Cara Mengatasi Maskne, Munculnya Jerawat Akibat Penggunaan Masker

0
Diunggah 15 July 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeTips & Trick

Cara Mengatasi Maskne, Munculnya Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Maskne adalah jerawat yang muncul pada area yang tertutup masker wajah, seperti pipi bagian bawah, dagu, atau hidung. Sering mengenakan masker tentu membuat wajah jadi menimbun kotoran dan menyebabkan jerawat. Nah, coba beberapa cara ini untuk mengatasi maskne yuk!

Sejak pandemi Covid-19 melanda, memakai masker sudah menjadi kewajiban untuk siapa saja yang keluar rumah. Kebiasaan ini memunculkan istilah baru pada jerawat yang disebabkan oleh penggunaan masker terlalu lama, yaitu maskne (mask acne). Maskne adalah jerawat yang muncul pada area yang tertutup masker wajah, seperti pipi bagian bawah, dagu, atau hidung.

Maskne
Maskne adalah kondisi kulit berjerawat akibat iritasi dari kesalahan penggunaan masker

Karena bahan masker sering bergesekan dengan kulit dan kondisi kulit yang lembap karena tertutup terlalu lama membuat kulit rentan muncul jerawat. Kondisi ini akan semakin parah dengan menggunakan makeup di balik masker.

Kalau kamu sudah mengalami maskne, apa sih yang harus dilakukan agar tidak semakin parah? Berikut beberapa cara mencegah maskne dan mengatasinya dengan tepat.

1. Pilih Masker yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebagai cara mencegah maskne adalah memilih masker yang tepat. Kamu bole menjadikan pilihan warna dan motif sebagai pertimbangan memilih masker. Namun, jangan sampai kamu lupa faktor bahan kain yang digunakan masker.

Pilihlah kain masker yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Pastikan kamu selalu memakai masker yang cukup besar untuk menutupi hidung dan mulut. Selain itu, selalu bawa masker cadangan sehingga saat masker kotor ada masker bersih yang bisa dipakai.

2. Jaga Kebersihan Masker

Untuk mencegah terjadinya maskne, kamu wajib menjaga kebersihan masker setiap saat. Kalau kamu menggunakan masker kain yang bisa dipakai berkali-kali selalu cuci bersih masker yang kamu gunakan setelah memakainya. Kalau kamu pakai masker sekali pakai selalu rutin ganti masker itu setiap 4 jam sekali agar masker yang kamu gunakan tidak menimbun bakteri.

Baca Juga : Sebenarnya Penggunaan Acne Patch pada Jerawat Efektif Tidak Sih? Simak Jawabannya Yuk!

3. Rajin Membersihkan Wajah

Cara ini wajib kamu lakukan untuk menjaga kulit wajahmu dari jerawat. Rutin membersihkan wajah bahkan saat tidak menggunakan masker sangat penting untuk kesehatan kulit wajah.

Pertama, bersihkan wajah dengan cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk sesuai dengan jenis kulitmu. Produk ini akan mengangkat kotoran dan sisa makeup di wajah. Kedua, cuci muka dengan Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin untuk membilas sisa kotoran.

4. Gunakan Skincare dengan Kandungan Antioksidan

Menambahkan beberapa produk perawatan wajah dengan kandungan antioksidan adalah solusi tepat untuk membantu kulit tetap sehat dan melindungi kulit dari polusi berbahaya juga bakteri di balik masker.

Kamu bisa menggunakan produk dengan kandungan vitamin C yang kaya antioksidan seperti Your Skin Bae Vitamin C Series yang bekerja membantu kulit tetap sehat dan cerah. Selain itu, kandungan ini juga menetralisir radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel dari penggunaan masker.

Kamu juga bisa loh pakai produk Avoskin lainnya untuk mengatasi masalah maskne di wajah kamu. Pertama, kamu bisa menggunakan Miraculous Refining Series dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA. Produk ini berfungsi sebagai eksfoliator untuk mengatasi tekstur kulit dan jerawat yang bersarang di wajahmu.

Selain dua produk Avoskin itu, kamu juga bisa memilih varian dari Your Skin Bae Series seperti Lactic Acid Serum atau Salicylic Acid Serum/Toner. Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu, jangan sampai kamu berlebihan menggunakan produk ya!

Beberapa cara mengatasi maskne di atas bisa kamu praktekan dari sekarang, Sahabat AVO. Kalau kamu belum mengalami masalah ini, kamu juga bisa melakukannya untuk menjaga kulitmu tetap sehat meskipun memakai masker setiap saat. Semoga bermanfaat ya!

Last Updated on November 02, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 15 July 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya