Sering Dilewatkan, Ini 7 Manfaat Sarapan di Pagi Hari

0
Diunggah 27 February 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeLifestyle

Sering Dilewatkan, Ini 7 Manfaat Sarapan di Pagi Hari

Banyak orang sering melewatkan sarapan karena tidak punya cukup waktu. Padahal ada banyak manfaat sarapan pagi. Apa saja sih manfaatnya?

Banyak orang yang melewatkan sarapan karena terburu-buru atau tidak punya waktu untuk sarapan. Padahal, sarapan merupakan keharusan karena tubuh membutuhkannya. Sarapan bergizi penting untuk kesehatan dan mengontrol berat badan. Dengan sarapan, kamu dapat merasakan perbedaan besar pada kesehatan, suasana hati, dan penampilan. Nah, berikut ini manfaat sarapan pagi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Orang yang melewatkan sarapan cenderung makan terlalu banyak saat siang hari. Makan yang berlebihan ini adalah penyebab utama kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi akan timbul dari makan yang berlebihan. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang rutin sarapan di pagi hari memiliki kemungkinan terkena serangan jantung lebih rendah daripada yang tidak.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Biasanya orang yang melewatkan sarapan akan cenderung makan lebih besar dan kurang bergizi yang dapat meningkatkan kadar insulin yang buruk. Menurut penelitian, orang yang tidak makan di pagi hari memiliki risiko 21 persen lebih tinggi terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang rutin sarapan.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Dengan sarapan di pagi hari, kadar glukosa dan karbohidrat esensial yang dibutuhkan otak akan berfungsi dengan baik. Sarapan dapat meningkatkan memori dan tingkat konsentrasi serta membuat perasaan lebih bahagia. Hal ini dikarenakan sarapan dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres.

4. Meningkatkan Kinerja Otak

Sarapan di pagi hari bermanfaat dalam membuatmu tetap fokus. Otak akan menyukai energi yang diekstrak dari makanan. Hanya dengan mengonsumsi semangkuk bubur gandum di pagi hari saja dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan, ada penelitian yang membuktikan orang yang mengonsumsi gandum untuk sarapan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk menghafal dan menyerap informasi.

Baca Juga : Ternyata 5 Makanan Ini Mampu Mengatasi Masalah Kulit Kering

5. Memberi Energi pada Tubuh

Tubuh membutuhkan energi untuk berfungsi dan energi itu berasal dari makanan. Dengan sarapan di pagi hari, kamu sudah memberi tubuh bahan bakar untuk bekerja dan membuat lebih bersemangat untuk beraktivitas.

6. Sarapan Kaya Protein dan Serat Membuat Kenyang Lebih Lama

Sarapan tinggi protein seperti telur dadar atau yogurt dapat membuat kenyang lebih lama. Selain itu, sarapan kaya protein dapat mencegah makan terlalu banyak di siang hari.

7. Mengurangi Berat Badan

Penelitian menjelaskan bahwa ada dua kelompok pendistribusian makanan yang berbeda. Kelompok pertama adalah orang yang mengonsumsi lebih banyak kalori di pagi hari dan lebih sedikit di siang dan malam hari akan kehilangan rata-rata 17,8 pound selama tiga bulan. Kelompok lainnya adalah makan lebih sedikit di pagi hari dan lebih banyak pada siang dan malam hari kehilangan berat badan rata-rata hanya 7,3 pound.ย ย 

Ternyata banyak juga ya manfaat yang didapatkan dari rutin sarapan pagi. Demi menjaga kesehatanmu kini hingga masa tua nanti, jangan pernah lewatkan sarapan lagi ya, Sahabat AVO!

Last Updated on March 03, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 27 February 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya