Lakukan 6 Hal Ini agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

0
Diunggah 03 January 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLifestyle

Lakukan 6 Hal Ini agar Rambut Tetap Sehat Meski Berhijab

Mengenakan hijab bukan berarti tidak perlu merawat rambut. Nah, ada beberapa tips khusus untuk merawat rambut agar tetap sehat meski berhijab.

Meskipun rambut tertutupi oleh jilbab, urusan merawat rambut harus tetap berjalan! Kebanyakan rambut berhijab cenderung ngalamin kerontokan, gatal-gatal, dan ketombe, karena kondisi rambut yang lembab. Nah, maka dari itu kamu wajib tahu cara merawat rambut agar tetap sehat meski dalam keadaan tertutup. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini untuk mendapat rambut sehat berhijab!

Baca Juga : Perbedaan Smoothing dan Rebonding pada Rambut

1. Keramas Secara Teratur

Setelah melakukan panas-panasan dan melakukan berbagai aktivitas di luar, tentu tak bisa dipungkiri kepala berkeringat dan membuat rambut lepek. Nah, karena rambut berkeringat dalam posisi tertutup, secara otomatis lebih cenderung asam dan lembap. Kalau kamu tidak keramas secara teratur, endapan keringat itu akan berubah menjadi ketombe. Akhirnya kepalamu akan terasa gatal, memang ketombenya tidak terlihat tapi rambut termasuk mahkota wanita. Jadi tidak ada salahnya untuk mencuci rambut secara teratur agar tetap sehat.

2. Pastikan Rambut dalam Keadaan Kering

Pastikan untuk mengeringkan rambut dahulu sebelum menutupinya dengan jilbab. Karena jika rambut tidak kering secara merata lalu ditutup dengan hijab rambut akan lepek. Belum lagi kalau bercampur dengan keringet, pasti baunya bercampur antara bau lepek dan keringet. Tidak hanya bau tidak enak, tapi ketombe dan gatal-gatal akan menyerang kepalamu. Jadi, lebih baik keringkan rambut dahulu sebelum memakai jilbab.

3. Sisir dan Ikat Rambut dengan Rapi

Setelah mengeringkan rambut, jangan lupa sisir sampai rapi dan tidak ada yang kusut sebelum mengikat rambut. Hal ini dilakukan agar sewaktu melepas ikatan rambut, tidak ada yang menyangkut dan berakhir rontok. Sebaiknya jangan ikat rambut terlalu kencang karena menyebabkan pusing. Selain itu mengikat rambut terlalu kencang akan menyebabkan rambut patah dan bercabang.

Baca Juga : Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

4. Pilih Jilbab yang Menyerap Keringat

Memilih jilbab yang mudah menyerap keringat membuat keringat tidak mengendap di kulit kepala dan menimbulkan ketombe. Kamu bisa memilih bahan seperti kaos atau katun sebagai bahan jilbab. Selain itu akan lebih baik menghindari jilbab warna gelap terutama kamu yang sering melakukan kegiatan di bawah matahari. Karena warna gelap lebih cepat menyerap cahaya dan panas matahari.

5. Istirahatkan Rambut

Ketika sudah waktunya melepas jilbab, sebaiknya ikat rambut juga kamu lepaskan agar rambut bisa bernafas. Apalagi sudah seharian rambut diikat dan tidak bernafas. Jadi, melepaskan ikatan rambut akan terasa lebih segar dan mengurangi kelembapan kulit kepala, serta terhindar dari kerontokan.

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan juga harus kamu perhatikan. Kamu harus mengonsumsi makanan yang sehat dan menjauhkan diri dari makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi. Pilihlah makanan yang kaya akan protein, vitamin B6, B12, C dan zat besi agar bisa memberikan nutrisi untuk rambut.Β Β Β 

Last Updated on February 23, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 03 January 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya