7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum dan Sesudah Berenang

0
Diunggah 13 March 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum dan Sesudah Berenang

Kegiatan berenang memang menyehatkan tubuh, tetapi kamu tetap harus menjaga kulitmu. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah berenang.

Berenang termasuk olahraga yang menyenangkan karena bisa menjadi sarana hiburan sembari menyehatkan tubuh. Seringkali kulit akan mengalami beberapa masalah setelah berenang. Warna kulit menjadi kering, muncul ruam kemeraham hingga kulit menggelap.

Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini agar Kulit Tetap Terhidrasi Selama di Kantor

Nah, untuk menghindari berbagai masalah kulit tersebut, sebelum berenang sebaiknya melakukan persiapan yang dapat melindungi kulit dan juga tubuhmu. Tidak hanya itu, setelah berenangpun ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal. Lalu apa saja hal-hal tadi? Berikut adalah langkah-langkah sebelum berenang:

Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Berenang

Berikut adalah hal yang sebaiknya dilakukan sebelum berenang:

1. Basahi Tubuh Sebelum Berenang

Sebelum berenang sebaiknya membasahi tubuh terlebih dahulu. Langkah pertama sebelum berenang adalah membasuh tubuh dengan menggunakan air bersih terlebih dahulu. Kandungan klorin dalam air kolam renang dapat mengakibatkan iritasi kulit. Hal ini dikarenakan kulit manusia memiliki kemampuan untuk menyerap berbagai zat termasuk zat kimia dari klorin.

Kulit akan mengalami ruam kemerahan atau iritasi jika terlalu lama terkena zat kimia. Membasuh tubuh menggunakan air bersih terlebih dahulu sebelum berenang dapat membantu mengurangi jumlah klorin yang terserap kulit sehingga risiko iritasi kulit lebih rendah.

2. Aplikasikan Tabir Surya Sebelum Berenang

Sebelum berenang sebaiknya kita memakai sunscreen terlebih dahulu. Kulit menggelap adalah salah satu masalah yang biasanya dialami setelah berenang. Biasanya hal itu juga dibarengi dengan masalah sunburn atau kulit terbakar matahari. Agar terhindar dari masalah tersebut, kamu bisa mengaplikasikan tabir surya sebelum berenang.

Kamu juga tidak boleh asal-asalan saat mengaplikasikan tabir surya. Kamu perlu menunggu sekitar 15 menit setelah tabir surya diaplikasikan, hal ini untuk memaksimalkan perlindungan pada kulit sebelum beraktivitas. Selain mencegah kulit terbakar, menggunakan tabir surya sebelum berenang diklaim dapat melapisi kulit untuk mengurangi penyerapan zat klorin.

Baca Juga : Terapkan Metode Mindful Skincare untuk Dapatkan Kulit Sehat Maksimal

3. Lakukan Pemanasan Sebelum Berenang untuk Menghindari Cedera

Disarankan sebelum berenang sebaiknya melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu supaya tidak cedera. Pemenasan dilakukan selama 5 hingga 10 menit dengan melakukan peregangan persendian, gerakan dinamis seperti lari di tempat. Pemanasan sebenarnya tidak hanya disarankan untuk berenang saja namun semua jenis olahraga disarankan untuk dilakukan pemanasan terlebih dahulu.

Berikut termasuk rekomendasi gerakan pemanasan sebelum berenang yang direkomendasikan :

  1. Ayunan bahu melingkar ke depan sebanyak 8x
  2. Ayunan bahu melingkar ke belakang sebanyak 8x
  3. Ayunkan lengan ke atas dan ke bawah sebanyak 8x secara bergantian
  4. Ayunkan lengan ke samping kanan dan kiri sebanyak 8x secara bersamaan
  5. Condongkan tubuh ke depan seperti gerakan membungkuk dan biarkan ujung jari tangan sedikit di atas tanah (posisi kaki harus lurus). Hitung hingga 2ร—8 hitungan
  6. Dengan kaki kanan tetap tegak angkat dan landaskan kaki kiri pada sebuah benda yang tingginya tidak melebihi lutut. Posisikan kaki kiri lurus hingga terasa bagian hamstringmu tertarik. Hitung selama 2ร—8 hitungan
  7. Lakukan gerakan seperti pada point 6 namun dengan posisi kaki bergantian
  8. Tekuk lutut kaki kanan dan tempelkan pada perut. Gunakan kaki kiri untuk menopang kamu berdiri dengan hitungan 2ร—8 kali
  9. Lakukan gerakan point 8 dengan posisi kaki yang bergantian

4. Sebelum dan Sesudah Berenang Sebaiknya Hindari Perut Kosongย 

Olahraga membutuhkan banyak energi, begitu juga dengan berenang. Beberapa menit bahkan hingga berjam-jam di air dan bergerak terus membuat tubuhmu akan mengeluarkan banyak energi. Apabila perut kosong, di akhir waktu berenang kamu akan merasa kelaparan yang justru bisa membuatmu makan berlebihan setelah berenang. Maka dari itu sebenarnya isilah perut baik sebelum dan sesudah berenang.

Makanlah makanan setidaknya untuk sekedar mengisi perut. Jangan terlalu kenyang, karena dapat menganggu kelincahan gerakan renangmu ya.

Hal yang Harus Dilakukan Setelah Berenang

Setelah berenang sebaiknya melakukan beberapa hal berikut:

1. Segera Mandi Setelah Berenang

Jangan pernah menunggu lama hingga badan menjadi kering setelah berenang, kamu harus segera membersihkan diri dengan air bersih. Air kolam mengandung kaporit yang tidak baik untuk kulit, terutama jika sudah terpapar matahari dalam waktu lama.

Maka dari itu, kamu perlu segera mandi setelah berenang. Sebaiknya mandi dengan air dingin dan sabun, lalu bersihkan tubuh dari sisa zat kimia yang menempel di kulit. Kamu juga bisa menenangkan kulit yang terbakar paparan sinar matahari sekaligus mencegah kulit menggelap dengan berendam dalam air dingin selama 15 menit sebelum kulit dibersihkan dengan sabun.

Baca Juga : Konsumsi Jus ini Untuk Menjauhkan Keriput dari Kulitmu

2. Jaga Kelembapan Kulit Setelah Berenang

Kulit akan lebih mudah kering bahkan pecah-pecah saat terlalu lama berendam di dalam air. Kamu harus segera mengaplikasikan body lotion dan pelembap wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit setelah berenang. Pemakaian pelembap ketika kondisi kulit masih lembap berfungsi untuk mengunci minyak alami kulit. Selain menggunakan produk perawatan kulit, kamu juga perlu menghidrasi tubuh dengan mengonsumsi air putih dan hindari minuman berkafein.

3. Lakukan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi kulit untuk menghilangkan belang dan mengatasi kulit yang menggelap. Kamu bisa menggunakan produk eksfoliasi seperti body scrub dan face peeling maksimal 3 kali seminggu. Hal ini untuk mengikis sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi gelap dan kusam. Nah, dengan rutin melakukan eksfoliasi, kulitmu akan kembali pada warna kulit asli.

Beberapa hal di atas bisa kamu lakukan saat ingin berenang. Jangan sampai kulit atau tubuhmu menjadi sakit karena asal-asalan langsung masuk ke dalam kolam renang.

Last Updated on June 17, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 13 March 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya