Hindari Ekstrasi Komedo dan Pakai Dermaroller Sendiri, Apa Sih Alasannya?

Healthy Skin - Elisabeth - April 7, 2021

Melakukan perawatan kulit sendiri di rumah memang menghemat biaya. Namun, sebaiknya kamu hindari ekstrasi komedo dan pakai dermaroller sendiri ya!

Beberapa orang mungkin lebih memilih melakukan perawatan kulit sendiri di rumah untuk menghemat biaya. Kamu boleh melakukan perawatan kulit seperti menggunakan skincare atau masker sendiri di rumah. Namun, ada beberapa perawatan yang memang harus mendatangi dermatologist untuk mendapatkan perawatan yang lebih maksimal dan tentunya aman untuk kulit. Ekstrasi komedo atau melakukan dermarolling sendiri di rumah sebaiknya dilakukan oleh ahlinya karena cukup berbahaya. Apa sih alasannya kamu perlu hindari ekstrasi komedo dan pakai dermaroller sendiri?

Ekstrasi Komedo dan Jerawat

Rasanya pasti gemas dengan komedo atau jerawat yang ada pada wajah karena tidak kunjung hilang. Keinginan untuk mengekstrasi komedo sendiri meningkat agar kulit terasa lebih nyaman. Pori-pori yang tersumbat memang bisa membuat tekstur kulit menjadi tidak merata dan kulit terlihat kusam. Namun, untuk kebaikan dirimu sendiri sebaiknya hindari mengekstrasi komedo atau jerawat sendiri di rumah.

Ada banyak alat yang dijual bebas di pasaran untuk mengatasi komedo pada kulit. Namun, perawatan kulit yang satu ini membutuhkan skill khusus dan teknik yang tepat. Nah, para dermatologist tentunya lebih tahu tentang hal ini. Kalau kamu sendiri belum tentu bisa melakukannya dengan teknik dan posisi yang sesuai. Jika salah akan menimbulkan luka dan merusak skin barrier. Bukannya wajah bebas komedo yang didapatkan tetapi iritasi kulit yang akan muncul.

Baca Juga : Langkah Penggunaan Produk Chemical Peeling dari Avoskin Miraculous Refining Series yang Tepat

Kalau kamu masih tidak mau pergi ke dermatologist atau klinik kecantikan, masih ada solusi lainnya kok. Kamu bisa dengan rutin menggunakan exfoliating toner atau serum untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Kamu bisa memiliki produk dengan kandungan salicylic acid sebagai BHA karena bekerja dengan mengatur sebum pada kulit. Hal ini akan membuat tumpukan minyak di pori-pori yang tercampur dengan kotoran akan perlahan menghilang. Nah, kamu bisa melakukan eksfoliasi kulit sendiri dengan produk dari Avoskin seperti Miraculous Refining Toner atau Miraculous Refining Serum.

Jadi, kamu tidak perlu memencet kulitmu sendiri sebelum pergi mengunjungi dermatologist. Kamu bisa menggunakan produk chemical exfoliant terlebih dulu untuk mengatasi komedo dan jerawat di wajahmu.

Microdermabrasion dengan Dermaroller

Melakukan microdermabrasion dengan dermaroller sendiri di rumah memang sudah menjadi perdebatan sejak lama. Sebenarnya boleh atau tidak sih melakukannya sendiri di rumah? Jawabannya bisa boleh dan tidak. Karena perawatan dengan dermaroller ini adalah membuat luka mikro di kulit untuk menstimulasi regenerasi sel-sel kulit dan menyembuhkan luka. Penggunaan dermaroller ini memang sangat menggiurkan karena bisa memudarkan hiperpigmentasi dan memperbaiki tekstur kulit. Namun, menggunakan alat yang berupa jarum tentu tidak selamanya bisa berjalan lancar ketika dikerjakan sendiri.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat ingin melakukannya sendiri. Kamu perlu memastikan dermaroller yang digunakan steril karena sangat berbahaya kalau ada luka terbuka dan membuat bakteri dari dermaroller yang kotor masuk ke dalam kulit. Selain itu, tidak boleh dilakukan saat ada jerawat yang aktif karena kalau jerawat pecah akan membuat bakteri menyebar dan membuat jerawat baru di area lain.

Kamu juga perlu memperhatikan jarum yang digunakan. Jangan menggunakan jarum yang besar karena ingin mendapatkan kulit mulus dan bersih. Sama halnya seperti ekstrasi komedo, proses dermarolling juga perlu teknik dan posisi yang tepat, jadi sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah ahli. Jika kamu asal menekan atau memutar alatnya dengan keras akan membuat kulit luka. Kalau kulit sudah rusak akan lebih sulit untuk memperbaikinya.

Baca Juga : Retinol, Kandungan Ampuh untuk Kulit di Usia yang Tidak Lagi Muda

Nah, kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan retinol untuk mengatasi masalah kulitmu. Kamu bisa coba menggunakan Miraculous Retinol Series dari Avoskin untuk menstimulasi regenerasi kulit. Memperbaiki tekstur kulit dengan retinol memang tidak bisa secepat penggunaan dermaroller tetapi untuk lebih amannya kamu bisa menggunakan produk yang satu ini.

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *