Make Up Mata Sesuai Bentuk Mata Kamu!

0
Diunggah 28 December 2023
LikeBeauty

Make Up Mata Sesuai Bentuk Mata Kamu!

​​Make up mata menjadi salah satu kategori make up yang penting untuk memeriahkan tampilan kita di suatu acara. Dengan make up mata, orang-orang bisa tertuju pada kita ketika berbicara. 

Secara lebih detail, ada istilah-istilah dalam dunia make up mata yang perlu kamu pahami. Sangat penting untuk mengetahui bahwa bentuk-bentuk mata setiap orang itu berbeda. Untuk mendapatkan tampilan mata yang menarik perhatian, kamu pun didorong untuk mengetahui bentuk matamu dan mengenal berbagai alat make up untuk menghasilkan mata yang menarik perhatian.

Macam-Macam Bentuk Mata

Tutorial make up mata yang kamu lihat di social media terkadang tidak terlihat sama dengan yang kamu praktikan. Bisa jadi ini karena kamu memiliki bentuk mata yang berbeda.

Bentuk-bentuk mata adalah figur alami yang ada dalam diri. Dengan mengetahui bentuk matamu maka kamu bisa menemukan cara adjust make up mata yang kamu lihat . Berikut ini ada sederet bentuk-bentuk mata dan coba temukan mana yang paling mirip denganmu!

Monolid Eyes

bentuk mata
source : freepik

Mata monolid adalah bentuk mata yang lipatan kelopak matanya tidak menonjol. Kamu sering menemui mata ini ketika berkunjung ke Asia. 

Double Eyelid

bentuk-bentuk mata
source : freepik

Berkebalikan dengan monolid eyes, bentuk mata jenis ini punya lipatan mata yang jelas. Dengan adanya kelopak mata yang tegas, maka penggunaan riasan mata bisa memanfaatkan banyak gradasi warna. 

Hooded Eyes

Secara sekilas, hooded eyes memang mirip double eyelid. Namun jika kamu perhatikan lebih detail, maka kamu bisa melihat adanya lipatan mata yang lebih menjorok ke dalam. Mata ini membuat kelopak mata menjadi tak terlihat dan tertarik ke dalam lipatan ketika pemilik hooded eyes melihat keatas.

Upturned Eyes

Mata upturned adalah tampilan mata dengan sudut luar yang lebih tinggi dibanding sudut dalam. Dengan bentuknya yang seperti ini upturned eyes sering disebut mata kucing karena mirip seperti mata hewan tersebut yang lower lid terlihat lebih panjang. 

Downturned Eyes

Downturned eyes adalah kebalikan dari upturned eyes, yaitu sudut upper lid yang mengarah kebawah atau lebih mudahnya sering disebut mata sayu. 

Almond Eyes

nama alat make up untuk mata
source : freepik

Bentuk-bentuk mata ini menyerupai kacang almond dengan kelopak mata yang mengecil ke satu titik diujung mata. Mata ini tampak simetris dengan sudut luar yang juga terangkat. 

Tips Makeup untuk Mata

Setelah memahami bentuk-bentuk mata, selanjutnya adalah memahami bagaimana mata ini bisa dirias. Dibawah ini akan dijelaskan terkait alat make up dan cara untuk merias mata sesuai bentuk mata kamu. 

Eye Shadow 

Nama alat make up untuk mata yang pertama adalah eyeshadow. Satu point utama dalam eye shadow adalah membuat mata terlihat lebih menonjol dengan gradasi warna.

Cara untuk mengaplikasikan eyeshadow adalah dengan memulas bagian kelopak mata dan di bawah alis. Untuk melakukan ini kamu bisa pakai brush eyeshadow atau langsung dengan tangan. Pilihlah warna  eyeshadow dengan warna tergelap di area dekat bulu mata dan semakin terang warnanya menuju keatas. 

Satu tips mengaplikasikan eyeshadow pada mata upturned eyes yaitu memilih eyeshadow gelap di sepanjang sudut mata bawah luar dan sepanjang garis bulu mata bawah. Dengan teknik ini maka mata kucingmu bisa tampak terangkat dan terlihat berat di bawah pada saat yang sama.

Eyeliner 

Bisa dibilang, eyeliner berperan menegaskan bentuk dan garis mata. Ia tampil dengan memberikan aksen hitam yang tipis. Meskipun demikian, eyeliner membuat perubahan yang “pangling” pada mata.  

Tips memakai eyeliner yaitu digariskan di area kontur mata mengikuti tepi-tepi mata. Lewat eyeliner,  garis mata kamu bakal jauh kelihatan lebih cantik dan menawan. 

Bagi kamu yang memiliki mata sayu, penggunaan eyeliner bisa menjadi hack. Caranya, gunakan eyeliner secara tipis membentuk cat eye. Yaitu, jentikkan ujung wing eyeliner ke arah pelipis untuk membuat ekor eyeliner yang naik ke atas. Dengan sedikit garis eyeliner yang mengangkat sudut luar mata maka downturned eyes yang terlihat turun bisa terlihat naik.

Eyelashes dan Eyebrow

Pada area kelopak mata, ada bulu mata dan alis yang tidak boleh dilewatkan untuk mendorong sentuhan terakhir make up mata yang tajam. Sebuah maskara bulu mata bisa membuat eyeliner terlihat lebih tegas. Sedangkan pada eyebrow, alismu bisa menyeimbangkan tampilan gradasi kelopak mata dibawahnya.

Sahabat AVO, itu dia mengenal lebih spesifik bentuk-bentuk mata dan cara meriasnya. Setiap orang memiliki mata yang berbeda. Dengan keunikan ini, maka riasan make up mata dirubah menjadi lebih personal. Kamu pun bisa tampil semakin cantik dan menawan dengan riasan mata yang tajam dan tegas dengan sederet tips make up mata diatas.

Last Updated on December 28, 2023

Ditulis Oleh

Putriana

Diunggah 28 December 2023

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya