9 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Perubahan Lebih Baik dalam Hidup

Life - Elisabeth - January 1, 2021

Kehidupan adalah proses memperbaiki diri. Jadikan dirimu perempuan menginspirasi dengan melakukan perubahan lebih baik dalam hidup.

Kata siapa berubah menjadi lebih baik itu sulit? Perubahan tidak harus langsung besar-besaran kok. Mulailah dari hal-hal kecil yang kamu lakukan dengan konstan. Perubahan yang baik akan membawamu kepada pribadi yang lebih pandai bersyukur dan bahagia. Nah, berikut ini ada 9 langkah sederhana yang bisa membuat kehidupanmu lebih baik sedikit demi sedikit.

1. Berpikiran Positif

Kalau selama ini kita sering berpikir bahwa kehidupan itu sulit, tidak ada kesempatan dan peluang, tidak mungkin mencapai kesuksesan besar, atau orang-orang kelihatannya semuanya jahat, dan apapun mindset yang bernada negatif yang ada dipikiranmu, maka itu harus buru-buru diganti.

Ganti dengan pemikiran yang baru, bahwa hidup ini adalah anugerah yang indah. Justru dengan masih diberikan kesempatan hidup kamu harus menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat baik untuk dirimu maupun orang di sekitarmu.

2. Tersenyum Apapun Keadaan yang Sedang Menimpamu

Apapun masalah yang sedang kamu hadapi, kamu percaya bahwa ini adalah cara Tuhan menyayangimu. Berusahalah untuk selalu berpikir positif bahwa ada hikmah dibalik masalah yang sedang kamu hadapi.

Jadi, apapun keadaannya, usahakan untuk selalu tersenyum dan ikhlas menjalani kehidupan. Cepat atau lambat, usaha yang kamu lakukan pasti akan membuahkan hasil yang manis. Dengan tersenyum, aura kecantikanmu akan semakin terpancar. Ditambah dengan kepribadian yang menginspirasi, tentu pesona cantik alami akan kamu miliki seutuhnya.

3. Bangun Kebiasaan yang Baik

Kehidupan yang baik dihasilkan dari kebiasaan. Kalau menginginkan hidup yang lebih baik maka ubahlah kebiasaanmu. Bangun kebiasaan positif dan tanyakan pada diri sendiri, kebiasaan-kebiasaan apa yang harusnya kamu  miliki agar hidupmu berubah menjadi lebih baik.

Cari tahu tentang orang-orang sukses dan bahagia, kebiasaan-kebiasaan baik apa yang ada dalam diri mereka. Kemudian mulailah membangun kebiasaan-kebiasaan positif dari sekarang.

4. Tentukan Tujuan yang Spesifik

Selain membangun kebiasaan yang baik, buatlah gagasan tentang perubahan apa yang ingin kamu capai. Tentunya yang masuk akal, ya. Contohnya, jika kamu adalah pribadi yang introvert, coba mulai membuka diri kepada orang lain dengan bergabung dengan teman yang lain.

Ubahlah gagasanmu saat melakukan perubahan menjadi keinginan yang bisa kamu capai dan selaras dengan diri sendiri. Salah satunya dengan berlatih menyapa kepada orang lain yang belum kamu kenal.

5. Membantu Sesama yang Membutuhkan

Sebaik-baiknya manusia adalah ia yang bermanfaat bagi sesama. Ya, salah satu cara agar kehidupanmu lebih baik yakni dengan lebih sering membantu sesama yang membutuhkan. Selain bermanfaat bagi orang lain, dengan membantu sesama kamu akan mendapatkan manfaat luar biasa lainnya.

Dalam sebuah studi oleh United Group Health, 78% orang yang senang membantu sesama dapat menurunkan tingkat stres mereka serta memberikan perasaan lebih tenang dan damai.

Baca Juga : Tips Menghadapi Hari Senin dengan Semangat

6. Selalu Memaafkan

Mungkin banyak kejadian tak mengenakkan yang telah kamu alami. Namun, dengan memiliki sifat mudah memaafkan, hidupmu akan jauh lebih tenang dan bahagia. Orang yang pemaaf tidak hanya merasa lebih positif terhadap seseorang yang menyakiti mereka. Mereka juga lebih mengutamakan kedamaian dan menghargai hubungan, ketimbang mempermasalahkan hal sepele dan menuntut kesempurnaan dari orang lain.

7. Mampu Mengendalikan Diri

Berusahalah untuk mengendalikan kemarahan atau iri hati. Emosi-emosi ini adalah hal yang wajar dalam kehidupan sehari-hari, tetapi kamu akan sulit merasa bahagia jika selalu marah atau iri kepada orang lain. Kamu harus bisa menerima perilaku dan keinginan orang lain jika ingin menumbuhkan cinta kasih kepada diri sendiri dan menjadi orang yang lebih baik.

8. Patuh Kepada Orangtua

Berubah menjadi lebih baik juga bisa dilihat dari bagaimana kamu memperlukan orang tua, lho. Ya, berbakti kepada orang tua tidak hanya sekedar berbuat baik saja, namun juga patuh dan memberikan kebahagiaan untuk orangtuamu. Baik dengan prestasi atau sikap yang arif.

Bakti itu pun bukanlah balasan yang setara jika dibandingkan dengan kebaikan yang telah diberikan orang tua. Namun setidaknya, berbakti sudah dapat menggolongkan dirimu sebagai orang yang bersyukur.

9. Mensyukuri Nikmat yang Telah Tuhan Berikan

Mensyukuri nikmat yang telah diberikan Tuhan adalah salah satu syarat untuk hidup lebih baik. Dengan bersyukur akan membuat kita lebih bahagia. Perasaan kita menjadi lebih enak dan nyaman dengan bersyukur. Bagaimana tidak, pikiran kita akan fokus pada berbagai kebaikan yang kita terima.

Sementara semakin banyak bersyukur maka semakin banyak perasaan positif di dalam dirimu sehingga semakin besar motivasi yang kamu miliki untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Bahkan, bersyukur akan membentuk pola pikir optimis untuk meraih kesuksesan.

Last Updated on January 19, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *