Bermasalah dengan Bibir Kering? Ternyata Ini Penyebab Bibir Kering

0
Diunggah 26 August 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Bermasalah dengan Bibir Kering? Ternyata Ini Penyebab Bibir Kering

Bibir yang kering memang membuat penampilan menjadi tidak maksimal. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Apa sih penyebab bibir kering?

Bibir kering menjadi salah satu hal yang sering dialami oleh banyak orang terutama perempuan. Tidak hanya mengganggu penampilan, bibir kering juga membuat lipstik susah menampel pada bibir. Lalu, apa saja sih penyebab bibir kering? Yuk, simak!

Penyebab Bibir Kering

1. Terlalu Lama Berada di Ruangan ber-AC

Udara yang dingin atau terlalu lama berada di ruangan ber AC juga membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Maka dari itu, pelembap bibir harus selalu kamu bawa ke mana saja.

2. Badan Kurang Sehat

Keadaan tubuh yang kurang sehat misalnya sedang demam juga menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kering. Selalu jaga kesehatanmu ya!

3. Konsumsi Garam Berlebihan

Garam mengikat cairan yang terdapat dalam tubuh maka tubuh akan dehidrasi sehingga bibir menjadi kering. Maka dari itu sebaiknya batasi konsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi seperti junk food dan makanan instan lainnya. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur agar tubuh terhidrasi dengan baik.

4. Kurang Minum Air Putih

Kondisi tubuh yang sedang dalam keadaan dehidrasi bisa ditandai dengan bibir kering. Maka dari itu, penting untuk selalu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air paling tidak delapan gelas per hari.

5. Sering Menjilat Bibir

Kebiasaan sering menjilat bibir ternyata perlu segera dihentikan. Hal ini disebabkan karena secara tidak langsung menjilat bibir akan menghilangkan kelembapan alami, sehingga bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

6. Tidak Cocok dengan Formula Lipstik

Kamu sering menggunakan lip cream dan bibirmu langsung terasa kaku dan kering? Ternyata bisa jadi kandungan di dalam lipstik ini tidak cocok dengan bibirmu. Untuk mencegahnya selalu gunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik ke bibirmu.

7. Tidak Menggunakan Lip Balm

Bibir juga membutuhkan tambahan pelembap dari luar sama seperti kulit wajah dan tubuh. Agar bibirmu selalu lembap, pastikan untuk menggunakan lip balm sebelum tidur dan sebelum mengaplikasikan lipstik. Pilihlah produk yang mengandung SPF agar bibir terlindungi dari pengaruh buruk sinar matahari.

Baca Juga : Kulit di Sekitar Bibir Kering? Ikuti 5 Cara Ini Untuk Mengatasinya

Cara Mengatasi Bibir Kering

Untuk mencegah serta mengatasi bibir kering, ada cara untuk menjaga kesehatan bibir yang berbeda dengan perawatan kulit di bagian tubuh lainnya.

1. Gunakan Petroleum Jelly

Petroleum jelly ini dapat dioleskan pada permukaan kulit dan bermanfaat melindungi kadar cairan pada permukaan kulit. Hal ini akan membuat kulit terjaga kelembapannya sekaligus membantu proses penyembuhan jika terjadi luka pada kulit. Kamu cukup oleskan petroleum jelly pada bibir secara teratur.

2. Gunakan Pelembap Bibir

Untuk mencegah efek paparan sinar matahari yang membuat kulit bibir menjadi kering dan mengelupas, kamu bisa menggunakan pelembap bibir yang mengandung tabir surya setiap beraktivitas di luar ruangan.

3. Hindari Mengelupas Bibir

Kalau bibir tampak mengelupas, hindari menarik kulit yang mengelupas karena hal ini bisa membuat berdarah. Kamu bisa menggunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Aplikasikan di bibir menggunakan jari lalu gosok dengan lembut, dan gunakan pelembap bibir setelahnya.

Itu dia penyebab bibir kering yang biasa kamu lakukan. Setelah mengetahui hal tersebut pastikan untuk menghindarinya agar bibir selalu lembap dan lakukan perawatan agar bibir tidak lagi kering ya!

Last Updated on March 15, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 August 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya