6 Wisata Jogja Terhits Dekat Malioboro, Bisa Jalan Kaki!

0
Diunggah 17 May 2024
LikeTravel

6 Wisata Jogja Terhits Dekat Malioboro, Bisa Jalan Kaki!

Liburan semester kuliah datang sebentar lagi? Salah satu ide terbaik untuk menghabiskan liburan semester kuliah adalah dengan wisata ke Jogja dan pergi ke tempat terhits dekat Malioboro.

Kamu bisa memilih Malioboro sebagai destinasi wisata yang dikunjungi karena area ini memiliki tata kota yang memudahkan wisatawannya untuk menjelajah satu tempat ke tempat lain dengan berdekatan. 

Kalau kamu sudah masuk ke area perbelanjaan Malioboro dan ingin eksplorasi, maka ada tempat-tempat hits lain yang berdekatan bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Yuk kita simak wisata Jogja terhits dekat Malioboro yang bisa ditempuh dengan jalan kaki!

1. Titik Nol Kilometer Jogja

lokasi-wisata-Jogja-terhits-dekat-Malioboro
source :juvmom.com

Wisata Jogja terhits dekat Malioboro selanjutnya adalah Titik Nol. Titik Nol Kilometer merupakan area tempat berdirinya bangunan-bangunan bersejarah namun masih berdiri megah. Misalnya, Gedung BNI 46, Kantor Pos, dan Gedung Agung.

Wisata ini dinamai Titik Nol bukan tanpa alasan. Lokasi ini menjadi titik wisatawan biasanya berkumpul untuk duduk santai sekedar mengobrol dan menghabiskan waktu. Nol adalah ujung dari jalan yang mengarah kepadanya.

2. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo masih berdekatan dengan Malioboro. Bahkan bisa diakses dengan jalan kaki. Pasar ini menjadi salah satu pasar tradisional tertua di Jogja. Bahkan sejak berdirinya Keraton Yogyakarta, pasar ini sudah menjadi pusat perekonomian warga sekitar nya. 

Hingga hari ini pasar masih berdiri sebagai pusat aktivitas serta menjadi wisata Jogja yang wajib dikunjungi. Kamu bisa menemukan hampir semuanya yang kamu cari dengan harga ekonomis dan tentu masih bisa ditawar. 

3. Benteng Vredeburg

Setelah wisata ke pasar Beringharjo, jalan kaki kemana lagi? Sekitar 200 meter dari Pasar Beringharjo ada wisata Joga Terhits bernama Benteng Vredeburg yang merupakan bangunan historis masa Belanda. 

Dulu, ketika Belanda ada di kota Jogja, benteng ini digunakan untuk mengontrol segala aktivitas Keraton Yogyakarta. Bangunanya kokoh dan penuh dengan ruang-ruang kordinasi Belanda yang sampai sekarang masih dirawat mempertahankan bentuk aslinya. Pergi menuju Benteng Vredeburg akan memanjakanmu dengan pengalaman berkunjung ke sebuah museum. 

Apabila berjalan kaki masuk ke Beringharjo itu gratis, untuk masuk ke Museum Benteng Vredeburg, kamu perlu membayar sekitar Rp. 2000 untuk dewasa, Rp. 1.000 untuk anak, dam Rp. 10.000 untuk wisatawan mancanegara. 

4. Taman Pintar

Pergi wisata dekat Malioboro dengan jalan kaki juga bisa pergi ke wahana edukasi. Sekitar 500 meter dari titik nol, ada Taman Pintar Yogyakarta yang menjadi zona edukasi anak.

Misalnya, ada tempat belajar seperti gedung Oval, Gedung PAUD, Platenarium hingga pengalaman membuat kerajinan tangan yang dibantu oleh pengrajinnya. Taman Pintar menjadi lokasi wisata terhits yang cocok untuk keluarga.

5. Tugu Jogja

Semakin menjauh, letak Tugu Jogja berada sekitar 1 kilometer sebelah utara Malioboro. Menariknya, area Malioboro dirancang untuk pejalan kaki. Jika kamu perlu jarak sekitar 1 kilometer untuk menuju Tugu Jogja maka jakses jalan yang kamu tempuh pun mudah dan nyaman untuk dilewati.

Bisa dibilang, kamu belum lengkap kalau belum mengunjungi Tugu Jogja dan berfoto disana. Tugu ini menjadi wisata Jogja terhits yang dekat dengan Malioboro. Ia adalah simbol garis lurus antara Gunung Merapi, Keraton Jogja dan Laut Selatan.

Untuk itu, kunjungi Tugu Jogja untuk pengalaman seumur hidup sekali menikmati suasana sekitar yang hangat dengan angkringan kopi dan kuliner kaki lima.

6. Keraton Yogyakarta

Satu wisata Jogja yang bisa ditempuh dengan jalan kaki dan paling sering disebut adalah Keraton Yogyakarta. Merupakan sebuah istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan hingga hari ini. Arsitektur bangunannya mempertahankan keaslian lama. Kesehariannya pun menjalankan tradisi kesultanan Yogyakarta.

Kabar baiknya, pengunjung dapat mengunjungi Keraton Yogyakarta untuk sebagian tempat dan pergelaran yang memang dibuka untuk umum. Disini, kamu akan terpana dengan berbagai koleksi milik kesultanan yang dipajang. Mulai dari replika pusaka keraton, gamelan hingga pemberian raja-raja Eropa. 

Sahabat AVO, Malioboro adalah kota yang paling identik dengan Jogja. Di sepanjang jalan Malioboro kamu bisa menemukan pusat perbelajnaan yang saling terhubung. Selain itu, berjalan sedikit jauh lagi akan membawamu masuk ke wisata Jogja lain yang mendapat sebutan “terhits” dekat dengan Malioboro. Bahkan bisa ditempuh dengan jalan kaki. 

Meskipun demikian, mengelilingi Malioboro dan berjalan kaki mungkin bisa membuat kulitmu diterpa suhu kota yang terkadang menusuk kulit. Pastikan untuk menggunakan perlindungan kulit seperti moisturizer dan sunscreen. 

Your Skin Bae Balm Stick Vitamin C adalah moisturizer dalam bentuk balm yang menjaga kondisi kulit tetap lembab. Hanya tinggal dioleskan, maka kamu bisa mengantisipasi kekeringan kulit yang mungkin terjadi selama mengeksplorasi wisata Jogja terhits yang dekat Malioboro. 

Last Updated on May 17, 2024

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 17 May 2024

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya