar dalam air. Air mawar ini sudah lama digunakan untuk campuran masker wajah dan sebagai pengharum produk kecantikan. Siapa sangka ternyata air mawar ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Berikut ini adalah 9 manfaat air mawar yang akan kamu dapatkan.

1. Melembapkan Kulit

Air mawar ini bisa digunakan untuk mengembalikan kelembapan alami kulit wajah. Kulit yang kehilangan kelembapan alami atau mengalami dehidrasi dapat menyebabkan efek penuaan dini pada kulit. Jadi, penggunaan air mawar yang ditambahkan pada masker atau krim wajah akan membuat kulit lebih terhidrasi dan glowing. Selain itu, krim pelembap akan lebih mudah diserap oleh kulit sehingga memberi efek hidrasi yang lebih optimal.

2. Menyeimbangkan pH Kulit

Air mawar bisa kamu gunakan sebagai toner untuk menyeimbangkan pH alami kulit. Kulit memiliki pH alam yang cenderung asam yakni 4,5 โ€“ 5,5. Dengan memakai produk perawatan kulit dengan pH yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kulit kering dan keriput. Namun, memakai skincare dengan pH terlalu rendah akan membuat kulit menjadi berminyak dan mudah berjerawat. Jadi, memakai air mawar yang memiliki pH 5,5 yang setara dengan pH akan memberi rasa nyaman di kulit dan aman dari iritasi.

3. Meredakan Iritasi Kulit

Air mawar memiliki efek meredakan peradangan. Karena itu, air mawar bisa digunakan untuk meredakan iritasi kulit. Memiliki kandungan yang dapat menekan produksi enzim elastasi dan kolagenase yang memiliki efek buruk untuk kulit. Tidak heran jika air mawar memberi rasa nyaman pada kulit yang teriritasi dan meredakan kemerahan pada kulit.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Jerawat

Air mawar memiliki sifat antibakteri yang baik untuk mempercepat penyembuhan jerawat dan mencegah jerawat datang kembali. Beberapa studi juga membuktikan bahwa eksrak bungan mawar memiliki aktivitas antibakteri yang efektif melawan S. aureus, mikroba penyebab infeksi kulit. Kandungan dalam air mawar ini juga bisa membersihkan pori-pori kulit dan menyeimbangkan kadar minyak, sehingga baik untuk mencegah komedo dan jerawat.

Baca Juga : Manfaat Oatmeal Untuk Kulit Cerah dan Bebas Jerawat

5. Meredakan Iritasi Kulit

Air mawar memiliki efek meredakan peradangan pada kulit. Tidak heran jika rose water dapat digunakan untuk meredakan iritasi pada kulit. Air mawar memiliki kandungan yang dapat menekan produksi enzim elastase dan kolagenase yang memiliki efek buruk pada kulit. Kamu bisa gunakan air mawar ini untuk memberi rasa nyaman pada kulit yang iritasi dan meredakan kemerahan pada kulit.

6. Berfungsi Sebagai Antioksidan

Kaya akan kandungan antioksidan kuat, air mawar dapat melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Air mawar ini mengandung senyawa fenol dan flavonoid yang terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang kuat. Ekstrak bunga mawar ini dapat melindungi sel fibroblas dari kerusakan yang disebabkan oleh hydrogen peroxide.

7. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Air mawar mengandung zat tanin yang berfungsi untuk mengecilkan pori-pori. Sebuah penelitian menunjukkan air mawar mengandung tanin dengan kadar hingga 2163 ppm. Jadi, pemakaian air mawar yang teratur bisa mengurangi kelebihan minyak pada wajah, sehingga dapat mengurangi jerawat dan komedo, alhasil kulit semakin cerah.

Baca Juga : Mengenal Kandungan Mugwort dan Manfaatnya Bagi Kulit Wajah

8. Berfungsi Sebagai Anti-Aging

Air mawar kaya akan vitamin A dan vitamin C yang memiliki manfaat sebagai komponen anti aging untuk melawan tanda penuaan. Air mawar sangat baik digunakan pada kulit yang mengalami tanda penuaan. Nantinya kulit akan semakin membaik dengan kerutan berkurang dan tekstur kulit merata. Selain itu, air mawar memiliki efek hidrasi yang baik jadi bisa mengatasi kulit sensitif, kering, sekaligus tanda penuaan.

9. Pembersih Wajah yang Lembut

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, kamu tidak bisa sembarangan menggunakan pembersih wajah atau makeup remover karena membuat kulit menjadi kering. Air mawar bisa kamu jadikan alternatif sebagai pembersih wajah yang alami aman dan lembut untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Kamu bisa mencampur air mawar dengan minyak almond untuk membersihkan makeup yang berat.

Beberapa manfaat air mawar di atas bisa kamu jadikan acuan untuk memasukkan produk kecantikan ini ke dalam skincare routine-mu. Kalau kamu ingin menggunakan skincare yang aman dan lembut, kamu bisa coba produk dari Avoskin ya!

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 08 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya