Apakah Melasma Bisa Disembuhkan dengan Produk Skincare?

0
Diunggah 26 October 2021

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeHealthy Skin

Apakah Melasma Bisa Disembuhkan dengan Produk Skincare?

Melasma di wajah memang sangat mengganggu ya! Lalu, apakah ada cara menghilangkan melasma hanya dengan produk skincare?

Melasma adalah salah satu masalah kulit yang umum diderita oleh kebanyakan orang uang sering melakukan aktivitas di bawah terik matahari. Paparan sinar matahari berlebih dan kulit tidak terlindungi oleh sunscreen bisa menimbulkan bercak hitam pada kulit terutama wajah. Bercak hitam ini yang sering dikenal dengan melasma. Ada beberapa cara menghilangkan melasma, tetapi apakah cukup cuma dengan menggunakan produk skincare saja?

Penyebab Melasma

Masalah kulit ini memang bukan masalah serius yang menimbulkan rasa sakit atau nyeri, tetapi melasma sangat merusak tampilan kulit wajah. Sebenarnya apa sih penyebab melasma ini bisa muncul di wajah?

1. Hormon

Naik turunnya hormon bisa menyebabkan munculnya melasma. Tidak heran jika melasma sering timbul saat wanita berada pada masa kehamilan. Melasma bisa timbul saat wanita mengonsumsi atau menghentikan kontrasepsi hormon seperti pengontrol kehamilan, terapi hormon, atau pil.

2. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Hal yang mempengaruhi melasma muncul adalah terkena paparan sinar matahari berlebih. Melasma ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih dan bisa lebih parah saat terkena panas atau cahaya. Ini menunjukkan bahwa sunscreen atau tabir surya yang bisa mencegah kanker kulit juga tidak sepenuhnya bisa mencegah melasma.

Baca Juga : Melasma, Flek, Freckles, dan Hiperpigmentasi Ternyata Berbeda

Cara Mengatasi Melasma di Rumah dengan Produk Skincare

Sebenarnya ada hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk membantu kulitmu beregenerasi dan mencegah kerusakan. Kamu harus mengurangi paparan sinar matahari pada kulit dan melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Melakukan Cleansing Wajah Secara Rutin

Melasma bisa muncul karena adanya polusi dan pengaruh lingkungan. Partikel radikal bebas yang terkena kulit bisa merusak lapisan kulit dan membuat kulit menjadi lebih rentan dengan paparan sinar matahari. Selalu pastikan kamu membersihkan wajah dengan cleanser setiap malam sebelum tidur untuk membersihkan partikel kotoran yang tersisa di wajah. Nah, kamu bisa menggunakan Natural Sublime Facial Cleanser dari Avoskin untuk membersihkan kulit wajahmu.

2. Menggunakan Pelembap Secara Teratur

Meskipun kamu sudah menggunakan serum, kamu tetap harus menggunakan pelembap secara rutin. Pelembap akan membantu mengembalikan pelindung lipid atau lemak kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan lingkungan. Kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream dari Avoskin di siang hari dan Luminous Emulsio Night Cream pada malam hari. Dengan begini kulitmu akan selalu terhidrasi sepanjang hari.

3. Gunakan Antioksidan untuk Meredakan Stres pada Kulit

Vitamin C dan Vitamin E bisa membantu merawat kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari berlebih. Kamu bisa menggunakan beberapa tetes serum dengan kandungan vitamin C dan E ini untuk meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki area kulit yang rusak karena paparan sinar matahari.

4. Lakukan Pencegahan Melasma

Melasma memang bisa hilang tetapi bisa muncul kembali suatu saat. Jika kamu tidak berhati-hati dan membiarkan kulit terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, melasma bisa muncul kembali. Jadi, kamu harus berkomitmen untuk terus merawat kulit agar terjaga dari paparan sinar matahari sehingga resiko melasma bisa berkurang.

Karena menghilangkan melasma tidak mudah, kamu harus bersabar untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini. Mulai sekarang kamu harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari ya! Jangan lupa juga untuk selalu merawat kulit wajahmu dengan produk dari Avoskin.

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 26 October 2021

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya