Kenali Perbedaan Peptide dan Retinol, Dua Kandungan untuk Anti Aging

0
Diunggah 18 January 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeIngredients

Kenali Perbedaan Peptide dan Retinol, Dua Kandungan untuk Anti Aging

Peptide dan retinol sering digunakan dalam produk skincare anti aging. Sebenarnya apa sih perbedaan peptide dan retinol ini?

Produk skincare memiliki manfaatnya masing-masing. Ada produk yang fokus untuk melembapkan, menghilangkan bekas jerawat, mengencangkan kulit, mengecilkan pori, dan fokus pada anti aging. Untuk skincare anti aging, ada dua kandungan yang pasti sudah dikenal banyak orang yakni peptide dan retinol. Kedua kandungan ini ampuh untuk meremajakan kulit sehingga terlihat awet muda. Namun, kedua kandungan ini berbeda loh. Yuk, simak perbedaan peptide dan retinol di bawah ini.

Mengenal Peptide

Sebelum mengetahui perbedaan kedua kandungan ini, kamu perlu mengetahui peptide itu apa. Peptide ini adalah molekul kimia yang berasal dari pembentukan asam amino.

Rangkaian asam amino lalu bekerja menghasilkan protein yang dibutuhkan kulit. Jika jumlah asam amino yang terbentuk melebihi 50 molekul maka senyawa lain akan mengalami perubahan menjadi protein. Molekul ini juga yang dipakai dalam produk kecantikan yang fokus pada anti aging, sebagai serum atau krim lainnya.

Apa Itu Retinol?

Retinol adalah derivatif atau turunan dari vitamin A yang merangsang sel-sel kulit mati untuk segera berganti sekaligus mempercepat produksi kolagen. Selain itu, retinol juga berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Maka dari itu tidak heran jika kandungan retinol dikenal untuk meremajakan kulit karena sering dimasukkan sebagai salah satu bahan skincare anti aging.

Manfaat Kandungan Peptide dan Retinol

Manfaat peptide dan retinol memang terlihat sama tetapi keduanya memiliki perbedaan fungsi. Peptide ini memiliki manfaat untuk mengatasi masalah penuaan dini karena menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi. Yup, kulit tidak bisa lepas dari yang namanya protein ketika memproduksi kolagen. Kolagen adalah salah satu kunci keremajaan kulit. Selain berhubungan dengan produksi kolagen, peptide ini mampu memproduksi serat elastin yang bisa memelihara kekencangan kulit.

Sedangkan retinol sendiri membantu siklus regenerasi kulit agar lebih cepat sehingga kulit terlihat cerah dan awet muda. Hal ini tidak diragukan lagi karena memang retinol adalah turunan vitamin A yang biasa digunakan untuk pergantian sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

Perbedaan Kandungan Peptide dan Retinol

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari peptide dan retinol, bisa dilihat bahwa kedua kandungan ini memiliki perbedaan dari fungsi dan karakteristik zat. Peptide mengarah pada produksi protein kulit yang dapat meningkatkan kolagen sedangkan retinol mengarah pada regenerasi sel kulit serta mempertahankan elastisitas kulit agar tetap kenyal.

Meskipun memiliki cara kerja yang berbeda, dapat dipastikan bahwa kedua kandungan ini berfungsi sebagai anti aging tetapi jika dipelajari lebih lanjut ada perbedaan spesifik dari proses peremajaan kulit yang dilakukan. Jadi, kamu lebih memilih kandungan yang mana nih? Atau kamu ingin memakai langsung semuanya? Kalau ingin merasakan keduanya sekaligus, kamu bisa coba menggunakan Miraculous Retinol Ampoule dari Avoskin.

Last Updated on June 19, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 18 January 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya