Apa Sih Chemical Peeling Itu? Simak Penjelasannya di Sini!

0
Diunggah 12 September 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Apa Sih Chemical Peeling Itu? Simak Penjelasannya di Sini!

Chemical peeling adalah metode perawatan tubuh yang dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit secara kimia untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Lalu, apa saja sih fungsi chemical peeling?

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tentunya industri kecantikan juga turut berkembang pesat, salah satunya dengan menghadirkan banyak produk baru. Jika kamu mengunjungi berbagai pusat kecantikan, kamu akan ditawari berbagai jenis perawatan wajah yang diklaim ampuh. Nah, salah satu jenis perawatan itu adalah chemical peeling. Sebenarnya chemical peeling itu apa sih? Lalu apa saja fungsi chemical peeling? Simak penjelasan lengkap tentang chemical peeling dibawah ini ya!

Pengertian Chemical Peeling

Chemical peeling adalah metode perawatan tubuh yang dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit secara kimia untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit. Biasanya metode ini menyebabkan pengelupasan kulit mati serta terjadinya regenerasi kulit dari penuaan dini. Sudah banyak produk chemical peeling yang kini telah beredar di pasaran, salah satunya adalah Miraculous Series dari Avoskin.

Namun, akan lebih baik jika kamu menggunakan jenis produk chemical peeling tertentu untuk berkonsultasi dengan para ahli seperti dokter kulit, aesthetician, ahli bedah plastik sebelum prosedur ini dilakukan. Dengan berkonsultasi terlebih dahulu akan menjauhkan kamu dari risiko iritasi kulit karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda.

Cara Kerja Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan cara mengoleskan cairan kimia yang sudah diracik di laboratorium pada kuit wajah. Setiap prosedur bisa menggunakan cairan kimia yang berbeda-beda, tapi pada dasarnya bahan utama yang digunakan adalah asam glikolat atau asam trikloroasetat. Bahan kimia ini membunuh jaringan-jaringan kulit serta mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan kulit mengelupas. Kulit lama yang mengelupas akan digantikan oleh kulit baru yang lebih lembut, bersih dan sehat.

Baca Juga : 5 Tips untuk Pengguna Chemical Exfoliator Pemula

Proses Chemical Peeling

Kamu bisa mendapatkan perawatan chemical peeling di klinik dermatologi atau menggunakan produk yang dijual di pasaran.

Kalau kamu melakukan chemical peeling di klinik dermatologi atau estetik, perawatan ini adalah perawatan one day care di mana setelah melakukan perawatan ini, kamu bisa langsung pulang ke rumah. Sebelum dilakukan tindakan, pembersihan wajah akan dilakukan terlebih dulu. Setelah wajah bersih akan diberikan larutan kimia seperti asam glikolat, asam trikloroasetat, asam laktat, asam salisilat, atau asam karbol ke area kulit. Perawatan ini memberi efek rangsangan kimia pada wajah yang dapat memunculkan kulit baru.

Selama perawatan, beberapa orang akan merasakan sensasi terbakar yang berlangsung sekitar lima hingga sepuluh menit. Selain itu, kulitmu juga akan terasa menyengat ketika melakukan perawatan ini. Hal ini wajah dan sensasi menyengat itu dapat ditoleransi oleh kulitmu. Setelah itu, kamu bisa mengompres kulit dengan air dingin yang dapat mengurangi rasa terbakar.

JIka kamu menggunakan produk chemical peeling yang dijual di pasaran, sensasi yang dirasakan oleh kulit kurang lebih sama. Namun, kamu bisa mengaplikasikannya sendiri menggunakan jari tangan atau kapas.

Baca Juga: Perbedaan Chemical Peeling dan Facial yang Kamu Wajib Tau!

Manfaat Chemical Peeling

Chemical peeling memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satu manfaat chemical peeling adalah menghilangkan bekas jerawat. Metode chemical peeling ini akan mengatasi bekas jerawat dengan menggunakan bahan anti acne untuk membantu mengatasi jerawat yang masih aktif, menyamarkan bekas jerawat, mengontrol kadar minyak pada kulit wajah, serta membantu mengatasi pori pori besar. Manfaat lainnya dari chemical peeling adalah mengatasi penuaan kulit. Dengan penggunaan peeling, kulit akan mengelupas dan mengatasi garis halus, keriput atau liver spot.

Itu dia penjelasan mengenai perawatan kulit chemical peeling. Sebenarnya hal ini tidak berbahaya asalkan kamu tahu cara yang benar dan produk yang kamu gunakan aman untuk kulit. Produk chemical peeling yang tentunya aman digunakan adalah Miraculous Refining Series dari Avoskin.

Last Updated on December 10, 2021

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 12 September 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya