fbpx

Cara Mengatasi Maskne, Munculnya Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Tips & Trick - Elisabeth - July 15, 2021

Maskne adalah jerawat yang muncul pada area yang tertutup masker wajah, seperti pipi bagian bawah, dagu, atau hidung. Sering mengenakan masker tentu membuat wajah jadi menimbun kotoran dan menyebabkan jerawat. Nah, coba beberapa cara ini untuk mengatasi maskne yuk!

Sejak pandemi Covid-19 melanda, memakai masker sudah menjadi kewajiban untuk siapa saja yang keluar rumah. Kebiasaan ini memunculkan istilah baru pada jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker terlalu lama, yaitu maskne (mask acne). Maskne adalah jerawat yang muncul pada area yang tertutup masker wajah, seperti pipi bagian bawah, dagu, atau hidung.

Maskne
Maskne adalah kondisi kulit berjerawat akibat iritasi dari kesalahan penggunaan masker

Karena bahan masker sering bergesekan dengan kulit dan kondisi kulit yang lembap karena tertutup terlalu lama membuat kulit rentan muncul jerawat. Kondisi ini akan semakin parah dengan menggunakan makeup di balik masker.

Kalau kamu sudah mengalami maskne, apa sih yang harus dilakukan agar tidak semakin parah? Nah, kamu bisa ikuti beberapa cara mengatasi maskne di bawah ini.

1. Pilih Masker yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih masker yang tepat. Kamu bole menjadikan pilihan warna dan motif sebagai pertimbangan memilih masker. Namun, jangan sampai kamu lupa faktor bahan kain yang digunakan masker.

Pilihlah kain masker yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Pastikan kamu selalu memakai masker yang cukup besar untuk menutupi hidung dan mulut. Selain itu, selalu bawa masker cadangan sehingga saat masker kotor ada masker bersih yang bisa dipakai.

2. Jaga Kebersihan Masker

Kamu wajib menjaga kebersihan masker setiap saat. Kalau kamu menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali selalu cuci bersih masker yang kamu gunakan setelah memakainya. Kalau kamu pakai masker sekali pakai selalu rutin ganti masker itu setiap 4 jam sekali agar masker yang kamu gunakan tidak menimbun bakteri.

Baca Juga : Sebenarnya Penggunaan Acne Patch pada Jerawat Efektif Tidak Sih? Simak Jawabannya Yuk!

3. Rajin Membersihkan Wajah

Cara ini wajib kamu lakukan untuk menjaga kulit wajahmu dari jerawat. Rutin membersihkan wajah bahkan saat tidak menggunakan masker sangat penting untuk kesehatan kulit wajah.

Pertama, bersihkan wajah dengan cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk sesuai dengan jenis kulitmu. Produk ini akan mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah. Kedua, cuci muka dengan Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin untuk membilas sisa kotoran.

4. Gunakan Skincare dengan Kandungan Antioksidan

Menambahkan beberapa produk perawatan wajah dengan kandungan antioksidan adalah solusi tepat untuk membantu kulit tetap sehat dan melindungi kulit dari polusi berbahaya juga bakteri di balik masker.

Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan vitamin C yang kaya antioksidan seperti Your Skin Bae Vitamin C Series yang bekerja membantu kulit tetap sehat dan cerah. Selain itu, kandungan ini juga menetralisir radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel dari penggunaan masker.

Kamu juga bisa loh pakai produk Avoskin lainnya untuk mengatasi masalah maskne di wajah kamu. Pertama, kamu bisa menggunakan Miraculous Refining Series dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA. Produk ini berfungsi sebagai eksfoliator untuk mengatasi tekstur kulit dan jerawat yang bersarang di wajahmu.

Selain dua produk Avoskin itu, kamu juga bisa memilih varian dari Your Skin Bae Series seperti Lactic Acid Serum atau Salicylic Acid Serum/Toner. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu, jangan sampai kamu berlebihan menggunakan produk ya!

Beberapa cara mengatasi maskne di atas bisa kamu praktekan dari sekarang, Sahabat AVO. Kalau kamu belum mengalami masalah ini, kamu juga bisa melakukannya untuk menjaga kulitmu tetap sehat meskipun memakai masker setiap saat. Semoga bermanfaat ya!

Last Updated on July 17, 2021

Share This Post!

2 Comments

  • Siti Syamsiah July 18, 2021 at 7:55 am

    halo, kakk. sebelumnya terima kasih untuk artikelnya, bermanfaat sekalii. tapi aku masih ada pertanyaan, kak. permasalahan kulitku ituu berjerawat (karena pakai masker) di daerah tertentu seperti pipi, kemudian timbul bekas jerawat, dan ada seperti bruntusan/jerawat, tapiiii kecil sedikit bukan yang banyak satu muka gitu, kak.. kira2 kandungan apa/produk apa yang cocok buat mengurangi permasalahan kulitku tadi ini yaa, kak? kalau mau pakai toner/serum dari rangkaian avoskin ysb yang salicylid acid, aku takut terlalu keras, soalnya bruntusan/jerawatnya ini cuma sedikit, ga terlalu banyak. atau sebenarnya ngga papa kak, dicoba aja? kira2 gimana yaa baiknya? terima kasih kakk!

    Reply
    • Elisabeth July 19, 2021 at 9:50 am

      Halo Siti, kalau takut menggunakan salicylic acid bisa coba kandungan azeclair untuk mengatasi jerawat ya.

      Reply

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *