fbpx

Mengenal Kandungan Squalane yang Ada Dalam Your Skin Bae Mugwort Series

Healthy Skin - Elisabeth - July 13, 2021

Squalane adalah kandungan pelembap dalam produk perawatan kulit. Apa sih manfaat squalane ini? Simak penjelasannya yuk!

Seiring bertambahnya usia, kelembapan kulit akan menurun dan membuat tampilan wajah kurang menarik. Hal ini membuatmu perlu membeli pelembap tambahan untuk kulit. Nah, salah satu kandungan yang bisa kamu gunakan adalah squalane. Kamu belum pernah dengar tentang kandungan ini? Yuk, simak penjelasannya dan mengetahu manfaat squalane untuk kulit.

Squalane Berbeda dengan Squalene, Apa Itu Squalane?

Sebelum mengenal squalane lebih jaul lagi, kamu perlu memahami squalene lebih dulu. Squalene adalah lipid atau lemak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar sebasea pada kulit. Squalene ini merupakan komponen penyusun sebum pada kulit. Sering dianggap musuh oleh beberapa orang, sebum dan komponennya termasuk squalene ini bisa membant kulit senantiasa lembap.

Seiring bertambahnya usia, squalene akan menurun ketika memasuki periode 20an atau 30an. Jadi tidak heran kulit akan cenderung lebih kering dan kasar seiring bertambahnya usia. Squalene ini tidak hanya dihasilkan oleh tubuh manusia tetapi terkandung dalam hewan dan tumbuhan seperti zaitun, bekatul, hingga tubu.

Sedangkan squalane adalah kandungan pelembap dalam skincare yang menjadi bentuk stabil dari squalene. Squalene pada hewan dan tumbuhan memiliki molekul yang tidak stabil dan belum bisa dicampurkan ke produk perawatan kulit. Jadi, untuk mengubah squalene menjadi squalane dibutuhkan proses hidrogrenasi.

Baca Juga : Alasan Your Skin Bae Mugwort Series Wajib Masuk Skincare Routine-mu

Manfaat Squalane untuk Kesehatan Kulit

Sekarang squalane banyak digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Nah, ini beberapa manfaat squalane untuk kesehatan kulit wajah.

1. Melindungi Kulit

Squalane memiliki sifat antioksidan dan antitumor. Dengan dua kemampuan ini, squalane bisa membantu melindungi kulit dari karsinogen atau radikal bebeas. Penggunaan squalane secara rutin juga membantu mendetoksifikasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Squalane adalah bahan pelembap dalam produk skincare yang sedang menjadi tren. Kandungan ini meniru cara kerja minyak alami kulit sehingga menjadi emolien yang disenangi. Setelah dioleskan, squalane membantu meningkatkan hidrasi kulit dan membuat kulit lebih sehat.

3. Mengatasi Eksim Kulit

Eksim adalah kondisi kulit dengan muncul bercak kemerahan yang meradang, gatal, kering, dan kasar. Squalane ini bisa membantu menenangkan kulit yang mengalami eksim karena sifat anti perandangan. Selain eksim, squalane juga bisa membantu menenangkan masalah peradangan lain pada kulit seperti jerawat meradang, psoriasi, atau rosacea.

4. Cocok untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kalau kamu kesulitan memilih produk skincare karena memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat, kamu bisa mencoba produk dengan kandungan ini. Kandungan squalane ini kandungan yang aman untuk semua jenis kulit. Squalane ini cenderung ringan dan tidak bersifat comedogenic. Kandungan ini tidak akan menyumbat pori-pori kulit tetapi mampu menembus kulit dan menjaga kualitas kulit hingga pori-pori terdalam.

Itu dia penjelasan singkat tentang kandungan squalane. Biasanya kamu bisa melihat kandungan ini sebagai produk minyak squalane, tetapi sekarang sudah banyak yang menggunakan kandungan ini sebagai salah satu kandungan dalam produk skincare. Jadi, kandungan ini tidak berdiri sendiri melainkan digabungkan dengan kandungan lain agar memberikan hasil yang lebih maksimal. Kamu bisa mencoba Your Skin Bae Mugwort Series jika ingin mendapatkan manfaat dari kandungan ini loh!

Last Updated on July 13, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *