Mengenal Circular Beauty, Mengolah Sampah Menjadi Skincare

0
Diunggah 21 January 2023

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSustainable Living

Mengenal Circular Beauty, Mengolah Sampah Menjadi Skincare

Ada istilah baru yakni circular beauty yang masih jarang diketahui banyak orang. Yuk, mengenal circular beauty ini!

Kamu hobi mengonsumsi buah lalu kulit dan bijinya dibuang begitu saja lalu menjadi sampah? Memang sampah makanan ini termasuk sampah organik jadi mudah terurai tetapi faktanya ada lebih dari 100juta ton sampah makanan setiap tahunnya yang menjadi masalah. Hal inilah yang membuat gagasan circular beauty muncul. Yuk, mengenal circular beauty dan dampaknya untuk lingkungan.

Apa Itu Circular Beauty?

Circular beauty adalah gerakan yang bertujuan untuk mengolah sampah makanan menjadi produk kecantikan yang lebih ramah lingkungan. Sampah makanan yang digunakan adalah buah atau sayur yang tidak layak jual di supermarket, sisa gilingan kopi dari kafe atau coffee shop, sisa buah dari restoran atau tempat jus, hingga kelopak bunga dari tukang bunga. Brand kecantikan yang mengusung circular beauty juga mengemas produknya dengan kemasan ramah lingkungan, menerima produk untuk didaur ulang dan beberapa menawarkan jasa isi ulang dengan kemasan yang sama.

Manfaat Circular Beauty

Circular beauty memiliki beberapa manfaat yang sangat penting, diantaranya:

  1. Mengurangi sampah makanan: Dengan mengolah sampah makanan menjadi produk kecantikan, maka sampah makanan yang sebelumnya akan dibuang akan dapat digunakan kembali dan mengurangi sampah yang ada di lingkungan.
  2. Ramah lingkungan: Circular beauty mengusung konsep ramah lingkungan, sehingga produk yang dihasilkan juga ramah lingkungan dan tidak merusak lingkungan.
  3. Ekonomi: Dengan mengolah sampah makanan menjadi produk kecantikan, maka akan meningkatkan pendapatan bagi para pengolah sampah makanan.
  4. Menjaga kesehatan: dengan mengolah sampah makanan menjadi produk kecantikan, maka produk yang dihasilkan akan lebih sehat dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit.
  5. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan sampah dan lingkungan : circular beauty meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah dan lingkungan.

Cara Melakukan Circular Beauty

Kamu bisa melakukan circular beauty sendiri tidak harus mengikuti brand tertentu. Kamu bisa ikuti beberapa cara di bawah ini, Sahabat AVO!

  1. Menggunakan produk-produk yang dapat digunakan ulang atau daur ulang, seperti produk kosmetik yang dikemas dalam wadah yang dapat digunakan kembali.
  2. Menggunakan produk-produk yang dibuat dari bahan-bahan alami atau ramah lingkungan.
  3. Menghindari produk-produk yang mengandung bahan-bahan yang merusak lingkungan.
  4. Mengurangi konsumsi produk-produk kosmetik dan menggunakan produk-produk yang lebih sederhana.
  5. Menjual atau menukar produk-produk yang tidak Anda gunakan lagi.
  6. Membeli produk-produk bekas atau dari brand yang peduli akan lingkungan.
  7. Membuat produk kosmetik sendiri dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
  8. Memperhatikan proses produksi dari brand yang anda beli, apakah memenuhi standar lingkungan yang baik.

Last Updated on January 28, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 21 January 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya