Ini 6 Tips Mengatasi Kecanduan Internet

Life - Elisabeth - April 4, 2021

Berselancar di internet memang menyenangkan dan terkadang sampai lupa waktu. Namun, jangan sampai kamu kecanduan internet!

Pemilik akun sosial media dan pengguna internet terbanyak adalah anak-anak usia remaja. Usia tersebut adalah pengguna internet aktif yang setiap 15 menit melakukan update status, browsing, hingga menonton YouTube. Bahkan hal ini berlangsung sampai waktu tidur tiba. Kalau kamu termasuk salah satunya, itu artinya kamu sudah kecanduan internet. Berikut ini ada 6 hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan internet.

1. Buat Jadwal Menggunakan Internet

Meski terdengar sulit, kamu perlu menentukan jadwal untuk berselancar di dunia maya agar tidak mengganggu rutinitas dunia nyata. Kamu bisa menetapkan waktu menggunakan internet dari pukul 12 siang sampai pukul 7 malam pada hari kerja dan pukul 2 siang hingga 9 malam saat weekend diselingi waktu istirahat. Selebihnya, kamu bisa isi waktu dengan kegiatan positif seperti olahraga atau berkumpul bersama keluarga. Untuk permulaan, kamu bisa lakukan hal ini selama satu bulan sebagai proses adaptasi. Ketika sudah rutin dilakukan, kamu akan terbiasa dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

2. Tidak Perlu Menjawab Email Setiap Saat

Meskipun email sudah menjadi kewajiban sehari-hari untuk para milenial yang hidup di perkotaan, bukan berarti kamu tidak bisa berhenti sejenak. Kamu bisa membuat template singkat bagi email penting yang harus dibalas. Email yang bisa menunggu sebaiknya kamu abaikan dulu untuk memberi waktu internet break pada dirimu. Awalnya mungkin ragu untuk melakukan ini, khususnya bila menyangkut pekerjaan kantor. Namun, hal ini akan memberikan kenyamanan bagi otak dan tubuhmu.

3. Manfaatkan Aplikasi Pengingat

Untuk mendapatkan fokus yang optimal, tubuh membutuhkan waktu bersantai dan istirahat secara teratur untuk mengembalikan energi yang hilang. Kamu bisa install aplikasi di gadget sebagai pengingat diri untuk beristirahat. Kamu cukup mengatur waktu, misalnya setiap 30 menit sekali lalu aplikasi akan mengingatkanmu untuk beristirahat 5-10 menit. Ini efektif digunakan sebagai pengingat untuk berhenti sejenak dari internet agar mata bisa beristirahat dari ketegangan menatap ponse dan laptop setelah berjam-jam.

Baca Juga : 5 Cara Mengelola Waktu Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

4. Matikan Notifikasi yang Tidak Perlu

Hal yang bisa kamu lakukan adalah memastikan semua notifikasi akun di gadget telah dimatikan. Ini artinya kamu harus terbiasa dengan gadget yang diam tanpa suara. Kalau kamu menonaktifkan notifikasi, kamu tidak perlu repot dan terganggu untuk mengecek gadget berulang kali. Jadi, siapapun yang perlu menghubungimu untuk alasan pekerjaan atau apapun akan langsung menelepon tanpa melalui internet atau sosial media.

5. Manfaatkan Waktu Melihat Dunia Luar

Kebahagiaan yang kamu temukan di internet bersifat semu belaka. Di balik kenyamanan yang kamu dapatkan saat bermain internet tidak sebanding dengan keindahan dunia nyata yang sesungguhnya. Manfaatkan waktu untuk lebih banyak melihat dunia luar dan menghirup udara segar. Berkumpul bersama keluarga, teman dekat dan orang tercinta yang membutuhkan perhatian adalah bentuk kebahagian yang nyata.

6. Internet Bukan Segalanya

Kalau sudah menjadi korban candu internet, hal ini terdengar tidak mudah. Namun, kamu bisa coba sesekali meninggalkan gadget lalu hubungi beberapa teman dekat untuk berkumpul bersama di rumah. Mengobrol dan tertawa sepuasnya dengan mereka tanpa peduli sosial media atau aplikasi lainnya. Jauhkan gadget dari jangkauan dan minta teman-temanmu melakukan hal yang sama. Lakukan kebiasaan ini sekali dalam seminggu, kamu bisa mengubah cara pandangmu. 

Memang tidak mudah untuk menjauh dari internet yang sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Namun, kamu perlu membatasinya sekarang juga agar hidup bisa lebih produktif dan tidak semakin jauh dari orang sekitarmu. Sahabat AVO mulai sekarang coba seimbangkan kehidupanmu dan penggunaan internet ya!

Last Updated on April 5, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *