Kandungan Penting Dalam Produk Chemical Peeling

Healthy Skin - rustaviani - September 17, 2020

Saat melakukan perawatan chemical peeling terdapat bahan kimia tertentu yang digunakan untuk mengelupas kulit epidermis. Produk chemical peeling menggunakan bahan kimia yang cukup bervariasi dan setiap bahan memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, kamu harus menyesuaikan penggunaan produk chemical peeling sesuai dengan kondisi dan jenis kulitmu. Lalu, aoa saja sih kandungan penting dalam produk chemical peeling ini? Simak yuk!

1. Salicylic Acid

Salicylic Acid atau yang biasa disebut dengan asam salisilat merupakan senyawa asam yang diperoleh dari ekstrak buah-buahan. Senyawa ini memiliki banyak manfaat seperti mengangkat sel kulit mati dan merangsang proses regenerasi sel baru. Selain itu, senyawa ini mampu membersihkan pori-pori dari minyak dan kotoran bahkan menyamarkan flek hitam. Dengan terangkatnya sel kulit mati otomatis bekas jerawat, komedo dan bekas luka juga akan memudar.

2. Clycolic Acid

Senyawa ini juga terbentuk dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan. Clycolic Acid memiliki fungsi yang hampir sama dengan senyawa lainnya yakni mengangkat sel kulit mati, merangsang pertumbuhan sel kulit baru, merangsang produksi kolagen, dan memperbaiki struktur dan jaringan kulit yang rusak.

3. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Senyawa AHA atau asam alfa hidrosi ini terdiri dari asam glikolat (karbon rantai pendek-2C) dan asam laktat (karbon rantai panjang-3C) yang berasal dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan. Senyawa ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan yang lainnya seperti mengangkat sel kulit mati, merangsang regenerasi sel baru, dan merangsang produksi kolagen. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit wajah akan menjadi lebih kencang.

4. Retinoid Acid

Asam retinoid sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar skincare seperti krim malam yang diformulasikan khusus untuk anti aging. Senyawa ini adalah turunan vitamin A yang banyak ditemukan pada sayuran, protein hewani dan minyak hati ikan. Fungsi dari senyawa ini untuk menekan pigmentasi kulit wajah, mengatasi kerusakan ringan pada jaringan kulit, menyamarkan kerutan dan mencerahkan wajah kusam.

5. Mandelic Acid

Senyawa mandelic acid ini merupakan turunan dari AHA hasil ekstrak tumbuhan dan buah-buahan, salah satunya kacang almond. Senyawa ini memiliki fungsi mengatasi keriput dan kulit sunburn, mengatasi hyperpigmentasi, meratakan warna kulit, dan mengatasi peradangan kulit.

Itu dia 5 bahan yang biasanya terdapat dalam produk chemical peeling.  Senyawa-senyawa tersebut memberikan banyak manfaat untuk eksfoliasi kulit. Tentunya senyawa tersebut tidak berbahaya sama sekali karena berasal dari ekstrak tumbuhan dan buah-buahan.  

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *