Kandungan Penting Dalam Produk Chemical Peeling Wajah

0
Diunggah 17 September 2020

Elisabeth Rustaviani

Content Creator
0
LikeSkincare

Kandungan Penting Dalam Produk Chemical Peeling Wajah

Chemical peeling adalah bahan yang diaplikasikan pada wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Produk chemical peeling wajah menggunakan bahan kimia yang cukup bervariasi dan setiap bahan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berbeda dengan scrubbing yang menggunakan bahan bertekstur untuk menggesek lapisan kulit saat mengangkat kulit mati.

Saat melakukan chemical peeling dengan bahan kimia, sel-sel kulit yang mengelupas yaitu pada kulit epidermis. Peeling perlu dilakukan setiap periode tertentu untuk membantu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal.

Sebagai catatan, chemical peeling sendiri terdiri dari 3 jenis yaitu superficial, medium, dan deep peeling. Bahan-bahan kimia yang akan kita bahas di bawah ini biasanya terdapat dalam skincare sehingga kamu dapat melakukan chemical peeling di rumah karena mereka termasuk superficial peeling yang berarti peeling dengan bahan kimia bersifat lembut di kulit. Sedangkan medium dan deep chemical peeling biasanya tidak akan ada di skincare sehingga tidak bisa dilakukan sendiri dan hanya bisa dilakukan di klinik kecantikan di bawah pengawasan tenaga ahli di bidang tersebut.

Jadi, kamu harus menyesuaikan penggunaan produk chemical peeling wajah sesuai dengan kondisi dan jenis kulitmu. Lalu, apa saja sih kandungan penting dalam produk chemical peeling ini? Simak yuk!

Baca Juga : Perbedaan Facial dan Chemical Peeling

Daftar Kandungan Bahan pada Produk Chemical Peeling Wajah

1. Salicylic Acid : Produk Chemical Peeling Wajah Spesialis untuk Jerawat

Salah satu kandungan dalam produk chemical peeling wajah adalah Salicylic Acid atau yang biasa disebut dengan asam salisilat. Salicylic Acid yang merupakan kandungan produk chemical peeling merupakan senyawa asam yang diperoleh dari ekstrak buah-buahan.

Senyawa ini memiliki banyak manfaat seperti mengangkat sel kulit mati dan merangsang proses regenerasi sel baru. Selain itu, senyawa ini mampu membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran bahkan menyamarkan flek hitam. Dengan terangkatnya sel kulit mati otomatis bekas jerawat, komedo dan bekas luka juga akan memudar.

Asam salisilat atau salicylic acid kurang larut dalam air tetapi sangat lipofilik yang artinya bersifat seperti minyak. Asam ini memiliki ukuran molekul yang kecil yang membuat asam salisilat terbukti dapat menembus lapisan kulit dengan mudah, cepat dan dalam. Dengan adanya sifat salicylic acid ini berarti menjadikan asam salisilat sangat baik jika digunakan dalam skincare utnuk kulit yang memproduksi sebum berlebihan, yaitu acne vulgaris. 

Faktanya, 30% salicylic acid umumnya dianggap sebagai kandungan yang ampuh memberantas jerawat hingga disebut bahan “gold-standards” karena menunjukkan kemampuan klinis yang sangat baik dalam pengobatan jerawat dengan inflamasi ringan hingga sedang (Soleymani dkk., 2018).

2. Glycolic Acid : Solusi Pengangkat Kulit Mati

Senyawa ini juga terbentuk dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan. Clycolic Acid memiliki fungsi yang hampir sama dengan senyawa lainnya yakni mengangkat sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel kulit baru, merangsang produksi kolagen, dan memperbaiki struktur dan jaringan kulit yang rusak. Bahkan glycolic acid juga bisa mengatasi masalah hyperpigmentation di kulitmu.

3. Alpha Hydroxy Acid (AHA) : Ingredients Ampuh untuk Regenerasi Kulit

Kandungan umum pada produk chemical peeling adalah AHA atau asam alfa hidrosi ini terdiri dari asam glikolat (karbon rantai pendek-2C) dan asam laktat (karbon rantai panjang-3C) yang berasal dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan.

Fungsi AHA dalam produk chemical peeling hampir mirip dengan kandungan peeling lainnya seperti mengangkat sel kulit mati, merangsang regenerasi sel baru, dan merangsang produksi kolagen. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit wajah akan menjadi lebih kencang.

Baca juga: Perbedaan AHA BHA, Kandungan yang Sering Muncul pad Skincare Exfoliator

4. Retinoid Acid : Solusi Anti Aging

Asam retinoid sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar skincare seperti krim malam yang diformulasikan khusus untuk anti aging. Senyawa ini adalah turunan vitamin A yang banyak ditemukan pada sayuran, protein hewani dan minyak hati ikan. Fungsi Retinoid Acid yaitu untuk menekan pigmentasi kulit wajah, mengatasi kerusakan ringan pada jaringan kulit, menyamarkan kerutan dan mencerahkan wajah kusam.

5. Mandelic Acid

Senyawa mandelic acid ini merupakan turunan dari AHA hasil ekstrak tumbuhan dan buah-buahan, salah satunya kacang almond. Senyawa ini memiliki fungsi mengatasi keriput dan kulit sunburn, mengatasi hyperpigmentasi, meratakan warna kulit, dan mengatasi peradangan kulit.

Itu dia 5 bahan yang biasanya terdapat dalam produk chemical peeling. Senyawa-senyawa tersebut memberikan banyak manfaat untuk eksfoliasi kulit. Tentunya senyawa tersebut tidak berbahaya sama sekali karena berasal dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan.  

Last Updated on May 31, 2022

Ditulis Oleh

Elisabeth Rustaviani

Content CreatorDiunggah 17 September 2020

Beri Komentar

Komentar

Belum ada komentar.

Next Articles

Selengkapnya