Ini Masalah Kulit Pria dan Cara Mengatasinya

0
Diunggah 01 November 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ini Masalah Kulit Pria dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya wanita yang memiliki masalah kulit. Masalah kulit pria juga ada beragam jika tidak rutin merawat kulit. Bagaimana cara mengatasinya sih?

Sama seperti wanita, pria juga memiliki masalah kulit terutama wajah. Namun, kebanyakan pria cenderung mengabaikan masalah kulit ini sampai kondisi kulit semakin parah. Jadi, tidak ada salahnya pria juga memerhatikan kesehatan kulit. Karena kulit menjadi pertahanan pertama yang melindungimu dari hal berbahaya bagi tubuh. Yuk, simak beberapa masalah kulit pria dan cara menanganinya di bawah ini.

Baca Juga : Ketahui Basic Skincare Pria di Sini

1. Jerawat

Banyak yang beranggapan bahwa masalah jerawat ini akan berhenti atau hilang setelah melewati masa pubertas. Padahal, masalah jerawat bisa datang kapanpun dan pada siapapun tergantung kondisi kulit. Jerawat pada pria juga disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang memproduksi minyak sehingga pori-pori tersumbat. Akibatnya, kondisi ini memicu pertumbuhan bakteri dan menimbulkan jerawat pada wajah pria.

Cara menghilangkan jerawat pada pria ini hampir sama dengan wanita. Pertama kamu harus memilih pembersih muka yang cocok dengan kondisi kulit dan rutin mencuci wajah dua kali sehari. Gunakan handuk atau waslap yang lembut. Kamu juga bisa memakai obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida, retinol, atau asam salisilat. Jika kamu sudah mencoba perawatan selama 4-8 minggu dan tidak ada perubahan, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.

2. Kerutan atau Keriput

Seiring dengan bertambahnya usia, tentunya kerutan di wajah akan semakin banyak. Hal ini tidak bisa dihindari oleh pria maupun wanita karena disebabkan oleh faktor penuaan dan beberapa faktor lainnya seperti terlalu serinng terpapar sinar matahari, meroko, penurunan berat badan secara tiba-tiba, ekspresi wajah yang memengaruhi kerutan pada dahi, mulut, dan sudut mata karena adanya kontraksi otot kecil pada wajah.

Mencegah kerutan di wajah tidak bisa dilakukan karena hal ini wajah terjadi. Namun, kamu bisa mengurangi kerutan dengan melakukan beberapa hal seperti berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok. Selain itu, kamu juga bisa melindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen dan mengoleskan pelembap kulit setiap malam sebelum tidur.

3. Razor Burn

Masalah kulit lain yang sering dialami oleh pria adalah razor burn. Razor burn adalah iritasi yang sering terjadi pada pria setelah mencukur jenggot. Iritasi pada kulit ini terjadi akibat beberapa hal seperti pisau cukur yang tumpul sehingga menyebabkan dermatitis kontak. Selain itu, mencukur terlalu dekat akan menimbulkan banyak gesekan pada wajah dan penggunaan krim, gel, atau losion cukur dengan kandungan bahan kimia bisa membuat kulit semakin sensitif.

Untuk mengatasi masalah kulit ini, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti menggunakan krim atau losion cukur tanpa pewangi. Kamu juga memilih pisau cukur dengan jumlah pisau 4-5 agar iritasi cepat hilang dan bercukur ke arah bawah. Selain itu, mengoleskan krim atau losion kortison yang mengandung lidah buaya dan vitamin E untuk menenangkan kulit.

Baca Juga : Perbedaan Kulit Wanita dan Pria yang Perlu Kamu Ketahui

4. Wajah Terkena Sunburn

Banyak pria yang menganggap enteng kondisi kulit yang memerah karena terbakar matahari. Kondisi ini bisa menjadi pertanda bahwa DNA di kulit telah rusak. Selain itu, wajah yang terbakar paparan sinar matahari juga meningkatkan risiko kanker kulit. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen ketika keluar dari ruangan agar kulit terlindungi.

Jika kamu sudah mengalami sunburn di wajah, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa hal ini. Kamu bisa mengoleskan krim yang memiliki kandungan vitamin E pada kulit dua kali sehari untuk mengembalikan kesehatan wajah. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa konsumsi suplemen vitamin E.

5. Mata Panda

Mata panda atau lingkaran hitam yang muncul di sekitar mata ini menjadi masalah semua orang. Hal ini mudah terjadi pada pria yang sering begadang. Sebenarnya masalah mata panda ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yakni penuaan kulit, kurang tidur, faktor keturunan, dan terkena paparan sinar matahari. Hal ini membuat kulit menjadi lebih tipis dan mengurangi kadar kolagen pada kulit. Alhasil, pembuluh darah di bawah mata menjadi lebih terlihat dan kulit area tersebut tampak lebih gelap. Faktor stres dan kurang makanan bernutrisi juga membuat kondisi mata panda semakin parah.

Untuk mengatasi mata panda pada pria, kamu bisa menambah asupan buah dan sayur dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang bisa mengurangi lingkaran hitam. Selain itu, kamu juga harus rutin berolahraga dan melakukan perawatan kulit bisa di dokter atau klinik kecantikan.

Last Updated on March 22, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 01 November 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya