10 Step Korean Skincare Routine Mudah yang Bisa Kamu Coba

Healthy Skin - rustaviani - August 16, 2020

Supaya wajah terlihat flawless dan glowing, orang-orang Korea punya cara tersendiri untuk merawat wajahnya. Rahasianya, mereka melakukan beberapa step perawatan wajah atau layering skincare yang ampuh menghidrasi kulit sehingga wajah jadi tampak cerah dan glowing. Berikut ini 10 step Korean skincare routine yang harus kamu lakukan supaya terlihat flawless. Yuk, simak!

1. Cleanser

Teknik double cleansing juga dilakukan oleh para wanita Korea. Membersihkan wajah diawali juga oleh mereka dengan mengangkat makeup. Pembersih wajah/cleanser yang digunakan pun bervariasi, ada yang berbahan dasar minyak atau cleansing oil, ada juga yang suka menggunakan cleansing wipes, atau ada juga yang lebih memilih cleansing cream. Ketiganya mampu mengangkat makeup dan kotoran yang menempel pada wajah setelah beraktivitas seharian.

2. Facial Wash

Setelah mengangkat seluruh makeup menggunakan cleansing oil, kamu bisa melanjutkan menggunakan pembersih wajah biasa, tapi para wanita Korea lebih menyukai pembersih wajah dengan berbahan dasar air yang dinilai tak hanya membersihkan wajah secara ringan juga menjadikan kulit wajah tetap lembap sekaligus dewy yang sudah pasti tidak bikin wajah jadi kering.

3. Exfoliation

Tidak cukup hanya sekedar membersihkan wajah, wanita Korea selalu rutin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan bagian yang cukup krusial terlebih bagi kamu yang sering menggunakan riasan yang cukup berat atau terpapar sinar matahari. Melakukan eksfoliasi paling tidak seminggu 2x mampu mengangkat sel kulit mati agar kulit tetap halus dan bersih. Tapi pastikan kamu menggunakan produk yang tepat sesuai kebutuhan kulit agar terhindar dari iritasi ya.

4. Toner

Bisa dikatakan toner merupakan produk kecantikan yang mampu mempersiapkan kulit sebelum menerima produk perawatan lainnya. Biasanya para wanita Korea gemar menggunakan toner dengan menuangkan produk pada telapak tangan lalu menepuk-nepuknya ke seluruh kulit wajah, atau ada juga menggunakan aplikator seperti kapas. Toner juga dipercaya membantu menyeimbangkan pH kulit sehingga nantinya produk kecantikan kamu dapat menyerap lebih baik.

5. Serum

Serum memiliki konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi sehingga ampuh untuk merawat kulit. Tekstur serum umumnya ringan dan mudah menyerap ke dalam kulit. Cara menggunakannya pun mudah, tinggal gunakan 1 – 3 tetes lalu ratakan ke seluruh wajah. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit, karena ada serum untuk mengatasi bekas jerawat, serum untuk melawan tanda-tanda penuaan, sampai serum untuk mengatasi dehidrasi kulit. Kamu tinggal memilih produk yang sesuai dengan kulitmu.

Baca Juga : Ini Urutan Menggunakan Skincare Pagi yang Benar

6. Essence

Essence merupakan salah satu produk yang membantu untuk melembapkan kulit. Bila dibandingkan dengan serum, essence umumnya memiliki konsentrasi yang lebih ringan dan sedikit lebih kental, namun tidak sekental krim pelembap. Namun tekstur essence sendiri memang tergantung dengan kebijakan tiap brand yang membuatnya. Maka sebaiknya gunakan essence setelah serum.

7. Sheet Mask

Jangan heran kalau di Korea mudah sekali ditemukan masker dalam bentuk lembaran atau sheet mask. Baik wanita maupun pria rutin menggunakan sheet mask, bahkan hampir setiap hari. Mereka meluangkan waktu setiap 15-20 menit pada pagi ataupun malam hari.  Sheet mask termasuk sebagai salah satu rutinitas penting karena punya banyak essence yang mampu memberi kelembapan ekstra pada kulit. Kulit terasa lebih lembap dan kenyal dengan pemakaian rutin. Jika sudah selesai, pijat sisa essence hingga menyerap ke seluruh wajah. Bagi kamu yang ingin efek cooling juga bisa menyimpan sheet mask di dalam kulkas sebelumnya.

8. Eye Cream

Lingkaran hitam di bawah mata memang jarang sekali ditemukan pada wanita Korea. Nah, jika kamu ingin terbebas dari dark circles, coba usahakan rutin menggunakan krim mata sedari dini.  Selain dapat merangsang regenerasi kulit, krim mata mampu menjaga kelembapan dan membantu mengencangkan area sekita mata. Ingat, jangan menggosoknya secara berlebihan. Cukup aplikasikan dan tepuk-tepuk pelan dengan menggunakan jari manis.

9. Moisturizer

Selain menggunakan serum, essence, dan sheet mask, moisturizer sudah menjadi hal utama untuk menjaga kelembapan kulit. Kuncinya adalah menyesuaikan pelembap yang kamu gunakan dengan jenis kulit dan aplikasikan setiap pagi dan malam hari, mulai dari bagian wajah hingga bagian kulit leher.

10. Sun Screen

Sebagian besar wanita Korea pantang keluar rumah sebelum menggunakan tabir surya. Entah saat beraktivitas di dalam maupun luar ruangan, bagi mereka tabir surya sangat penting digunakan setiap hari. Rutin menggunakan tabir surya dapat berfungsi sebagai produk anti-aging alami pada wajah. Meskipun SPF merupakan langkah terakhir pada ritual kecantikan Korea, namun produk ini cukup penting dan wajib untuk kulit.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *