Cara Reapply Sunscreen & Alasannya hingga Berapa Jam Sekali Dilakukan?

0
Diunggah 28 April 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Cara Reapply Sunscreen & Alasannya hingga Berapa Jam Sekali Dilakukan?

Cara reapply sunscreen penting dilakukan setiap 2 hingga 3 jam sekali untuk memaksimalkan manfaat sunscreen. Berikut cara dan langkah reapply sunscreen yang tepat.

Angka SPF pada sunscreen menentukan berapa lama kita terlindungi dari paparan sinar matahari tanpa membuat kulit terbakar

Sebaiknya Reapply Sunscreen SPF 50 Berapa Jam Sekali?

Sebenarnya cara mengetahui sunscreen bisa bertahan berapa lama itu cukup mudah, misalnya pada sunscreen SPF 50 artinya sunscreen dapat melindungi selama 500 menit, atau 8 jam lebih. Jadi, kamu harus reapply sunscreen SPF 50 setiap 8 jam sekali. Caranya dengan mengalikan angka SPF dengan angka 10 menit. Kamu dapat menyesuaikan rumus ini dengan SPF yang bernilai lain. Namun agar manfaat sunscreen lebih maksimal terdapat aturan lebih detailnya lho! Simak selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini

Baca Juga : Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Cara reapply sunscreen
Reapply Sunscreen Diperlukan untuk Pemakaian Sunscreen yang Efektif

Nah, perhitungan ini memang sebatas teori dalam laboratorium dan penelitian dilakukan menggunakan lampu penghantar sinar UV. Kenyatannya, kulit bisa lebih mudah terbakar sinar UV. Maka dari itu, reapply sunscreen perlu dilakukan dengan cara yang tepat. Berikut cara reapply sunscreen dengan tepat agar kulit lebih terlindugi secara maksimal.

Cara Reapply Sunscreen yang Tepat

Melakukan reapply sunscreen atau tabir surya sangat penting dilakukan 2 hingga 3 jam sekali agar manfaat sunscreen lebih maksimal. Berikut cara reapply sunscreen yang tepat dan aman:

  1. Tuangkan sunscreen sesuai kebutuhan (1 hingga 2 ruas jari), dan pakai pada beberapa titik pada wajah seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu.
  2. Gunakan beauty sponge untuk reapply sunscreen
  3. Hindari Gesekan Saat Reapply Sunscreen
  4. Gunakan sekitar 2 ruas jari sunscreen juga pada pada tengkuk, leher dan tangan jika diperlukan
  5. Lakukan reapply sunscreen 2 hingga 3 jam sekali

Untuk lebih lengkapnya, berikut cara reapply sunscreen yang benar beserta penjelannya:

1. Tidak Perlu Mencuci Muka Sebelum Reapply Sunscreen

Apakah jika mau reapply sunscreen harus cuci muka? Jawabannya adalah tidak. Kamu tidak harus cuci muka saat reapply sunscreen. Sunscreen pada dasarnya memang untuk menjadi pelapis skincare terluar dan menghalangi efek buruk sinar matahari mencapai kulitmu. Maka dari itu tidak masalah jika terdapat lapisan lain pada wajah sebelum sunscreen digunakan.

2. Gunakan Beauty Sponge saat Reapply Sunscreen

Cara reapply sunscreen yang pertama adalah dengan menggunakan spons yang lembut (beauty sponge). Kalau kamu tidak menggunakan sunscreen spray karena aerosol atau apapun alasannya, kamu bisa menggunakan beauty product ini untuk re-apply sunscreen di atas makeup.

Kamu perlu menggunakan beauty sponge kering, akan lebih baik jika menggunakan velvet sponge. Tetapi jika tidak ada, kamu tetap bisa menggunakan beauty sponge biasa saja untuk reapplly sunscreen.

Sebenarnya velvet sponge lebih baik digunakan untuk reapply sunscreen karena lebih sedikit menyerap produk dibandingkan beauty sponge biasa. Pastikan sponge yang kamu gunakan dalam keadaan kering saat reapply sunscreen ya!

3. Pilih Sunscreen yang Tepat

Agar tone makeup tidak berubah warna secara tiba-tiba, kamu harus memilih sunscreen yang tidak menimbulkan whitecast di kulit. Agar wajah tidak terasa berat, kamu juga perlu menggunakan sunscreen yang mudah meresap, tidak lengket, dan teksturnya ringan.

Kamu perlu memilih sunscreen yang memiliki kandungan oil control dan comedogenic untuk memudahkanmu menggunakan makeup setelah sunscreen.

Kamu bisa menggunakan Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen. Sunscreen ini sudah memiliki kandungan oil control dan comedogenic. Bahkan, kamu tidak perlu repot menggunakan base makeup lagi karena sunscreen ini bisa kamu gunakan sebagai base makeup dan kamu bisa memilih shade yang sesuai tone kulitmu. Tidak perlu khawatir dengan white cast lagi, kan!

Baca Juga:Tips Memakai Sunscreen Agar Nyaman di Wajah

4. Hindari Gesekan Saat Reapply Sunscreen

Cara melakukan reapply sunscreen adalah dengan menuangkan sunscreen langsung pada beauty sponge yang kamu gunakan. Setelah itu, aplikasikan sunscreen dengan cara menepuk-nepuk sponge ke seluruh area wajah. Sebaiknya jangan menggesek sponge karena akan membuat makeup terangkat atau menempel pada sponge. Pastikan kamu mengaplikasikannya dengan perlahan agar sunscreen bisa merata sempurna di wajah.

5. Double Cleansing Sangat Penting

Double cleansing sangatlah penting untuk menghapus sunscreen yang sudah kamu reapply berkali-kali. Sebelum membahas kenapa kamu harus melakukan double cleansing, kamu harus tahu bahwa skincare memiliki bebarapa jenis seperti water-based dan oil-based skincare. Water-based skincare bisa kamu hapus dengan air biasa, namun oil-based skincare tidak akan hilang sepenuhnya apabila hanya kamu bersihkan dengan air. Maka dari itu kamu harus menghapus skincare jenis ini dengan oil-based cleanser.

Beberapa sunscreen bersifat waterproof atau memiliki tekstur oily. Gunakan bahan pembersih wajah atau cleanser yang juga bisa mengangkat senyawa minyak pada sunscreen mu.Β 

Kamu tentunya tidak hanya ingin membebaskan kulit dari paparan UV dari sinar matahari bukan? Maka dari itu double cleansing jangan sampai ketinggalan menjadi step terakhir dalam cara reapply sunscreen yang benar ya!

Keempat poin tersebut adalah empat cara reapply sunscreen yang bisa kamu lakukan. Lalu sebenarnya apa alasan kamu harus reapply sunscreen setiap 2 jam sekali? Berikut adalah alasan mengapa kamu harus pakai lagi sunscreen-mu (reapply sunscreen):

Mengapa Penting Reapply Sunscreen atau Tabir Surya?

Reapply sunscreen adalah disarankan dan penting untuk proteksi kulit maksimal dari sinar UV. Berikut alasan kenapa reapply sunscreen penting dilakukan.

1. Semakin Lama Proteksi Sunscreen Menurun

Salah satu alasan utama adalah sunscreen yang digunakan akan berkurang kemampuannya seiring berjalannya waktu. Cara kerja sunscreen adalah dengan menetralisir sinar UV yang menyentuh kulit, maka kemampuan UV filter dalam sunscreen lama kelamaan akan melemah.

Hal ini akan lebih terlihat jelas pada chemical sunscreen, karena chemical filters bekerja dengan cara mengubah radiasi dari sinar UV menjadi senyawa yang tidak berbahaya. Maka dari itu, kamu wajib reapply sunscreen setiap dua jam sekali kalau sering terpapar sinar UV.

2. Bisa Memperlambat Proses Penuaan Kulit

Meskipun kamu sudah memakai skincare anti-aging dari usia 20an, tanpa sunscreen kulitmu tetap akan menua lebih cepat. Fungsi utama sunscreen untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UVA dan UVB yang bisa mempercepat proses penuaan kulit.

Kalau tidak dirawat akan muncul dark spots, kerutan halus, sampai elastisitas kulit mulai hilang. Kalau kamu tidak rajin memakai sunscreen, kulitmu akan terlihat jauh lebih tua dari usia sesungguhnya.

Baca Juga: Multipurpose Tinted Sunscreen, Sunscreen Sekaligus Makeup

3. Sunscreen Terhapus Secara Tidak Sengaja

Sunscreen yang sudah diaplikasikan pada wajah bisa terhapus secara tidak sengaja. Mulai dari kebiasaan memegang wajah, berkeringat, hingga touch up makeup menggunakan kuas atau sponge. Pasti ada saja yang malas reapply makeup karena sudah pakai makeup nanti repot untuk merapikan makeup lagi. Padahal, hal ini bisa membuat sunscreen tidak bekerja secara efektif.

Nah, kalau kamu masih bingung dengan alasan makeup, kamu bisa menggunakan Multipurpose Tinted Sunscreen. Kamu sudah menggunakan sunscreen sekaligus base makeup dalam satu waktu. Jadi, kamu tidak akan kesusahan untuk melakukan reapply karena alasan makeup nanti berantakan.

Tinted sunscreen ini dilengkapi dengan SPF 50 PA++++ sehingga mampu memberi perlindungan kulit sekaligus meratakan warna kulit dengan hasil akhir yang natural. Memiliki formula oil control dan kandungan Salicylic Acid yang mampu memberi perawatan pada jerawat.

Mengapa Kita Tetap Harus Memakai Sunscreen Meskipun di Rumah?

Jika kamu berfikir bahwa sunscreen hanya perlu dipakai saat beruada di luar ruangan/ outdoor maka kamu perlu merubah pola pikir tersebut. Jika matahari memproduksi sinar UV, maka di dalam ruangan terdapat cahaya biru/ bluelight. Blue light dihasilkan oleh gadget yang kamu miliki seperti komputer, laptop, TV, ponsel, dan tablet. Blue light sendiri menyebabkan naiknya produksi melanin atau zat warna kulit kamu.

Jika dibiarkan dalam waktu lama, blue light dapat membuat kulit kusam dan muncul hiperpigmentasi. Selain itu juga blue light dapat menciptakan radikal bebas, yang dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan kerusakan kolagen dan jaringan elastis di kulit.

Lalu bagaimana cara reapply sunscreen di rumah? Berikut cara reapply sunscreen di rumah yaitu

  • Sebaiknya pakailah sunscreen dengan minimal SPF 30
  • Pakai sunscreen pada bagian tubuh yang tidak tertutupi pakaian seperti pada wajah dan tangan
  • Kamu dapat reapply sunscreen di rumah setiap 2 jam sekali, tergantung pada nilai SPF dari sunscreen yang kamu pakai

Bagaimana? Cara reapply sunscreen sangat penting dan mudah, kan? Sekarang sudah ada produk yang memudahkanmu untuk mengaplikasikan sunscreen secara berkala jadi tidak ada alasan untuk malas pakai sunscreen.

Last Updated on May 28, 2022

Tags Terkait

#sunscreen
Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 28 April 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya