Mengenal Ashy Skin, Kulit Kering Putih Keabuan yang Kurang Kelembapan

0
Diunggah 02 January 2023

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeBody Fit

Mengenal Ashy Skin, Kulit Kering Putih Keabuan yang Kurang Kelembapan

Kulit kering putih keabuan sedang kamu alami? Yuk, mengenal ashy skin, kondisi kulit yang kurang kelembapan ini!

Kamu pernah mengalami atau mendengar situasi kulit kering putih keabuan? Tampilan kulit yang keabu-abuan tersebut biasa disebut sebagai ashy skin dan terjadi karena kulit kering. Mau tahu lebih banyak seputar ashy skin? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Ashy Skin?

Ashy skin atau kulit kering adalah kondisi di mana kulit terlihat kusam dan tidak sehat karena kekurangan air atau kelembapan. Ini biasanya disebabkan oleh faktor-faktor seperti cuaca yang kering dan dingin, mandi dengan air panas yang terlalu sering, atau menggunakan sabun yang terlalu kering. Ashy skin juga dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan seperti diabetes, penyakit tiroid, atau penyakit kulit seperti dermatitis. Beberapa hal lain yang menyebabkan ashy skin adalah:

  • Dehidrasi: Jika tubuh kekurangan cairan, kulit akan terlihat kering dan terasa kasar.
  • Cuaca: Udara panas dan kering atau udara dingin dan kering dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  • Pemakaian produk perawatan kulit yang tidak sesuai: Menggunakan produk yang mengandung alkohol tinggi atau produk yang terlalu kuat untuk kulitmu dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan terasa kasar.
  • Usia: Selama proses penuaan, produksi minyak alami kulit berkurang, sehingga kulit menjadi lebih kering.
  • Kondisi kesehatan: Beberapa penyakit atau kondisi medis, seperti diabetes, hipotiroidisme, dan sindrom Sjogren, dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Ciri-Ciri Ashy Skin

Kondisi ashy skin biasanya disertai dengan tampilan kulit yang terlihat keputihan atau keabu-abuan, terasa kasar atau bergelombang saat disentuh, dan memiliki garis tipis dan retak, terutama di bagian lutut atau siku.Ashy skin bisa disertai dengan beberapa masalah kulit lainnya yang tidak hanya terbatas pada kulit yang terlihat kering saja. Masalah kulit lainnya yang mungkin terjadi bersamaan dengan ashy skin adalah:

  • Gatal-gatal: Kulit yang kering dapat terasa gatal-gatal karena iritasi.
  • Berdarah atau mengelupas: Jika kulit terlalu kering, bisa saja terjadi pecah-pecah kecil atau retak yang dapat menyebabkan kulit berdarah atau mengelupas.
  • Terasa sakit: Jika masalah kulit terasa sakit saat disentuh atau dipakai baju, maka itu bisa menjadi tanda kulit terlalu kering.

Cara Mengatasi Ashy Skin

Ashy skin, atau kulit keabu-abuan, terjadi karena kulit kering yang parah. Hal ini bisa terjadi akibat cuaca yang kering dan dingin, atau karena faktor internal seperti dehidrasi atau kondisi kulit yang sudah kering secara alami. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ashy skin, diantaranya:

  1. Gunakan pelembab yang tepat: Pastikan untuk memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda, terutama jika Anda memiliki kulit yang sangat kering. Carilah pelembab yang mengandung bahan-bahan seperti glycerin, hyaluronic acid, dan ceramides yang akan membantu menjaga kelembaban kulit Anda.
  2. Minum cukup air: Dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan keabu-abuan. Pastikan untuk minum cukup air sepanjang hari untuk menjaga kulit terhidrasi.
  3. Hindari mandi dengan air panas: Air panas dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering, jadi lebih baik mandi dengan air hangat atau dingin. Setelah mandi, segera keringkan kulit Anda dengan handuk dan aplikasikan pelembab sesegera mungkin untuk membantu menjaga kelembaban kulit.
  4. Gunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA) atau beta hydroxy acid (BHA): Kedua jenis asam ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit terlihat kusam dan kering.
  5. Bersikap hati-hati dengan produk skincare: Pastikan untuk membaca label produk skincare sebelum menggunakannya, dan hindari produk yang mengandung alcohol dan pembersih yang terlalu kuat. Kedua bahan tersebut dapat menyebabkan kulit menjadi lebih kering.
  6. Gunakan serum: Serum mengandung konsentrasi yang lebih tinggi dari bahan aktif yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Gunakan serum setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

Last Updated on January 05, 2023

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 02 January 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya