5 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Selalu Dirindukan dan Dinantikan

Life - rustaviani - May 20, 2020

Lebaran, istilah yang sangat akrab oleh masyarakat Indonesia. Momen Hari Raya Idul Fitri yang merupakan salah satu hari perayaan umat  yang paling meriah di dunia. Ada beberapa tradisi khas yang hanya dilaksanakan pada hari raya, tidak hanya bersilaturahmi, tetapi juga ada sederetan kegiatan yang unik dan meriah, terutama di Indonesia. Berikut ini 5 tradisi lebaran di Indonesia yang selalu dinantikan umat muslim.

1. Mudik

Budaya kebersamaan memang masih sangat kental untuk masyarakat Indonesia, terutama kebersamaan bersama keluarga. Sudah menjadi tradisi jika lebaran dijadikan momen untuk kembali ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga besar. Bahkan budaya mudik lebaran ini bukan lagi milik orang muslim saja. Mereka yang tidak merayakan Idul Fitri juga banyak yang ikut mudik saat lebaran. Tak peduli seberapa mahal uang yang harus mereka bayarkan asal bisa berjumpa dengan keluarga di kampung sana.

2. Ketupat dan Opor Ayam

Bukan lebaran namanya kalau tak ada ketupat dan opor ayam. Kedua hidangan ini memang tak bisa dipisahkan dari perayaan Idul Fitri. Tak hanya lezat, ternyata ada makna tersembunyi di balik hidangan ketupat. Anyaman daun kelapa yang rumit menggambarkan kehidupan manusia yang sering diwarnai dengan khilaf dan dosa. Dan setelah menjalani puasa Ramadan selama sebulan penuh, hati pun kembali suci dan bersih, dilambangkan dengan putihnya isi ketupat ketika dibelah.

3. THR

Tradisi ini juga merupakan turun temurun yang biasanya dilakukan ketika Hari Raya Idul Fitri. Biasanya, tradisi ini akan dibagikan kepada anak-anak kecil, keponakan dan saudara. Tak hanya dikalangan keluarga saja, di kantor pun tradisi ini juga sangat dinantikan oleh para karyawannya. Selain itu hal ini juga sudah menjadi ketetapan pemerintah lho.

4. Halal Bi Halal

Halal bi halal yang merupakan tradisi paling wajib ketika lebaran ini merupakan suatu kegiatan yang menggambarkan tradisi bersilaturahmi dengan berkunjung ke sanak saudara, kerabat, teman, dan kolega ketika hari lebaran sudah tiba. Biasanya dimulai dengan anak-anak meminta maaf kepada orang tua dan saudara-saudara yang lebih tua. Baru berlanjut ke tetangga, saudara jauh, teman, dan lain-lain. Momen ini sendiri pun selalu dimanfaatkan oleh semua orang sebagai momen untuk saling bermaaf-maafan.

5. Takbir Keliling

Malam hari menjelang lebaran, pastinya tradisi ini tidak pernah sepi dan selalu ramai dilakukan oleh muslim di Indonesia. Kemeriahan dari malam takbiran ini selalu dilengkapi dengan kumandang takbir yang merupakan salah satu wujud syukur, untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Kemeriahan ini juga biasanya kurang lengkap jika tidak mengadakan pawai keliling kota dengan menabuh bedug dan senandung takbir.

Kelima tradisi lebaran di atas memang sudah sangat lekat dengan masyarakat Indonesia. Kalau kamu bagaimana? Sudahkah bersiap-siap menyambut lebaran?

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *