Ternyata Ini 5 Penyebab Kulit Kering di Area Sekitar Hidung

Healthy Skin - rustaviani - September 10, 2020

Perubahan hormon dalam tubuh dan keadaan lingkungan di sekitar kita tentunya menyebabkan perubahan kondisi kulit. Berbagai macam reaksi muncul pada kulit, seperti area di sekitar hidung yang menjadi kering bahkan mengelupas. Beberapa orang mungkin menganggap ini bukan masalah yang besar. Namun, bagi kamu yang sering mengalaminya tentu hal ini sangat mengganggu bukan? Lalu, apa sih penyebab kulit kering di area sekitar hidung ini? Simak selengkapnya di bawah ya.

1. Memakai Pelembap Kurang atau Berlebihan

Pelembap memang sangat penting digunakan untuk merawat kulit wajah. Namun, kamu harus memperhatikan konsistensi dari produk tersebut. Jangan asal-asalan mengaplikasikannya, banyaknya produk yang diaplikasikan pada wajah adalah fokus utamanya. Kamu tidak boleh mengaplikasikannya terlalu banyak bahkan sedikit. Sebab, garis halus juga dapat muncul akibat dari pelembap yang diaplikasikan terlalu banyak atau sedikit. Frekuensi pengaplikasian produk harus cukup, maka berhati-hati saat mengaplikasikannya di area hidung.

2. Skincare Menumpuk di Wajah

Produk skincare yang diaplikasikan pada wajah akan sangat mudah untuk terjebak dalam poripori kulit terutama di area sekitar hidung. Formula produk yang kering akan memperparah kondisi kering di sekitar hidung. Produk dengan kandungan aktif seperti retinol dalam jumlah banyak terkadang akan menumpuk dan mengendap pada area tersebut dengan mudah. Hal ini menyebabkan produk menjadi terlalu keras untuk kulit dan memicu alergi yang menyebabkan kulit di sekitar hidung menjadi kering.

3. Eksfoliasi Terlalu Sering

Kulit tidak bisa diberikan sesuatu yang terlalu banyak maupun sedikit. Seperti yang dibahas sebelumnya, eksfoliasi juga tidak boleh dilakukan terlalu sering. Hal ini karena kulit akan menjadi mudah kering, terkelupas, hingga iritasi jika melakukan eksfoliasi terlalu sering.

Baca Juga : Bermasalah dengan Bibir Kering? Ternyata Ini 7 Penyebab Bibir Kering

4. Alergi

Kalau kamu sedang mengalami alergi, area di sekitar hidung akan menjadi lebih kering dari biasanya. Terutama jika reaksi alergi tersebut membuat sering bersin-bersin dan menggosok hidung. Hal ini akan menyebabkan minyak alami di kulit hilang dan menghapus pelembap yang telah kamu aplikasikan sebelumnya. Selain itu, area hidung menjadi kering hingga terlihat kemerahan.

5. Cuaca

Cuaca dingin maupun panas, keduanya menyebabkan kulit menjadi kering khususnya di sekitar hidung. Kondisi yang terjadi pada kulit ketika dua cuaca ekstrim tersebut adalah minyak yang tersembunyi pada hidung dapat menghilangkan perlindungan dari sunscreen yang telah digunakan sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan area hidung menjadi lebih sensitif dari bagian wajah lainnya akan langsung mendapat paparan sinar matahari atau udara dingin. Hal ini dapat membuat kulit di sekitar hidung menjadi kering dan mengelupas.  

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *