fbpx

Jangan Asal! Ini Tips Mengatasi Kulit yang Mengelupas

Healthy Skin - Elisabeth - July 12, 2021

Kulit mengelupas memang mengganggu penampilan. Jangan asal-asalan mengatasinya ya! Kamu bisa ikuti beberapa cara mengatasi kulit kering mengelupas ini.

Kulit wajah kering dan mengelupas yang disertai rasa perih, gatal, iritasi, dan kemerahan memang menyiksa ya. Selain mengganggu penampilan, kondisi bisa jadi tanda adanya penyakit kulit seperti eksim dan psoriasi. Kulit kering dan mengelupas akan membuat makeup sulit menempel pada kulit selain itu tampilan makeup akan rusak. Bahkan, memakai mkaeup akan memperparah kondisi kulit. Nah, agar kamu terhindar dari masalah ini, coba ikuti beberapa cara mengatasi kulit kering mengelupas di bawah ini.

1. Gunakan Pelembap Khusus Wajah

Salah satu cara untuk mengatasi kulit yang kering dan mengelupas adalah menggunakan pelembap atau moisturizer. Kamu bisa menggunakan Intensive Divine Day Cream untuk melembapkan kulit wajah di pagi hari. Penggunaan pelembap secara rutin setelah mencuci muka dapat mengunci kelembapan kulit. Nah, cara ini bisa membantu menghilangkan pengelupasan kulit yang disebabkan oleh kulit kering.

2. Selalu Pakai Sunscreen Setiap Hari

Mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas bisa dengan penggunaan sunscreen secara rutin. Langkah ini bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari, sekaligus menghambat kondisi kulit semakin parah. Produk yang bisa kamu gunakan adalah The Great Shield Sunscreen dari Avoskin. Memiliki SPF 50 PA++++ dan berspektrum luas, sunscreen Avoskin ini mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari.

3. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Ringan

Memilih produk perawatan wajah dengan kandungan yang ringan adalah salah satu cara mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Sebaiknya sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan ringan dan tidak mengandung zat pewangi seperti Natural Sublime Facial Cleanser. Produk sabun muka antibakteri atau yang mengandung parfum bisa membuat kulit semakin kering. Selain itu, kamu juga perlu menghindari produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, AHA, dan benzoil peroksida. Jika, kondisi kulit sudah membaik kamu bisa menggunakan kandungan ini tetapi perlu menambah produk yang menghidrasi kulit.

Baca Juga : Atasi Kulit Kering dengan Produk Avoskin yang Menghidrasi dan Melembapkan

4. Keringkan Wajah dengan Lembut

Kalau kamu mengeringkan wajah setelah cuci muka dengan asal-asalan, kulit wajahmu bisa kering dan rusak. Dengan mengeringkan wajah secara lembut akan membantu mengatasi kulit wajah kering dan mengelupas. Sehabis mencuci muka, keringkan wajahmu dengan handuk yang berbahan lembut karena kain yang kasar bisa merusak kulit dan memicu kulit mengelupas. Selain itu, kamu juga perlu menghindari menggosok wajah dengan handuk, kamu bisa mengeringkan wajah dengan tepuk perlahan area wajah agar permukaan kulit tetap halus.

5. Hentikan Menggaruk atau Mengelupas Kulit

Cara mengatasi kulit mengelupas yang lainnya dengan menghindari menggaruk dan mengelupas kulit. Kamu pasti merasa tidak nyaman dengan kulit mengelupas yang ada di wajah. Namun, kamu harus menahan diri agar tidak menggaruk atau mengelupasnya. Menggaruk kulit bisa memperburuk kondisi dan menyebabkan infeksi. Jika ada kulit mati yang menjuntai lepas, berikan pelembap atau kompres dengan air agar kulit yang terkelupas bisa lepas.

6. Konsumsi Air Mineral yang Cukup

Mengonsumsi air mineral yang cukup adalah cara mengatasi kulit mengelupas yang paling sederhana untuk bisa kamu lakukan. Selain menghidrasi tubuh, konsumsi air yang cukup juga membuat kulit terhidrasi. Kebutuhan cairan tiap orang berbeda tergantung dari aktivitas yang dilakukan, usia, dan berat badan. Jika kebutuhan air dalam tubuh cukup maka kulit yang mengelupas bisa segera pulih. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah, kurangi konsumsi makanan dengan lemak tinggi, dan olahraga secara teratur untuk mendapatkan kulit sehat.

Nah, itu beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Selama kondisi kulit masih mengelupas, kamu perlu menghindari hal yang memperburuk kondisi kulit seperti paparan sinar matahari dan kosmetik dengan kandungan bahan iritatif. Kalau kondisi kulitmu belum membaik juga, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Last Updated on July 13, 2021

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *