Penyebab Bibir Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

0
Diunggah 05 November 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Penyebab Bibir Gatal dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Penyebab bibir gatal ada beragam dan perlu kamu ketahui agar bisa mengatasi bibir gatal dengan tepat.

Bibir gatal sering membuat perasaan jadi kesal ya. Gatal di bibir ini bisa dialami oleh siapa saja dan bisa terjadi secara tiba-tiba. Perasaan tidak nyaman akan muncul ketika bibir terasa gatal. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab bibir gatal dan cara mengatasi bibir gatal.

Penyebab Bibir Gatal

Penyebab bibir gatal ada beragam, seperti kondisi bibir yang kering, reaksi alergi, infeksi, hingga cedera bibir. Gatal di bibir juga bisa jadi pertanda adanya kondisi medis tertentu yang sedang kamu alami.

Untuk lebih lengkapnya, ini ada beberapa penyebab bibir gatal yang dialami oleh tubuh.

1. Cuaca Ekstrim

Bibir bisa terasa gatal jika kamu tinggal atau berada di lokasi dengan cuaca yang ekstrem, seperti sangat panas, berangin kencang, atau sangat dingin, untuk waktu yang cukup lama.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan lip balm. Pilihlah lip balm yang mengandung tabir surya, karena bermanfaat untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Selain itu, perbanyak minum air putih dan gunakan masker ketika berada di luar ruangan.

2. Bibir Kering

Salah satu hal yang sering menyebabkan bibir terasa gatal adalah bibir kering. Bibir yang pecah-pecah dan kering terkadang membuat permukaannya terasa gatal. Ada beberapa hal yang membuat bibir kering, dari mulai kurang minum, tidak adanya kelenjar minyak di bibir, hingga cuaca yang terlalu panas.

Jika rasa gatal yang disebabkan karena bibir kering cukup parah, kamu hanya perlu melembapkan bibir kembali. Beberapa caranya yaitu minum cukup air, menggunakan pelembap bibir, dan tidak membasahi bibir dengan air liur.

3. Infeksi

Bibir bisa mengalami gatal saat bakteri, virus, atau jamur tertentu masuk dan menginfeksi. Virus herpes simpleks, jamur Candida albicans yang berlebih, serta bakteri Streptococcus dan Staphylococcus menjadi organisme yang paling sering membuat bibir terasa gatal.

Cara mengatasi infeksi biasanya berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Jika penyebabnya berasal dari bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Jika penyebabnya virus atau jamur, dokter akan memberi obat antivirus dan antijamur yang sesuai. Setelah gejala infeksinya mereda, rasa gatal perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

4. Cheilitis Kontak Alergi

Cheilitis kontak alergi adalah peradangan pada kulit bibir akibat kontak dengan zat pemicu alergi. Kondisi ini termasuk dermatitis kontak, biasanya ditandai dengan bibir yang gatal-gatal dan meradang. Pemicu kondisi ini biasanya disebabkan oleh lipstik, tabir surya, pasta gigi, obat kumur, dan obat-obatan.. Selain itu, makanan yang mengandung pengawet, wewangian, dan perasa buatan juga bisa menjadi penyebabnya.

Biasanya, cheilitis kontak alergi membuat bibir terlihat bengkak dan memiliki bercak kulit yang bersisik. Jika kamu mengalami hal ini, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

5. Alergi dan Iritasi

Penyebab bibir gatal lainnya adalah reaksi alergi dan iritasi akibat konsumsi makanan atau obat-obatan tertentu, penggunaan pewarna bibir atau obat kumur, serta kebiasaan menggigit bibir.

Tidak hanya membuat bibir bibir terasa gatal, reaksi alergi juga dapat menyebabkan bibir menjadi bengkak. Kondisi bibir gatal akibat alergi dan iritasi bisa diatasi dengan obat resep dari dokter. Segera konsultasi dengan dokter jika dirasa kondisi bibirmu semakin parah.

Selain itu, kamu juga bisa meredakan reaksi alergi dengan cara mengompres bibir menggunakan handuk yang dibasahi air dingin, serta mengoleskan petroleum jelly untuk membantu melembapkan bibir.

Waktu Harus Menemui Dokter

Sebaiknya, segera berkonsultasi ke dokter jika mengalami salah satu atau beberapa gejala berikut ini.

  • Ruam yang tiba-tiba muncul dan menyebar dari bibir ke seluruh wajah.
  • Perdarahan tanpa henti pada bibir.
  • Bibir membengkak dengan sangat cepat.
  • Sulit bernapas.

Jika rasa gatal ini semakin tak tertahankan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter karena hal ini mungkin menandakan reaksi alergi yang parah. Dokter dapat memberikan penanganan terhadap alergi yang dialami.

Cara Mencegah Bibir Gatal agar Tidak Muncul Lagi

Setelah mengobati bibir gatal dengan cara yang tepat, kamu juga perlu melakukan tindakan pencegahan agar hal ini tidak terjadi lagi.

  • Selalu jaga kebersihan wajah dan mulut dengan baik.
  • Pilih produk pelembap bibir dari bahan alami yang bebas alergen.
  • Keringkan wajah dengan menepuk-nepuk perlahan, hindari menggosok wajah.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
  • Minum air dan istirahat yang cukup setiap hari.

Last Updated on November 09, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 05 November 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya