Ini Cara Efektif untuk Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

0
Diunggah 16 January 2022

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Ini Cara Efektif untuk Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Noda hitam pada wajah membuat penampilan jadi kurang maksimal ya. Coba beberapa cara menghilangkan noda hitam di wajah ini yuk!

Noda hitam di wajah sering sulit dihilangkan. Memiliki dark spot atau noda hitam pada wajah ini memang sangat menjengkelkan. Noda hitam ini bisa ditutupi dengan concealer atau foundation tetapi tidak mungkin selalu tampil dengan makeup tebal ya. Noda hitam di wajah ini membuat kulit wajah jadi tampak lebih kusam dan tidak bersih. Sebenarnya ada banyak produk skincare yang bisa digunakan untuk mengatasi noda hitam tetapi kamu bisa coba cara menghilangkan noda hitam di wajah yang direkomendasikan para ahli kulit ini.

Proses Terbentuknya Noda Hitam

Munculnya noda hitam pada wajah ini berkaitan erat dengan produksi melanin yang berlebihan pada suatu area kulit wajah. Noda hitam pada wajah ini disebut hiperpigmentasi atau kelebihan pigmen melanin.

Melanin ini adalah pigmen yang memberi warna cokelat atau gelap pada kulit. Melanin ini campuran senyawa biopolimer yang disintesis oleh melanosit pada lapisan epidermis kulit. Orang yang berkulit gelap memiliki jumlah melanin lebih banyak pada kulit dibandingkan orang berkulit terang. Jadi, noda hitam muncul pada kulit wajah berkaitan dengan pembentukan melanin pada area kulit tersebut.

Noda hitam pada kulit terjadi karena ada kelebihan sintesis melanin pada area kulit tertentu. Melanin yang menumpuk pada bagian kulit ini akhirnya menyebabkan area kulit tampak lebih gelap dari bagian kulit di sekitarnya. Noda hitam pada kulit tidak memengaruhi kesehatan kulit, tetapi mengganggu penampilan saja.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Pudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat Tanpa Laser

Perawatan untuk Menghilangkan Noda Hitam di Wajah

Selain menggunakan serum, krim, atau gel yang mengandung bahan aktif untuk mencerahkan warna kulit, kamu bisa melakukan perawat tertentu untuk memudarkan noda hitam pada wajah. Beberapa perawatan ini juga direkomendasikan untuk mengatasi noda hitam.

1. Chemical Peeling

Chemical peeling ini umumnya menggunakan glycolic acid kadar 20% – 70%, trichloroacetic acid (TCA) pada kadar 10% – 25%, dan salicylic acid dengan kadar 20% – 30%. Chemical peeling dilakukan setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali dan dikombinasikan dengan pemakaian krim yang mengandung bahan aktif pencerah kulit seperti tretinoin atau hidrokuinon. Chemical peeling dengan glycolic acid selama 6 kali disertai pemakaian krim tretinoin 0,05% bisa memudarkan noda hitam pada wajah secara signifikan dengan lebih cepat.

2. Laser

Perawatan laser memang cukup mahal tetapi terbukti sangat efektif untuk mengatasi noda hitam pada wajah. Perawatan laser yang dikombinasikan dengan pemakaian krim kandungan vitamin C, hidrokuinon, dan tretinoin bisa mengurangi melasma hingga 50% dalam waktu 1 bulan setelah treatment pertama. Laser ini dapat memfokuskan sinar dan mengarahkan pada pigmen kulit untuk memecah dan merusak partikel pigmen kulit.

Tips Mencegah Munculnya Noda Hitam pada Wajah

Sebelum noda hitam muncul di wajah, akan lebih baik jika kamu mencegahnya muncul terlebih dahulu. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menghindari kemunculan noda hitam di wajah ini. Kamu cukup selalu menggunakan sunscreen dengan SPF 30 ke atas di pagi dan siang hari. Pilihan sunscreen yang bisa kamu coba adalah The Great Shield Sunscreen dari Avoskin. Selain itu, kamu bisa menghindari keluar ruangan saat matahari terik sekitar pukul 10 pagi hingga 3 sore. Kamu juga harus menghindari obat-obatan yang memiliki efek samping hiperpigmentasi.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi noda hitam yang muncul di kulit wajah. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan di atas agar kulit wajahmu menjadi lebih bersih dan bebas dari noda hitam ya!

Last Updated on July 12, 2022

Product Recommendation

Lihat Semua
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 16 January 2022

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya