Junk Food Menyebabkan Kulit Berjerawat, Mitos atau Fakta?

Healthy Skin - rustaviani - September 28, 2020

Banyaknya info yang beredar mengenai makanan yang menyebabkan kulit berjerawat terkadang membuat bingung, bukan? Beberapa makanan seperti kacang, cokelat, dan junk food disebut mampu menyebabkan jerawat di kulit wajah. Namun, di kesempatan kali ini junk food akan dibahas lebih jauh lagi. Apakah benar junk food menyebabkan kulit berjerawat? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Junk Food

Junk food mengandung kadar gula yang menjadi salah satu pemicu pembentukan jerawat. Menurut beberapa studi, tubuh akan menyerap makanan dengan kadar gula terlalu tinggi yang berpengaruh pada hormon tubuh.

Tubuh yang banyak mengonsumsi gula akan memicu produksi insulin lebih banyak. Nah, jika insulin diproduksi di luar batas normal, maka produksi androgen akan turut meningkat. Androgen merupakan salah satu pemicu yang membuat hormon menjadi tidak stabil dan mendorong terbentuknya jerawat di wajah.

Junk food yang tinggi gula bisa menjadi kontributor utama untuk pembentukan jerawat. Sebuah studi oleh Danby FW di Dartmouth Medical School di Manchester, menemukan bahwa makanan yang tinggi kadar gula mempromosikan kelebihan produksi serum dan insulin, yang mungkin dapat mengganggu hormon. Hal ini akan mengarah ke ketidakseimbangan hormonal, dan kemungkinan berkontribusi terhadap perkembangan jerawat.

Baca Juga : Kenali 5 Vitamin yang Bermanfaat Untuk Kulit Berjerawat

Kurangi Konsumsi Junk Food

freepik.com

Makanan-makanan berglikemi tinggi ini memang secara tidak langsung menyebabkan munculnya jerawat karena metabolisme berubah sebagai respon dari peningkatan kadar gula darah dan insulin dengan cepat.

Beberapa ahli juga meyakini bahwa menghindari makan junk food dapat mencegah atau setidaknya mengurangi potensi timbulnya jerawat. Makanan yang sehat tidak hanya meningkatkan vitalitas dan ketahanan tubuh tapi juga mencegah timbulnya jerawat lebih banyak.

Jadi, junk food menyebabkan jerawat atau tidak tergantung dengan kondisi kulitmu sendiri. Penyebab jerawat sesungguhnya lebih kompleks dibandingkan dengan konsumsi junk food yang berlebihan. Faktor seperti genetik, stress, hormin, dan umur bisa jadi salah satu penyebabknya. Maka dari itu akan lebih baik kamu ketahui kondisi kulitmu dan tidak berlebihan mengonsumsi junk food.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *